PENDALAMAN MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DI SMA TARSISIUS 1

Main Article Content

Henny Wirianata
Ivonne Patricia
Michelle Leevia Jonathan
Sylvia
Theodore Benedict Alvin T

Abstract

ABSTRACT


Understanding accounting is an important aspect in financial management and business decision-making. Tarsisius Catholic High School 1 Jakarta is one of the schools that provides accounting education to its students. However, the perception that accounting is a challenging subject often hinders students from acquiring a deep understanding of basic accounting principles. Therefore, Out team from Tarumanagara University sees the need to provide in-depth training in making General Ledgers and Trial Balance. This training is offered as a solution to help students grasp essential concepts in accounting. The training was conducted onsite by visiting Tarsisius 1 school on September 13, 2023, for a duration of 90 minutes from 2:30 PM to to 4:00 PM. Evaluation of the training was done through questionnaires and quizzes, and the implementation has gone well and successfully. The results show that accounting material was well comprehended by the students. The average questionnaire score before the training was 3.22 on a scale of 5, which increased to 4.27 after the training. This signifies a significant improvement in participants' understanding of creating General Ledgers and Balance Sheets in the Accounting Cycle. These results indicate that the implementation of this in-depth training has been beneficial and has enhanced students' knowledge of basic accounting principles, laying a strong foundation for their future endeavors in the world of business and finance.


ABSTRAK


Pemahaman akuntansi merupakan aspek penting dalam pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusan bisnis. SMA Katolik Tarsisius 1 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang menyediakan pendidikan akuntansi kepada siswanya. Namun, persepsi bahwa mata pelajaran akuntansi sulit dipelajari seringkali membuat siswa kurang mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai materi akuntansi dasar. Oleh karena itu, Tim PKM Universitas Tarumanagara memandang perlunya memberikan pendalaman materi dalam pembuatan Buku Besar dan Neraca Saldo. Pendalaman materi ini ditawarkan sebagai solusi untuk membantu siswa memahami konsep penting dalam akuntansi. Pelatihan dilakukan secara langsung (onsite) dengan mendatangi langsung ke sekolah Tarsisius 1 pada tanggal 13 September 2023 selama 90 menit dari pukul 14.30 hingga 16.00. Evaluasi pendalaman materi menggunakan kuesioner dan kuis menunjukkan bahwa pelaksanaannya telah berjalan dengan baik dan sukses. Hasilnya menunjukkan bahwa materi akuntansi dapat dipahami dengan baik oleh siswa/i. Rata-rata skor kuesioner sebelum pelaksanaan pendalaman materi adalah 3,22 dari skala 5, yang meningkat menjadi 4,27 setelah pendalaman materi diberikan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam tingkat pemahaman peserta terkait pembuatan Buku Besar dan Neraca Saldo dalam Siklus Akuntansi. Hasil ini mengindikasikan bahwa pelaksanan pendalaman materi ini memberikan manfaat dan meningkatkan pengetahuan siswa dalam akuntansi dasar, yang akan menjadi dasar yang kuat dalam dunia bisnis dan keuangan di masa depan mereka. 

Article Details

Section
Articles

References

Khairunnisa, N., Ramadan, D., Rahmawati, D., & Amalia, L. (2021). Asyik Belajar Akuntansi Untuk Mengelola Keuangan Milenial Di Era Baru Bersama Anak Panti Asuhan Ar Ridho Tingkat SMP dan SMK. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(2), 235-241.

Leon, H. (2022). Implementasi Akuntansi Melalui Pelatihan Dasar Kepada Siswa Smp Pelita Cemerlang Pontianak. PakMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 2 No. 1 (Mei 2022), 52 – 56. DOI: 10.54259/pakmas.v2i1.816.

Sarininsih, E., Lukman, I., dan Mufahamah, E. (2021). PELATIHAN PRAKTIK AKUNTANSI DASAR DAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN BAGI SISWA/I SMA DI PANTI ASUHAN AFIFAH AFWA KEMILING BANDAR LAMPUNG. JAPMA, Vol. 1, No. 2, Desember 2021, Hal 33-39.

Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., & Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dedikasi, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.4

Susanto, L. dan Susanti, M. (2019). Pelatihan Penerapan Akuntansi Perusahaan Dagang SMA TRI RATNA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, Vol. 2, No. 1, Mei 2019, Hal. 99-104

Wardayanti, S.M. (2016). Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Koperasi. Malang: Selaras Media Kreasindo

Warren, C.S, Reeve, J.M., dan Feess, P.E. (2014). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia (Berbasis PSAK terbaru) Edisi 25. Salemba Empat. Jakarta

Wirianata, H., Tanaya, C.C., & Ivana, F. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN BUKU BESAR DAN NERACA SALDO DI SMA KATOLIK RICCI I JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i2.23814