Pengaruh Instagram @Feminist Terhadap Perubahan Pandangan Standar Kecantikan Wanita Indonesia

Main Article Content

Andrea Yovanny Montana
Ahmad Junaidi

Abstract

The daily life of Indonesian people have been affected a lot by social media. Communication is more often done through social media than in person, especially during the pandemic. This makes social media have a big influence on people's perceptions. Social media that has a big influence on Indonesian society because of the large number of enthusiasts is Instagram. Instagram @FEMINIST is an account that discusses feminism issues. One of the worrying issues of feminism is about women's beauty standards. The purpose of this study is to determine the effect of Instagram @FEMINIST on changes in the views of Indonesian women's beauty standards. Quantitative methods is the method this study uses. The population in this study are followers of the @FEMINIST Instagram account. The sample taken is 100 respondents. Data was obtained by distributing questionnaires using a Likert scale with the indicators of Media Exposure and Body Image theory. The results of the Hypothesis Testing obtained using IBM SPSS version 22.0 For Windows obtained a significance value of 0.000 <0.05 with a t-count of 6.461 > 1.984 so it can be concluded that the hypothesis test or t-test is acceptable. So H0 is rejected and H1 is accepted, which shows that Instagram @FEMINIST exposure has a positive effect on the view of Indonesian women's beauty standards. 



Kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia telah banyak dipengaruhi media sosial. Komunikasi lebih sering dilakukan melalui media sosial dibandingkan secara langsung, terutama saat masa pandemi. Hal ini membuat media sosial memiliki pengaruh besar terhadap persepsi masyarakat. Media sosial yang berpengaruh besar pada masyarakat Indonesia karena banyaknya peminat adalah Instagram. Instagram @FEMINIST merupakan akun yang membahas mengenai isu-isu feminisme. Salah satu isu feminisme yang mengkhawatirkan adalah tentang standar kecantikan wanita. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh instagram @FEMINIST terhadap perubahan pandangan standar kecantikan wanita indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun instagram @FEMINIST. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert dengan indikator teori Terpaan Media dan Body Image. Hasil Uji Hipotesis yang didapat menggunakan IBM SPSS versi 22.0 For Windows diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan t hitung 6,461 > 1,984 kesimpulannya adalah uji t uji hipotesis atau uji hipotesis dapat diterima. Hasilnya H0 ditolak dan H1 diterima, yang bermaksud Terpaan Instagram @FEMINIST berpengaruh positif terhadap pandangan standar kecantikan wanita Indonesia.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Andrea Yovanny Montana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). PERANAN INFLUENCER DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PESAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [THE ROLE OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS IN COMMUNICATING MESSAGES USING INSTAGRAM]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203–229.

https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1929

damayanti, alfi, & Purworini, D. (2018). Pembentukan Harga Diri: Analisis Presentasi Diri Pelajar SMA di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 33–47. https://doi.org/10.24912/JK.V10I1.1282

Ferlitasari, R., . S., & Rosana, E. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA. Sosio Religia, 1(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/article/view/8435

Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2016). REGRESI LINIER SEDERHANA Disusun oleh : I MADE YULIARA.

Marta, R. F., & William, D. M. W. M. (2017). STUDI TERPAAN MEDIA PEMASARAN MELALUI POSTING INSTAGRAM TERHADAP EKUITAS MEREK PELANGGAN SUMOBOO! Jurnal Komunikasi, 8(1), 68–82. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50

Rusdi, F., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10(1), 95–102. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1221

Sulistiyo, T., Sulistiyo, T. D., & Fitriana, R. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. JURNAL EKBIS, 21(2), 189–203. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.512

Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–7.