PENGENALAN PROFESI AKUNTANSI BAGI SISWA SMA SANTO KRISTOFORUS II

Main Article Content

Henny Wirianata
Annastasha Geraldine
Cordelia Stella Chandra

Abstract

The phenomenon of digitalization, automation, and artificial intelligence (AI) provides many conveniences in doing a job but has disrupted and is feared to eliminate certain jobs such as the accounting profession which has so far relied heavily on manual technical skills. However, it should be realized that even though technological disruption has occurred, the role of someone who works as an accountant is still important for the company. This community service activity was carried out to introduce and provide initial literacy for students of SMA Santo Kristoforus II about the accounting profession and the diversity of the accounting profession. This socialization was carried out offline on Wednesday, April 23, 2025 at 10.00-11.30. The implementation method used was to combine lectures and discussions method, as well as providing quizzes and questionnaires. The results of the questionnaire showed an increase in participants' understanding of the accounting profession and an interest in studying accounting further, but most participants were still hesitant in choosing the accounting profession as their future profession. This result is inseparable from the condition where respondents are currently still studying in grade X so they are still considering many things in determining their future profession. The findings from this questionnaire indicate that participants' interest in accounting is still open to being improved through early education and other approaches that are relevant to the reality of today's work world.


 


ABSTRAK


Fenomena digitalisasi, otomatisasi, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) memberikan banyak kemudahan dalam melakukan suatu pekerjaan namun telah men-disrupsi dan dikhawatirkan menghilangkan sejumlah lapangan pekerjaan tertentu seperti profesi akuntan yang selama ini banyak mengandalkan kemampuan teknis secara manual. Namun perlu disadari, meskipun terjadi disrupsi teknologi, peran seseorang yang berprofesi akuntan masih penting bagi perusahaan. Kegiatan PKM kali ini dilakukan untuk mengenalkan dan memberikan literasi awal bagi siswa-siswi SMA Santo Kristoforus II tentang profesi akuntansi di masa kini dan keberagaman profesi akuntansi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Rabu, 23 April 2025 secara luring (offline) pada pukul 10.00-11.30. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan menggabungkan metode ceramah dan tanya jawab, serta memberikan kuis dan kuesioner. Hasil jawaban kuesioner menunjukkan adanya peningkatan pada pemahaman peserta tentang profesi akuntansi dan memiliki ketertarikan untuk mempelajari akuntansi lebih lanjut, namun sebagian besar peserta masih ragu-ragu dalam memilih profesi akuntansi sebagai profesi mereka di masa depan. Hasil ini tidak terlepas dari kondisi dimana responden saat ini masih menempuh pendidikan di kelas X sehingga masih mempertimbangkan banyak hal dalam menentukan profesi mereka di masa depan. Temuan dari hasil kuesioner ini mengindikasikan minat peserta terhadap akuntansi masih terbuka untuk ditingkatkan melalui edukasi dini dan pendekatan lainnya yang relevan dengan realitas dunia kerja masa kini.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, T. K., & Nopiyani, P. E. (2024). Sosialisasi peluang kerja program studi akuntansi siswa SMA. Jurnal Pengabdian, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.55822/absd.v2i1.489

Frey, C. B., & Osborne, M. A. (2017). The Future Of Employment: How Susceptible Are Jobs To Computerisation? Technological Forecasting and Social Change, 114, 254–280. https://doi.org/10.1016/J.TECHFORE.2016.08.019

Hammershøj, L. G. (2019). The new division of labor between human and machine and its educational implications. Technology in Society, 59. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.05.006

Irawan, I. A., & Kamil, I. (2022). Sosialisasi program studi manajemen dan akuntansi kepada siswa-siswi SMA/SMK sederajat di era new normal Covid-19 Wilayah Kota Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ANDHARA), 2(1), 52–59. https://jurnal.undira.ac.id/andhara/article/view/37

Mutascu, M. (2021). Artificial intelligence and unemployment: new insights. Economic Analysis And Policy, 69, 653–667. https://doi.org/10.1016/j.eap.2021.01.012

Rahmawati, I., & Sari, I. M. (2022). Sosialisasi profesi akuntansi dalam memasuki dunia kerja pada siswa Kelas XII SMKN 4 Kota Serang. Abdikarya Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 176–182. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2113

Satria, M. R., Fatmawati, A. P., Marismiati, & Firmansyah, I. (2021). Socialization about accounting fields and the accountant to accounting department students at SMKN 1 Subang. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(2), 313–323. https://doi.org/10.36841/Integritas.V5i2.982

Setyowati, W., Solovida, G. T., Kusuparwati, Y., & Setiyono, T. A. (2024). Menggali peluang akuntan masa depan: Pengenalan Profesi Untuk Siswa SMK di Semarang. FOKUS ABDIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 85–88. https://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1174

Wahyuningtyas, E. T., Majidi, L. M. S., Suhari, S. I., & Maulidya, A. R. (2023). Sosialisasi peluang dan prospek kerja profesi akuntansi bagi Siswa MA Kota Jombang. Community Development Journal, 4(5), 10903–10907. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21850

Wahyuningtyas, E. T., & Susesti, D. A. (2022). Peluang dan tantangan profesi akuntan di era digital bagi Siswa MA Mambaul Ulum Corogo Jombang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1, 597–604. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.851

Yulianti, M., Asniati, A., & Juita, V. (2021). Pengaruh keahlian akuntansi, literasi digital dan literasi manusia terhadap kesiapan kerja calon akuntan di era disrupsi teknologi digital. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 449–456. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.389