Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Brand Ambassador Shopee Grup K-Pop Stray Kids)

Main Article Content

Eva Aileen Frederica
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

The Shopee business relies on promotional content in the form of advertising and employs brand ambassadors as communicators for the messages they want to convey. This brand ambassador is used to give viewers an incentive to attract audience so that they have a positive view of Shopee's corporate image. The Shopee company that collaborated with the well-known K-Pop group Stray Kids as Shopee's brand ambassador at the end of 2020. As a brand ambassador, Stray Kids has managed to steal the attention of the public and K-Pop fans in Indonesia with a Shopee advertisement similar to one of the music video clips. their most famous one is “God's Menu”. The purpose of this study was to determine the impact of Stray Kids brand ambassador credibility on Shopee's corporate image. The author uses stimulus response theory as a theoretical reference as well as communication, brand ambassadors, image, and company image as research concepts. This study uses a quantitative approach with an explanatory survey method to 100 respondents as a sample with a google form questionnaire as the author's instrument. With the results of the t-test showing a t-count value of 6.832 > t-table 1.987 and the results of a simple linear regression test with a value of 0.000 <0.05, which means that there is a significant effect of the Stray Kids Brand Ambassador Credibility variable (X) on Shopee Company Image (Y). 


erusahaan Shopee mengandalkan konten promosi mereka yang berupa iklan dan menggunakan brand ambassador sebagai komunikator pesan yang ingin mereka sampaikan.  Brand ambassador ini digunakan dengan tujuan untuk memberikan stimulus kepada khalayak untuk menarik konsumen agar konsumen memiliki pemikiran yang positif terhadap citra perusahaan Shopee. Perusahaan Shopee yang menggandeng grup K-Pop ternama yaitu Stray Kids sebagai brand ambassador Shopee pada akhir tahun 2020. Sebagai brand ambassador, Stray Kids telah berhasil mencuri perhatian masyarakat dan penggemar K-Pop di Indonesia dengan iklan Shopee yang mirip dengan salah satu music video clip mereka yang paling terkenal yaitu “God’s Menu”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh antara kredibilitas brand ambassador Stray Kids terhadap citra perusahaan Shopee. Penulis menggunakan teori stimulus respon sebagai acuan teori serta komunikasi, brand ambassador, citra, dan citra perusahaan sebagai konsep penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey eksplanatif terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuesioner google form sebagai instrumen penulis. Dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung yaitu 6,832 > t tabel 1,987 dan hasil uji regresi linear sederhana dengan nilai 0,000 < 0,05 yang berartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kredibilitas Brand Ambassador Stray Kids (X) terhadap Citra Perusahaan Shopee (Y). 

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Eva Aileen Frederica, Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara

References

Aryani, L. S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Citra Perusahaan dan Minat Beli Di Shopee. Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung.

Christie, I. M., & Paramita, S. (2020). Pengaruh Konten Belajar Online E-Module terhadap Tingkat Pemahaman Partisipan. Koneksi, 5(2), 223-228. http://dx.doi.org/10.24912/kn.v5i2.10249

Fortunata, F., & Utami, L. S. S. (2021). The Effect of Addiction of Watching Korean Drama Series on Imitation Behavior of Adolescents. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 876–883. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.138

Furinto, R. A. (2009). Marketting Reloaded Komplikasi Konsep dan Praktik Pemasaran. Salemba Empat: Jakarta.

Jefkins, F. Y. (2003). Public Relations, Edisi Revisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rossiter, J. R. (2014). ‘Branding’explained: Defining and measuring brand awareness and brand attitude. Journal of Brand Management, 21(7), 533-540.

Sendjaja, S. D. (2004). Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.