LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FEB
Main Article Content
Abstract
Transformasi teknologi terjadi kian masif di Tengah era Revolusi Industri 4.0. Hal ini pastinya memberikan dampak perubahan yang sangat luar biasa terhadap setiap lini kehidupan manusia, termasuk di dalamnya adalah sektor kewirausahaan. Teknologi yang terus berkembang membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap arah pekembangan bisnis di masa depan nantinya. Berangkat dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwasanya perlu adanya praktik penggunaan teknologi oleh generasi muda guna mampu bersaing dalam membangun ataupun mengembangkan suatu usaha kedepannya. Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang diberikan digital literasi dan kreativitas terhadap niat berwirausaha mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan penggunaan metode purposive sampling sehingga setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian berjumlah 83 mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Universitas Tarumanagara yang sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwasanya terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel digital literasi terhadap niat berwirausaha. Begitu juga dengan variabel kreativitas yang dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu dilanjutkannya pemberian edukasi terhadap cara penggunaan teknologi secara efektif secara konsisten dan perguruan tinggi perlu terus menciptakan lingkungan yang mendukung munculnya ide kreatif yang mampu menjadi solusi pemecahan masalah yang dirasakan oleh masyarakat luas.
Technological transformation is happening more massively in the midst of the Industrial Revolution 4.0 era. This certainly has a tremendous impact on every line of human life, including the entrepreneurial sector. Technology that continues to develop brings very significant changes to the direction of business development in the future. Departing from this statement, it can be concluded that there is a need for the practice of using technology by the younger generation to be able to compete in building or developing a business in the future. This study aims to see whether there is an influence given by digital literacy and creativity on entrepreneurial intentions of students of the Tarumanagara University Business Management Department. This study uses descriptive quantitative methods and the use of purposive sampling methods so that each population has the same opportunity to be sampled in this study. The sample in the study amounted to 83 students of the Tarumanagara University Business Management Department who had taken entrepreneurship courses. The results of this study state that there is a positive and significant effect of digital literacy variables on entrepreneurial intentions. Likewise, the creativity variable is stated to have a positive and significant effect on entrepreneurial intentions. The conclusion of this study is that it is necessary to continue providing education on how to use technology effectively consistently and universities need to continue to create an environment that supports the emergence of creative ideas that can be a solution to solving problems felt by the wider community.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amabile, T. M. (2018). Creativity in Context: Update to the Social Psychology of Creativity. Boulder, CO: Westview Press.
Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020). Pengaruh kreativitas, proaktif dan otonomi terhadap kinerja usaha makanan dan minuman. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 889-896. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9868
Djohan, H. A. (2021). Niat berwirausaha Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Kreativitas. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(01), 12-21.
Hair, J.F., Astrachan, C.B., Moisescu, O.I., Radomir, L., Sarstedt, M., Vaithilingam, S. and Ringle, C.M. (2021). Executing and interpreting applications of PLSSEM: Updates for family business researchers. Journal of Family Business
Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh literasi digital, efikasi diri, lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dalam e-business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198-1215.
Indonesia, B. P. S. (2022, December 27). Statistik Pemuda Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/12/27/6791d20b0b4cadae9de70a4d/statistik-pemuda-indonesia-2022.html
Indonesia, B. P. S. (2023, December 29). Statistik Pemuda Indonesia 2023. Badan Pusat Statistik Indonesia.https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/18781f394974f2cae5241318/statistik-pemuda-indonesia-2023.html
Kardila, K., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Kreativitas terhadap Niat berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(4), 1026-1034.
Karyaningsih, R. P. D., & Wibowo, A. (2017). Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri dan Niat berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 162-175.
Luthfianda, N., & Silvia, A. (2024). Pengaruh Kreativitas dan Family Background Terhadap Niat berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 7(2), 299-310.
Mustain, M., Murwani, F. D., & Mukhlis, I. M. (2023). The Effect of Digital Literacy on Entrepreneurial Intention through Entrepreneurial Attitude. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(12), 3361–3370. https://doi.org/10.55927/fjas.v2i12.7066
Natalia, C., & Rodhiah, R. (2019). Pengaruh kreativitas, edukasi dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha dalam generasi z. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2), 164-171.
Nuringsih, K., & Adinagoro, K. (2023). PENGARUH EDUKASI KEWIRAUSAHAAN, PREFERENSI RISIKO DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA. Jurnal Serina Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 123–133. https://doi.org/10.24912/jseb.v1i1.24938
Rahmawati, A., Susanti, R., & Purnomo, A. (2019). The Influence of Digital Literacy on Entrepreneurial Intentions among Information Systems Students. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 8(2), 112-123.
Wijaya, A. (2017). Enhancing Entrepreneurial Motivation through Digital Literacy: A Study among Information Technology Students. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 12(1), 15-24.

