STRATEGI INOVASI DI TENGAH SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA BOJJO CAFÉ AND EATRY

Main Article Content

Septihani Michella Wijaya
Nicholas Kevin
Herman Ruslim

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah perekonomian dunia yang signifikan mempengaruhi perubahan kebutuhan masyarakat. Salah satu nya berdampak pada Bojjo Cafe & Eatery di bidang F&B khususnya kopi. Masyarakat cenderung meminum kopi untuk nongkrong, belajar, dan nyantai yang menyebabkan tingginya minat konsumsi terhadap kopi. Oleh sebab itu, munculnya banyak persaingan di bidang ini sehingga diperlukan strategi dan inovasi baru untuk mempertahankan identitas usaha. Maka dari itu jurnal ini bertujuan untuk 1) meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty Bojo Cafe & Eatery dengan strategi marketing dan teknik industri yang tepat 2) membangun competitive advantage dan positioning pada Bojo Cafe & Eatery. Paper ini diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi yang bermanfaat untuk menerapkan strategi yang efektif serta dapat memberikan referensi dan dukungan kepada UMKM yang sedang berjuang. Dalam menganalisis, jurnal ini menggunakan analisa PESTLE (Politic, Ekonomic, Sosial, Technology, Legal, Enviroment) untuk menentukan strategi terbaik serta pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi untuk pengumpulan data. Untuk mencapai tujuan, strategi yang diterapkan diantaranya 1) Bojjo Cafe & Eatery Level Up 2) SuperB-card (Membership Bojjo Card) 3) It’s Bojjo Time (Signature Exclusive Menu) 4) Xperience with Bojjo dan 5) Human Resource Empowerment. Hasil jurnal ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty serta membangun competitive advantage dan positioning Bojo Cafe & Eatery.

Article Details

Section
Artikel

References

Andryanto, S. D. (2021, Oktober 27). 5 Negara ini Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Ke-3. Diambil kembali dari tempo.co: https://tekno.tempo.co/read/1521617/5-negara-ini- penyumbang-sampah-plastik-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-ke-3

ANTARA. (2019, Juni 21). Survei sebut persaingan produk konsumen di Indonesia kian ketat. Diambil kembali dari ANTARA: https://www.antaranews.com/berita/921620/survei-sebut-persaingan-produk-konsumen- di-indonesia-kian-ketat

Business Wire. (2020, April 16). Analysis of COVID-19-Organic Soap Market 2019-2023. Diambil kembali dari Business Wire: https://www.businesswire.com/news/home/20200416005381/en/Analysis-of-COVID- 19-Organic-Soap-Market-2019-2023-Use-of-Organic-BPC-Products-to-Boost-Growth-Technavio

Business Wire. (2020, December 14). Global Organic Soap Market to Grow by $ 260.23 Million During 2020- 2024. Diambil kembali dari Business Wire: https://www.businesswire.com/news/home/20201214005575/en/Global-Organic-Soap-Market-to-Grow- by-260.23-Million-During-2020-2024-Featuring-EO-Products-Laverana-GmbH-Co.-KG-and-Mountain- Valley-Springs-India-Pvt.-Ltd.-Among-Others-Technavio

CFI Team. (2020, November 1). SCQA. Diambil kembali dari CFI: https://corporatefinanceinstitute.com/resources/careers/how-to-job-guides/scqa/

Citradi, T. (2020, July 6). Data Pengguna E-Commerce Bocor, Ini Bukti RI Rawan Cybercrime. Diambil kembali dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200706140435-37-170521/data- pengguna-e-commerce-bocor-ini-bukti-ri-rawan-cybercrime

detikNews. (2020, November 3). Jutaan Warga India Hidup di Tempat Kotor, Mengapa Mereka Lebih Kebal Corona? Diambil kembali dari detikNews: https://news.detik.com/bbc-world/d-5239355/jutaan-warga- india-hidup-di-tempat-kotor-mengapa-mereka-lebih-kebal-corona

Dewi, I. R. (2022, June 9). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? Diambil kembali dari CNBC Indonesia: Internet users in Indonesia continue to grow from year to year. Approximately 77 percent of Indonesia's population is already using the internet. This growth is fantastic. Before the pandemic, the Gambar was only 175 million. At the same time, the latest

Dihni, V. A. (2022, April 12). Tren Belanja Online di Kalangan Perempuan Naik Sejak Pandemi, Bagaimana Laki-laki? Diambil kembali dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tren- belanja-online-di-kalangan-perempuan-naik-sejak-pandemi-bagaimana-laki-laki

Faresky, R. B. (2021, April 7). MENGENAL LEBIH DALAM PRODUK BODYWASH LIFEBOUY. Diambil

kembali dari Blogspot: https://swotdan4psabunlifebuoy.blogspot.com/2021/04/mengenal-lebih-dalam- produk-bodywash.html

Hartatik, M. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Aspek Sumber Daya Manusia Pada Usaha Pembuatan Sabun Krim di Perusahaan Keluarga UD. Airmas. Agora Vol.1 No.1, 304-314.

Hokianto, H. F. (2021, January 15). Pentingnya CSR (Corporate Social Responsibility) dalam Pelaksanaan Bisnis. Diambil kembali dari Proxsis Group: https://proxsisgroup.com/pentingnya-csr-corporate-social- responsibility-dalam-pelaksanaan-bisnis/

Jaya, I. (2021, December 23). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengendalian COVID-19. Diambil kembali dari Kemenkes: http://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendalian-covid-19/

JICA. (2022, January 19). "Achhi Aadat (Good Habit)" Campaign. Diambil kembali dari JICA: https://www.jica.go.jp/india/english/office/others/campaign.html

Kompasiana. (2022, May 29). Food Service Packaging Innovation : Edible Packaging. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/jessicafausta9734/629237f2ce96e50222761b72/food- service-packaging-innovation?page=1&page_images=1

Krishnan, M. (2020, October 5). Coronavirus: Why hand-washing is a luxury for most Indians. Diambil kembali dari DW: https://www.dw.com/en/coronavirus-why-hand-washing-is-a-luxury-for-most-indians/a- 55286331

Lasono, I. N. (2021, October 8). Persaingan E-commerce Ketat, Shopee Unggul dalam Jumlah Kunjungan Pelanggan. Diambil kembali dari Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul- dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all

Liputan6.com. (2021, November 9). Indonesia Produksi Limbah Plastik 66 Juta Ton per Tahun, Apa Solusinya? Diambil kembali dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4706371/indonesia-produksi- limbah-plastik-66-juta-ton-per-tahun-apa-solusinya

Mahboobeh Rafieepoor Chirani, E. K. (2021, July 10). Environmental impact of increased soap consumption during COVID-19 pandemic: Biodegradable soap production and sustainable packaging. Diambil kembali dari National Library of Medicine: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8272010/

Mahdi, M. I. (2022, February 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Diambil kembali dari DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di- indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Market Dechiper. (2022). India Soap Market size was estimated at $3,085.6 Million in 2019 and is expected to reach $4,763.6 Million by 2027, growing at a CAGR of 6.46% during the forecast period of 2020 to 2027. Diambil kembali dari Market Dechiper: https://www.marketdecipher.com/report/india-soap-market

MyGov. (2020, May 27). Awareness, Cleanliness and social distance are wonder tools to prevent corona infection. Diambil kembali dari MyGov: Inflation Rate In India

National Library of Medicine. (2021, July 10). Environmental impact of increased soap consumption during COVID-19 pandemic: Biodegradable soap production and sustainable packaging. Diambil kembali dari National Library of Medicine: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8272010/

Noor, C. H. (2019, Juni 21). Survei sebut persaingan produk konsumen di Indonesia kian ketat. Diambil kembali dari ANTARA: https://www.antaranews.com/berita/921620/survei-sebut-persaingan-produk-konsumen- di-indonesia-kian-ketat

Nurfadillah, R. (2022, July 2). Perangi Masalah Sampah, India Akhirnya Larang Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Diambil kembali dari Suka Bumi Update: https://sukabumiupdate.com/posts/102412/perangi- masalah-sampah-india-akhirnya-larang-penggunaan-plastik-sekali-pakai

Painted Robot. (2020, November 5). Barriers to E-Commerce Success and How to Overcome Them. Diambil kembali dari Painted Robot: https://paintedrobot.com/barriers-to-e-commerce/

Pradhan, D. (2022, September 28). Inflation Rate In India. Diambil kembali dari Forbes Advisor: https://www.forbes.com/advisor/in/personal-finance/inflation-rate-in- india/#:~:text=Inflation%20Trend%20In%20India,13.93%25%20during%20the%20same%20period

Pujekesuma. (2022, April 4). Belajar tentang Analisis SWOT Lifebuoy. Diambil kembali dari Bisnis Marketing: https://www.bizznet.my.id/2022/04/belajar-tentang-analisis-swot-lifebuoy.html

BKPM. (2022). BKPM. Diambil kembali dari Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia: https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia

Dhisasmito, P. P., & Kumar, S. (2020). Understanding customer loyalty in the coffee shop industry (A survey in Jakarta, Indonesia). Emerlad.

Ekon. (2021, Mei 05). Ekon. Diambil kembali dari https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Kapojos, M. B., & Aisyah, Y. (2021, September 29). Penjualan Coffee Shop Meningkat di Tengah Pandemi, Benarkah? Diambil kembali dari Kompas: https://www.kompas.com/food/read/2021/09/29/200300875/penjualan-coffee-shop-meningkat-di-tengah-pandemi-benarkah-?page=all

Kemenkeu. (2021, Mei 31). Kemenkeu. Diambil kembali dari Merekam Pandemi Covid-19 dan Memahami Kerja Keras Pengawal APBN: https://www.kemenkeu.go.id/media/18295/buku-merekam-pandemi-covid-19-dan-memahami-kerja-keras-pengawal-apbn.pdf

Lestari, R. (2021, September 06). 2021, Kemenperin Patok Pertumbuhan Industri Mamin 5 Persen. Diambil kembali dari Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210906/257/1438655/2021-kemenperin-patok-pertumbuhan-industri-mamin-5-persen

Nurhaliza, S. (2022, Januari 14). IDX Channel. Diambil kembali dari Peran dan Potensi UMKM 2022 Sebagai Penyumbang PDB Terpenting di RI: https://www.idxchannel.com/economics/peran-dan-potensi-umkm-2022-sebagai-penyumbang-pdb-terpenting-di-ri

Soon-Ho, K., & Seonjeong, L. (2017). Promoting customers’ involvement with service brands: evidence from coffee shop customers. Emerlad.

Sugianto, D. (2019, Desember 17). Hasil Riset: Kedai Kopi di RI Bertambah 2.000 Dalam 3 Tahun. Diambil kembali dari Detik: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4826275/hasil-riset-kedai-kopi-di-ri-bertambah-2000-dalam-3-tahun

Sulistiowati, T. (2019, April 27). Persaingan kian sengit, ini strategi agar usaha kedai kopi tetap legit. Diambil kembali dari Kontan: https://peluangusaha.kontan.co.id/news/persaingan-kian-sengit-ini-strategi-agar-usaha-kedai-kopi-tetap-legit-1

TNP2K. (2022). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Chen, P. C. (2021). Service-Oriented Human Resource Practices and Customer Outcomes: The Service-Profit Chain Perspective. Personnel Review.

Fazira, R. F. (2020). Membangun Loyalitas Pelanggan Dari Perspektif Membership Card Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 33-42.

Girish, V. G. (2019). The Relationships Of Brand Experience, Sports Event Image and Loyalty: Case of Jeju International Ultramarathon Race. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship.

Jo, H. A. (2020). Fostering Mutual Gains: Explaining The Influence of High‐Performance Work Systems and Leadership on Psychological Health and Service Performance. Human Resource Management Journal, 30(2), 198-225.

Kuo, T. C. (2018). Service Quality Evaluation: Moderating Influences of First-Time and Revisiting Customers. Total Quality Management & Business Excellence, 29(3-4), 429-440.

Liu, X. Y. (2019). Emotion Cycles In Services: Emotional Contagion and Emotional Labor Effects. Journal of Service Research, 22(3), 285-300.

Raji, R. I. (2019). The Mediating Effect Of Brand Image on The Relationships Between Social Media Advertising Content, Sales Promotion Content and Behaviuoral Intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3).

Rejikumar, G. A. (2021). A Collaborative Application Of Design Thinking and Taguchi Approach In Restaurant Service Design For Food Wellbeing. Journal of Service Theory and Practice.

Setiawan, H. A. (2019). Analisis Persepsi Harga, Membership Card, Dan Service Performance Terhadap Keputusan Pembelian Di Lotte Mart Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Tarigan, E. D. (2020). The Influence Of Lifestyle, Physical Environment, and Menu Variety on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction In The Coffee Shop. International Journal of Research and Review, 7(3), 102-111.

Torlak, D. B. (2019). Impact of operations management strategies on customer satisfaction and behavioral intentions at café-restaurants. International Journal of Productivity and Performance Management.

Viljoen, A. K. (2018). The Art Of Tastings: Enhancing The Arts Festival Experience. International Journal of Event and Festival Management.