PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN VIHARA

Main Article Content

Henryanto Wijaya
Felicia Gunawan
Yola

Abstract

Tujuan dan target khusus yang akan dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah Vihara Budhi Dharma mampu membuat laporan keuangannya sendiri yang sesuai dengan standar IAI agar dapat meningkatkan kredibilitas organisasi. Vihara Budhi Dharma mendapatkan sumber dana-nya dari publik berupa sumbangan atau donasi. Hal ini menyebabkan perlunya laporan keuangan agar donatur dapat mengetahui bagaimana cara organisasi mengelola dan menggunakan dana yang telah diperolehnya dari publik. Laporan keuangan juga merupakan salah satu cara pertanggungjawaban organisasi atas dana yang diterima. Untuk itu, Tim Pelaksana PKM menawarkan kepada mitra untuk melaksanakan pelatihan serta sosialisasi kepada mitra untuk mengaplikasikan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dalam laporan keuangan organisasi keagamaan. Metode pelaksanaan PKM ini adalah melakukan analisis kebutuhan dan situasi yang diperlukan terlebih dahulu, memberikan solusi, lalu melakukan evaluasi dan penyusunan laporan akhir. Tim Pelaksana PKM juga akan melakukan forum group discussion (FGD) untuk membahas topik yang lebih spesifik Bersama mitra. Serangkaian kegiatan ini kami rencanakan akan dilakukan mulai bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Juni 2023.

Article Details

Section
Articles

References

Arief Sugiono, & Edi Untung. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Azwari, P. (2018). “Rekonstruksi Perlakuan Akuntansi Untuk Entitas Tempat Ibadah". I-Finance, 4.

Restiyati, Diyah Wara, & Nicholas Rafaellito. (2018). Bangunan Cagar Budaya Berlanggam Cina di Jakarta. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman.

Sulistyo, A. (2019). “Wisata Kawasan Pecinan Kota Tua Jakarta: Suatu Tinjauan Potensi Pengembangan Pariwisata Perkotaan di Indonesia.". Jurnal Sosial dan Humaniora.