Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Pengembangan Brand Melalui Perspektif Teori AIDA (Studi Kasus Hotel Harper Cikarang)

Main Article Content

Stephanie Violita Chandra
Wulan Purnama Sari

Abstract

Brand is everything related to the company, products, services, and everything related to the company. Brands have an important role in business development and require time for the process of delivering information to the intended audience or consumers. This way of delivering brand values to the target audience can be done through marketing communication activities. Hotel Harper Cikarang is also a company that performs and requires marketing communication in developing its brand. Brand development can be reviewed through the theory of AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) which is the formula most often used to help plan an advertisement as a whole, and this formula can be applied to an advertisement. On this basis, this study aims to determine the role of marketing communication to develop its brand through the perspective of Aida theory. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through interviews and observations. The results of the study indicate that the activities carried out by the sales and marketing team to develop their brand, it will be known that the activities carried out are in line with the AIDA theory which also discusses the marketing process.

Brand adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan. Brand memiliki peranan penting dalam pengembangan bisnis dan membutuhkan waktu untuk proses penyampaian informasi kepada khalayak atau konsumen yang dituju. Cara penyampaian nilai-nilai brand kepada target khalayak ini dapat dilakukan melalui kegiatan komunikasi pemasaran. Hotel Harper Cikarang juga termasuk perusahaan yang melakukan dan memerlukan komunikasi pemasaran dalam pengembangan brand-nya. Pengembangan Brand dapat ditinjau melalui teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang merupakan formula yang paling sering digunakan untuk membantu perencanaan suatu iklan secara menyeluruh, dan formula itu dapat diterapkan pada suatu iklan. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi pemasaran untuk mengembangkan brand-nya melalui perspektif teori aida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh tim sales dan marketing untuk mengembangkan brand-nya, maka akan diketahui bahwa aktivitas yang dilakukan ini selaras dengan Teori AIDA yang membahas juga tentang proses pemasaran.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Stephanie Violita Chandra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdallah. (2016). bab II.

http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/12109/06bab2_Abdal

lah_10090312206_skr_2016.pdf?sequence=6&isAllowed=y#:~:text=Menurut

Fasilitas Harper. https://www.harperhotels.com/id/hotel/gallery/56/harpercikarang/facilities

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek : Planning and Strategy.

Qiara Media. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah4/publication/334057497_PEMASARAN_dasar_dan_konsep/links/5d14be6592

cf4404f63a8/PEMASARAN-dasar-dan-konsep.pdf

Kartikasari, Nia Paramita. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap

Ekuitas Merek. Interaksi, 3, 162–167. file:///D:/USER (2)/Downloads/8782-

-1-SM.pdf

Kemenparekraf. (2021). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi.

https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-diTengah-Pandemi

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta:

Erlangga.

Lie, A. dan M. A. P. (2021). Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi

Pemasaran (Studi Kasus Brand Cocopi). Prologia, 5, 247–252.

https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10155/7924

Paramita, S., Utami, L. S. S., & Sari, W. P. (2019). PERAN KOMUNIKASI

KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT MELALUI

“HEALTH PUBLIC RELATIONS.” Bakti Masyarakat Indonesia, 2, 259–266.

https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/7256/4785

Sudarso, Andriasan, Kurniullah, Ardhariksa Zhukhruf Kurniullah, F. H. (2020).

Manajemen Merek (A. Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Zuliyant, A. F. F. (2018). Perilaku Pengambilan Keputusan Berasuransi Unit Link

Syariah Dalam Perspektif Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Pada Panin

Dai-Ichi Life Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.