POTENSI DAN HAMBATAN PEMASARAN MOBIL LISTRIK DI INDONESIA: DAMPAK EKONOMI DAN TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN

Main Article Content

Septihani Michella Wijaya
Nicholas Kevin
Mei Ie

Abstract

dengan mengurangi impor bahan bakar fosil (CNBC, 2021). Namun, harga kendaraan listrik yang mahal dan ketersediaan stasiun pengisian daya yang terbatas menghambat perkembangannya. Namun demikian, sumber daya alam Indonesia yang melimpah dan sumber daya manusia yang terampil memberikan peluang besar untuk menjadi produsen utama kendaraan listrik. Untuk memanfaatkan peluang ini, kami telah mengembangkan beberapa strategi pemasaran dengan tujuan (a) meningkatkan kesadaran dan minat terhadap merek; (b) merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk menjadi pemimpin pasar dan memasuki pasar internasional; (c) meningkatkan popularitas kendaraan listrik. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan Strategi Tumbuh dan Berkembang (Grow and Build Strategy), yang dapat dilakukan dengan serangkaian strategi, yaitu: (a) pengembangan produk; (b) pengembangan pasar; (c) penetrasi pasar.

Article Details

Section
Artikel

References

Andika, M. L. (2021, Februari 7). Mobil listrik dinilai cocok untuk jalanan macet Jakarta. Retrieved from Detik: https://oto.detik.com/mobil/d-5365295/mobil-listrik-dinilai-cocok-untuk-jalanan-macet-jakarta

Andriyanto, H. (2021, Februari 6). Semua produsen beralih ke mobil listrik, bukan semata soal lingkungan. Retrieved from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/otomotif/729157/semua-produsen-beralih-ke-mobil-listrik-bukan-semata-soal-lingkungan

Anggraeni, R. (2020, November 27). Sindo News. Retrieved from Penjualan mobil listrik ditargetkan capai 20% di 2025: https://ekbis.sindonews.com/read/247928/34/penjualan-mobil-listrik-ditargetkan-capai-20-di-2025-1606461116

Antara. (2021, Juni 6). Penjualan mobil listrik Nissan ariya ditunda karena Covid-19. Retrieved from Tempo: https://otomotif.tempo.co/read/1469408/penjualan-mobil-listrik-nissan-ariya-ditunda-karena-covid-19

Arbar, T. F. (2020, Oktober 4). Ini alasan kenapa warga +62 belum banyak beli mobil listrik. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/market/20201004165957-17-191788/ini-alasan-kenapa-warga--62-belum-banyak-beli-mobil-listrik

Bhattacharyya, S. S., & Tharke, S. (2020). Exploring the factors influencing electric vehicle adoption: an empirical investigation in the emerging economy context of India. Foresight, 1(1), 1-16.

Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger III, P. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695-720.

CNN Indonesia. (2020, Oktober 7). Daftar stasiun pengecasan kendaraan listrik di Indonesia. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201007150346-384-555502/daftar-stasiun-pengecasan-kendaraan-listrik-di-indonesia

Detik. (2021, Januari 20). Komitmen pemerintah gunakan ribuan mobil listrik. Retrieved from Detik: https://oto.detik.com/mobil/d-5340986/komitmen-pemerintah-gunakan-ribuan-mobil-listrik

Ernis, D. (2018, Februari 6). 3 Faktor yang bisa mendorong konsumen beralih ke mobil listrik. Retrieved from Tempo: https://otomotif.tempo.co/read/1058049/3-faktor-yang-bisa-mendorong-konsumen-beralih-ke-mobil-listrik/full&view=ok

Griffin, J. (2002). Customer loyalty how to earn it, how to keep it. Singapore: Lexington Books.

Huang, X., Lin, Y., Lim, M., Tseng, M.-L., & Zhou, F. (2021). The influence of knowledge management on adoption intention of electric vehicles: perspective on technological knowledge. Industrial Management & Data Systems, 121(7), 1481-1495.

Indonesia, C. (2018, November 7). Mobil listrik nasional butuh 'gizi'. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181106174938-384-344479/mobil-listrik-nasional-butuh-gizi

International Energy Agency. (2021). Trends and developments in electric vehicle markets. Retrieved from International Energy Agency: https://www.iea.org/reports/global-ev-outlook-2021/trends-and-developments-in-electric-vehicle-markets

Isidore, C. (2021, Februari 4). Automakers are going green to save money, not just the planet. Retrieved from CNN Business: https://edition.cnn.com/2021/02/04/business/automakers-ev-cost-savings/index.html

Iskandarsjah, E. (2020, Maret 26). Riset sebut kendaraan listrik jauh lebih ramah lingkungan. Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/q7sfut368/riset-sebut-kendaraan-listrik-jauh-lebih-ramah-lingkungan

Jaiswal, D., Kant, R., Singh, P., & Yadav, R. (2021). Investigating the role of electric vehicle knowledge in consumer adoption: evidence from an emerging market. Benchmarking, 2(1), 20-32.

Kompas. (2014, Agustus 17). Riset mobil listrik, kemendikbud gandeng 5 perguruan tinggi. Retrieved from Kompas: https://nasional.kompas.com/read/2014/08/17/09171261/Riset.Mobil.Listrik.Kemendikbud.Gandeng.5.Perguruan.Tinggi.

Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran-analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Principles of marketing (10th ed). New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kurniawan, R. (2019, Agustus 6). Kolaborasi 5 perguruan tinggi ciptakan mobil listrik nasional. Retrieved from Kompas: https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/06/143900915/kolaborasi-5-perguruan-tinggi-ciptakan-mobil-listrik-nasional

Kurniawan, R. (2021, Januari 7). Ini daftar tempat ngecas kendaraan listrik di Indonesia. Retrieved from Kompas: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/07/071200515/ini-daftar-tempat-ngecas-kendaraan-listrik-di-indonesia?page=all.

Long, C. S., Khalafinezhad, R., Rasid, Z., & Ismail, W. (2013). Impact of CRM factors on customer satisfaction and loyalty. Asian Social Science, 9(10), 247-253.

Pertiwi, W. K. (2020, Februari 20). Penetrasi internet di Indonesia capai 64 persen. Retrieved from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2020/02/20/14090017/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-64-persen

Poulis, A., Rizomyliotis, I., & Konstantoulaki, K. (2019). Do firms still need to be social? Firm generated content in social media. Information Technology & People, 32(2), 387-404.

Prakoso, J. P. (2021, Maret 16). Menkeu mau revisi tarif PPnBM mobil listrik, jadi berapa persen? Retrieved from Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210316/9/1367958/menkeu-mau-revisi-tarif-ppnbm-mobil-listrik-jadi-berapa-persen

Prasetyani, Y. M. (2021, April 4). Internet sudah jadi napas baru kehidupan di tengah pandemi. Retrieved from Kompas: https://nasional.kompas.com/read/2021/04/04/09020061/internet-sudah-jadi-napas-baru-kehidupan-di-tengah-pandemi

Prasetyo, W. B. (2020, November 26). Mobil listrik di RI masih hadapi hambatan, apa saja? Retrieved from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/otomotif/703109/mobil-listrik-di-ri-masih-hadapi-hambatan-apa-saja

Prima, E. (2018, Februari 22). Riset mobil listrik nasional dilanjutkan, fokus ke baterai. Retrieved from Tempo: https://tekno.tempo.co/read/1063429/riset-mobil-listrik-nasional-dilanjutkan-fokus-ke-baterai/full&view=ok

Prima, E. (2019, September 14). Pemerintah Akan Gaet Industri Otomotif untuk Riset Mobil Listrik. Retrieved from Tempo: https://tekno.tempo.co/read/1247552/pemerintah-akan-gaet-industri-otomotif-untuk-riset-mobil-listrik

Priyantoro, D. D. (2021, April 18). DFSK sebut alasan kendaraan listrik di Indonesia tidak berkembang. Retrieved from Kompas: https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/18/191500615/dfsk-sebut-alasan-kendaraan-listrik-di-indonesia-tidak-berkembang

Purwadi, A. (2020). Bedah buku, perkembangan dan isu strategis. Jakarta: LIPI. Retrieved from https://www.gatrik.esdm.go.id/assets/uploads/download_index/files/c64cf-bahan-presentasi-bpk.-agus-purwadi.pdf

Putra, I. G., Werthi, K. T., & Wijaya, I. (2020). Penerapan customer relationship management pada rancang bangun sistem informasi request pick up berbasis website (Studi kasus PT. Nusantara Card Semesta cabang Denpasar). Syntax Idea, 2(8), 389-405.

Putri, A. S. (2020, Mei 22). Letak dan luas Indonesia. Retrieved from Kompas: https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/22/193000869/letak-dan-luas-indonesia?page=all

PwC. (2019). Ingredients for great experiences. Retrieved from PwC: https://www.pwc.com/future-of-cx

Ramadhian, N. (2020, Desember 11). Pameran virtual dalam industri MICE Indonesia, apa bisa? Retrieved from Kompas: https://travel.kompas.com/read/2020/12/11/200800927/pameran-virtual-dalam-industri-mice-indonesia-apa-bisa-?nomgid=0&page=all

Rijowan. (2021, Maret 23). Indonesia dalam perkembangan mobil listrik dunia. Retrieved from Detik News: https://news.detik.com/kolom/d-5504244/indonesia-dalam-perkembangan-mobil-listrik-dunia

Roy, S. K., Shekhar, V., Quazi, A., & Quaddus, M. (2020). Consumer engagement behaviors: do service convenience and organizational characteristics matter? Journal of Service Theory and Practice, 30(2), 195-232.

Santoso, Y. I. (2021, Maret 16). Tarif PPnBM mobil listrik 0% untuk dongkrak investasi mobil listrik. Retrieved from Kontan: https://nasional.kontan.co.id/news/tarif-ppnbm-mobil-listrik-0-untuk-dongkrak-investasi-mobil-listrik

Saptowalyono, C. A. (2020, November 26). Harga mahal mobil listrik jadi tantangan. Retrieved from Kompas: https://www-beta.kompas.id/baca/ekonomi/2020/11/26/harga-mahal-mobil-listrik-jadi-tantangan/

Sidik, F. (2018, Februari 6). Minat pasar Indonesia terhadap mobil listrik tertinggi di Asean. Retrieved from Bisnis: https://otomotif.bisnis.com/read/20180206/275/735258/minat-pasar-indonesia-terhadap-mobil-listrik-tertinggi-di-asean

Sodikin, A. (2021, Januari 24). Mobil listrik di Indonesia: kemarin, kini dan esok. Retrieved from Kompas: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/24/184355515/mobil-listrik-di-indonesia-kemarin-kini-dan-esok?page=all

Soifer, I., Berezina, K., Ciftci, O., & Ma, A. (2021). Virtual site visits for meeting and event planning: are US convention facilities ready? Journal of Hospitality and Tourism Insights, 4(2), 183-204.

Statista. (2021, Maret 15). Electric mobility worldwide - statistics & facts. Retrieved from Statista: https://www.statista.com/topics/1010/electric-mobility/

Stephanie, C. (2021, Februari 24). Riset ungkap lebih dari separuh penduduk Indonesia "melek" media sosial. Retrieved from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial?nomgid=0

Stojanovic, I., Andreu, L., & Curras-Perez, R. (2018). Effects of the intensity of use of social media on brand equity an empirical study in a tourist destination. European Journal of Management and Business Economics, 27(1), 83-100.

Sustainable Development Scenario. (t.thn.). Prospects for electric vehicle deployment. Retrieved from International Energy Agency: https://www.iea.org/reports/global-ev-outlook-2021/prospects-for-electric-vehicle-deployment

Switzerland, C. (2020). Disruption in the business events industry: Rising to the challenges of covid-19. Basel: White Paper 10.

Ulrich, L. (2020, April 16). ‘Charger desert’ in big cities keeps electric cars from mainstream. Retrieved from NY Times: https://www.nytimes.com/2020/04/16/business/electric-cars-cities-chargers.html

Umah, A. (2021, Januari 19). CNBC Indonesia. Retrieved from 2021, penggunaan mobil listrik RI bisa sampai 125 ribu unit: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210119121258-4-217097/2021-penggunaan-mobil-listrik-ri-bisa-sampai-125-ribu-unit

Wattilete, R., Pangemanan, S., & Pandowo, M. (2013). The impact of customer relationship management to customer loyalty through customersatisfaction in Cabal Dining Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2318-2324.

We Are Social. (2020, Januari 30). Digital 2020: 3.8 billion people use social media. Retrieved from We Are Social: https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media

Widayanti, R. (2021, Februari 10). Menuju Mobil Listrik Sejuta Umat. Retrieved from Detik: https://news.detik.com/kolom/d-5368649/menuju-mobil-listrik-sejuta-umat

Wijayaka, B. (2020, Oktober 9). Fairtual Gelar New Normal Travel Fair 2020. Retrieved from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/nasional/685889/fairtual-gelar-new-normal-travel-fair-2020

Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Selayo: Insan Cendekia Mandiri.

Wiratmini, N. P. (2020, Januari 28). Penggunaan kendaraan listrik mengerek pertumbuhan ekonomi. Retrieved from Kontan: https://industri.kontan.co.id/news/mobil-listrik-dan-energi-baru-terbarukan-bisa-dorong-pertumbuhan-ekonomi

Wisanti, J. P. (2016). Analisis pengaruh customer relationship management (CRM) pada kantor JNE kota salatiga dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan. Repositori Institusi.

Zafar, A. U., Qiu, J., Shahzad, M., Shen, J., Bhutto, T., & Irfan, M. (2020). Impulse buying in social commerce: bundle offer, top reviews, and emotional intelligence. Asia Pacific Journal of Marketing, 33(4), 945-973.

Zheng, Q., Chen, J., Zhang, R., & Wang, H. (2020). What factors affect Chinese consumers’ online grocery shopping? Product attributes, e-vendor characteristics and consumer perceptions. China Agricultural Economic Review, 12(2), 193-213.