DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN TAMPILAN INSTAGRAM FEEDS PRODUK AKSESORIS MOTOR BRAND H

Main Article Content

Janet Emily
Anny Valentina

Abstract

Social media has now become one of the most important pillars in the world of business product marketing. With developments in today's digital era, social media occupies the first position in meeting individuals' daily needs, especially in shopping. The high presence of visitors makes social media a relevant promotional tool and a promising business area for individuals, groups, groups and companies; H brand motorbike accessories are no exception, which uses social media in the form of Instagram feeds as a means of promotion. This research focuses on utilizing graphic design principles such as color, typography, composition and branding to improve the appearance of Instagram feeds for motorbike accessory products. This research also provides a better understanding of the role of graphic design in digital marketing and provides practical recommendations for motorbike accessories brands looking to optimize the appearance of their Instagram feeds. To get a good display of Instagram feeds, the method used in this research is qualitative starting from the observation stage, publishing content on brand H social media and conducting a survey via Google form among motorbike lovers. By increasing the appearance of Instagram feeds for brand H motorbike accessories, you can expand the introduction of brand H to the public and increase sales of brand H.


 


Media sosial kini menjadi salah satu pilar terpenting dalam dunia pemasaran produk bidang usaha. Dengan berkembangnya zaman di era digital kini, media sosial menduduki posisi pertama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari individu khususnya dalam berbelanja. Keberadaaanya yang tinggi akan pengunjung menjadikan media sosial sarana promosi yang relevan dan lahan bisnis yang menjanjikan bagi individu, kelompok, golongan, maupun perusahaan; tak terkecuali aksesoris motor brand H yang menggunakan media sosial berupa Instagram feeds untuk sarana promosinya. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan prinsip desain grafis seperti warna, tipografi, komposisi, dan branding untuk meningkatkan tampilan Instagram feeds untuk produk aksesoris motor. Penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran desain grafis dalam pemasaran digital dan memberikan rekomendasi praktis bagi merek aksesoris motor yang ingin mengoptimalkan tampilan Instagram feeds mereka. Untuk mendapatkan tampilan Instagram feeds yang baik, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif mulai dari pada tahap observasi, publikasi konten ke media sosial brand H dan melakukan survei melalui google form kepada kalangan pecinta motor. Dengan meningkatkan tampilan Instagram feeds aksesoris motor brand H, dapat memperluas pengenalan brand H kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan brand H.

Article Details

Section
Artikel

References

Arifah, N. L., & Anggapuspa, M. L. (2023). Pengaruh elemen visual pada konten instagram rintik sedu dalam meraih engagement audiens. Jurnal Barik, 4(3), 141–151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Avian, B. D., Setiawan, K., & Matahari, T. (2010). Perancangan kampanye iklan di instagram untuk sebuah perusahaan jasa kebugaran. Rupaka, 4(1). https://doi.org/10.24912/rupaka.v4i1.17012.

Hanindharputri, M. A., Ariesta, I. G. B. B. B., & Utami, S. (2022). Konten visual instagram sebagai upaya branding desa wisata saat pandemi covid-19. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1079.

Hansudoh, P. Y., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (2021). Perancangan desain konten instagram sebagai media informasi kecantikan. DKV Adiwarna, 1(18). 6. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11246.

Harijanto, C., Yudani, H. D., & ... (2021). Efektivitas desain instagram terhadap awareness konsumen dan membangun citra tobaku merchandise. Jurnal DKV. 1(18), 12.

Lesmana, I. G. N. A. (2012). Analisis pengaruh media sosial twitter terhadap pembentukan brand attachment (Studi: PT . XL AXIATA ). 134.

Lestariolita, V. E. (2022). Literature review: Peran sosial media terhadap perkembangan strategi komunikasi pemasaran produk. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 412. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.415.

Martadi, & Haidar, N. F. (2021). Analisis Konten visual post instagram riliv dalam membentuk customer engagement. Barik, 2(2), 121–134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41181.

Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan feed instagram sebagai media promosi tape ketan Surabaya. Jurnal Barik, 3(1), 69–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/.

Nur, A., & Tutiasri, R. P. (2022). Pemanfaatan instagram @dapurbalikpapan sebagai media promosi kuliner kota Balikpapan. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 8(2), 871–884.

Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh desain post instagram terhadap minat pembelian produk umkm kedai kopi di kabupaten Sleman. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 187–199. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4139.

Pratama, M. Y., Fardi, I., Semiotika, A., & Sanders, C. (2022). Analisis makna simplicity pada konten microblog dengan fitur carousel. eProceedings of Management, 9(4), 2375–2386.

Santoso, A. P., Baihaqi, I., & Persada, S. F. (2017). Pengaruh konten post instagram terhadap online engagement: Studi kasus pada lima merek pakaian wanita [Disertasi, Institut Sepuluh Nopember].

Valentina, A., Gonardi, A., & Nurannisaa, S. P. B. (2019). Perancangan Ulang Media Promosi Villa Aman D ’ sini Berlokasi di Sentul Bogor.

Yopi, M., & Wahid, U. (2020). Digital Brand Equity melalui Social Media (Studi Kasus pada Bagian Pemasaran Sekolah Global Jaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 87–106.