PENGUKURAN KINERJA PENGAJAR, KARYAWAN DAN SARANA PRASARANA UNTUK MENENTUKAN MODEL REGRESI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA

Main Article Content

Ahmad
Lithrone Laricha Salomon
Margaretta
Adelia D
May C

Abstract

Peningkatan mutu perguruan tinggi termasuk di dalamnya mutu layanan administrasi akademik, mutu pengajaran dosen, pelayanan dari staff non karyawan, serta penyediaan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan oleh mahasiswa merupakan upayaupaya yang harus dilakukan agar kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan lembaga pendidikan dapat tercapai. Kriteria perguruan tinggi yang baik yaitu terdapat kontirbusi yang dilakukandosen dan karyawan yaitu berupa layanan pembelajaran, manajemen, dan pemberian fasilitas perkuliahan yang memadai sehingga kepuasan mahasiswa dapat tercapai. Penelitian ini melibatkan 100 responden dari mahasiswa untuk mengisi kuisuiner. Untuk mendapatkan tujuan yang diharapkan data-data yang dikumpulkan akan diuji secara statisik. Berbagai ujian statistik dilakukan seperti Uji Validitas, Uji Realiabilitas, Uji Normalitas, Analisa Korelasi Product, Uji Fix Model (Uji F), Uji Koefisien Determinasi (Uji R), analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Kesenjangan (GAP Analysis), serta analisys IPA. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan dari mahasiswa beberapa angkatan terhadap kinerja dosen, karyawan dan prasarana yang tersedia di jurusan tersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa kinerja dosen, kinerja karyawan administrasi, kinerja staff non karyawan, serta sarana dan prasarana secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dari model yang didapat, diketahui Variabel kinerja dosen dan variabel sarana dan prasarana merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Sebagai saran Program Studi teknik industri perlu meningkatkan lagi kinerja dan pelayanan.

Article Details

Section
Artikel

References

Aprilia, analisis implementasi sistem pengukuran kinerja, jurnal ilmiah FEB, Universitas Brawijaya , 2021

Batinggi, Ahmad, Manajemen Jasa, Jakarta: Binarupa,1999.

Bakhtiar, I. ( 2005). "Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Metode Balanced Scorecard Pada AJB Bumiputera 1912", Tesis Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Jakarta

Djuwita.”Pengaruh strategi pengembangan dosen dan motif berprestasi terhadap produktivitas dosen,” M.T. Thesis, Universitas Trisakti, Jakarta, 2004.

Faustino, Gomes Lardoso. Human Resource and Personnel Management, New York: Bernardin, and Russel, 2000.

Firstiawan, Manajemen Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2006.

Handayaningrat ,Soewarno, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta: PT. Gramedia, 1996, pp.2

Ilyas, Psikologi Industri dan Organisasi, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI Press), 2001.

Oemar, Halaki, Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi, Jakarta: Intermedia, 2010.

Hasaini, Usman, dkk, Pengantar Statistika, Jakarta: Bumi Aksara, 2003 Mangkunegara, Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Muafi dan Yuni Siswanti, Manajemen Usahawan Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo, 2007.

Musanef, Manajemen Kepegawaian di Indonesia, Jakarta: Media Utama, 1996, pp.1

Nawawi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Semarang: Rhinea Utama, 2008.

Parasuraman, A., Valerie Zeithaml, dan L.Berry,Servqual: Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, p.12 – 36, 2002.

Priyatno, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: PT Grasindo, 2008 Sedarmayanti, Human Resource Management, Fort Worth: Smith W. Augt, 2001.

Storey, Chris and Christoper J. Easingwood, (1998); “The Augmented Service Offering a Conceptualization and Study of its Impact on New Service Success”, Journal of Product Innovation Management, Vol. 15 (Abstract).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2006

Suharto, Uji Validitas, Reliabilitas, Instrumen, Penelitian, Jakarta: Gramedia, 2009.

Taylor . Perguruan Tinggi Bermutu. Jakarta: Hamalik, 2002

Zappala, Outsourcing and Human Resource Management. Britain: C Nicholas & Company Ltd, 2000.