PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU CABAI BUBUK UNTUK MENGELIMINASI STOCKOUT DENGAN SIMULASI MONTE CARLO

Main Article Content

Anil Nirmal
Ahmad
Helena Juliana Kristina

Abstract




Penelitian ini dilakukan pada PT SKI yaitu perusahaan yang memproduksi cabai bubuk, kendala utama perusahaan ini mengalami kekurangan stok bahan baku. Maka dibutuhkan pengendalian persediaan bahan baku yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif yang dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu wawancara dan studi pustaka. wawancara dilakukan beberapa dewan direksi untuk mengumpulkan data permintaan, data lead time, dan data biaya persediaan, observasi pada bagian persediaan bahan baku. Studi pustaka dengan cara mencari sumber terpercaya seperti buku, jurnal, artikel, karya ilmiah.Berdasarkan hasil dari perhitungan total biaya persediaan menggunakan metode EOQ Probabilistik untuk bahan baku cabai kering dan bumbu tabur, didapatkan total seluruh biaya persediaan cabai bubuk di PT. SKI adalah Rp 7.886.130.078 Hasil dari perhitungan total biaya persediaan menggunakan simulasi monte carlo untuk periode selanjutnya didapatkan dengan total biaya persediaan sebesar Rp 5.648.213.223,62.sedangkan pada saat menggunakan metode perusahaan sebesar Rp 8.347.069.443 dengan hasil reduce cost sebesar Rp 460.919.365. Berdasarkan hasil penelitian terhadap masalah yang terjadi pada perusahaan yaitu stockout metode EOQ Probabilistik dan simulasi monte carlo dapat mengetahui ukuran pemesanan stok yang ekonomis dan minimasi total biaya persediaan dibandingkan metode perusahaan yang mengeluarkan biaya yang lebih besar.




Article Details

Section
Articles

References

Setiadi, Hilman, dan S. N. Raihan, "Penerapan Kebijakan Persediaan Bahan Baku Kain Twist Menggunakan Metode Eoq Probabilistik Sederhana Di PT Multi Garmenjaya," Jurnal Logistik Bisnis 10, vol. 02, pp. 60-63, 2020.

C. Alvina, dan H. J. Kristina, "Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Akrilik Menggunakan Metode EOQ Probabilistik dan Simulasi Monte Carlo Pada PT XYZ," Jurnal Mitra Teknik Industri , vol. 1, 2022.

Manurung, K. Hariani, dan J. Santony, "Simulasi Pengadaan Barang Menggunakan Metode Monte Carlo.," Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 3, pp. 7-11, 2019.

Hartih, N. Aeni, S. Satibi, dan G. P. Widodo, "Penerapan Metode Economic Order

Quantity Dan Reorder Point Dalam Meningkatkan Efisiensi Persediaan Obat Reguler Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit.," Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), vol. 4, pp. 249-254, 2013.

Amin, Muhammad, E. Kusrini, dan A. Parkhan, "Analisis Pengendalian Persediaan Pada Permintaan dan Lead Time Probabilistik Menggunakan Pendekatan ABC dan Simulasi Monte Carlo," Jurnal Rekavasi 8, vol. 2, pp. 39-46, 2020.

P. M. Palupi, L. Korawijayanti, & R. Handoyono, "Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus pada PT Nusamulti Centralestari)," InProsiding Seminar Nasional Unimus, vol. 1, 2018.

M. Kholmi, Akuntansi Biaya, Yogyakarta: BPFE, 2013.

V. Gaspersz, Production Planning and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan

Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21, Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama, 2015.

S. Sarifuddin & M. M. Pelupessy, "Analisa Pengendalian Persediaan Dalam

Hubungannya Dengan Efisiensi Biaya Pada Kandatel Ambon." INOBIS: Jurnal Inovasi

Bisnis dan Manajemen Indonesia, vol. 2, no. 3, 358-368, 2019.

F. Dristiana dan T. Sukmono, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Obat dengan

Menggunakan Metode EOQ Probabilistik Berdasarkan Peramalan Exponential

Smoothing pada PT. XYZ,” Spektrum Industri, vol. 13, no. 2, pp. 115-228, 2015.

A. C. Widiyanto, Analisis Pengendalian Persedian Pakan Udang Dengan Metode MIN- MAX STOCK," Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, vol. 35, pp. 1-10, 2021.

N. A. Hartih, S. Satibi, and G. P. Widodo, "Penerapan Metode Economic Order Quantity Dan Reorder Point Dalam Meningkatkan Efisiensi Persediaan Obat Reguler Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit," Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal

of Management and Pharmacy Practice), vol. 4, pp. 249-254, 2013.

J. Heizer and R. Barry, "Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai

Pasokan Edisi 11," Jakarta: Salemba Empat, 2015.

R. Darnis, G. W. Nurcahyo, Y. Yunus, Simulasi Monte Carlo untuk Memprediksi

Persediaan Darah, Jurnal Informasi Dan Teknologi, vol. 1, pp. 139-144, 2020.

I. Ardiansah, T. Pujianto, and I. I. Perdana, "Penerapan simulasi Monte Carlo dalam memprediksi persediaan produk jadi pada IKM Buluk Lupa." Jurnal Industri Pertanian,

vol. 1, pp. 3, 2019.