OPTIMASI KUALITAS PRODUK SPRING BED DENGAN PENDEKATAN METODE SIX SIGMA

Main Article Content

Agnes Setiawan
Wilson Kosasih
Lithrone Laricha Salomon

Abstract




Perusahaan ini bergerak di bidang industri manufaktur. Produk yang dihasilkan yaitu spring bed, bantal, dan dipan. Dalam memproduksi spring bed tidak dapat dipungkiri akan adanya produk cacat yang terjadi. Penelitian ini diawali dengan identifikasi permasalahan yang terjadi. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak perusahaan, ditemukan jumlah cacat pada spring bed perbulan. Beberapa jenis cacat tersebut, antara lain coil yang tidak sesuai dengan ukuran, hasil kain bordir yang miring, dan benang putus pada pembuatan pola spring bed. Penelitian ini menggunakan pendekatan six sigma dengan metode DMAIC (define, measure, analyze, improve, control). Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai sebesar 8.385 DPMO dengan tingkat sebesar 3,891 sigma. Adapun perhitungan kapabilitas proses didapatkan nilai cp sebesar 0,76 dan nilai cpk sebesar 0,74. Berdasarkan diagram pareto terdapat cacat terbanyak yaitu data cacat pada hasil kain bordir yang miring sebesar 52,51%. Selanjutnya dilakukan analisis diagram fishbone untuk mengetahui akar permasalahan jenis cacat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka perusahaan perlu membuat standard operational procedure (SOP) dan one point lesson (OPL) untuk meminimalisir cacat pada produksi spring bed. Dengan adanya usulan perbaikan ini, perusahaan dapat mengurangi jumlah produksi cacat pada spring bed.




Article Details

Section
Articles

References

R. Apriani, D. R. Ningsih, S. Yati, T. Aprianti, dan A. Nurrahman, “Analisis Metode Six Sigma dalam Upaya Pengendalian Kualitas Produk Kertas di PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk,” J. DESIMINASI Teknol., vol. 10, no. 1, hal. 70–78, 2022.

P. B. Crosby, Quality is free : The Art of Making Quality Certain. New York: New American Library, 1979.

S. Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1993.

Anisa Rosyidasari dan I. Iftadi, “Implementasi Six Sigma dalam Pengendalian Kualitas Produk Refined Bleached Deodorized Palm Oil,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 6, no. 2, hal. 113–122, 2020.

W. Kurniawan, D. Sugiarto, dan R. Saputera, “Usulan Penerapan Metode Six Sigma Untuk Meningkatkan Mutu Crude Palm Oil (CPO) Di PT. X,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, hal. 85–91, 2017.

P. Fithri, “Six Sigma Sebagai Alat Pengendalian Mutu Pada Hasil Produksi Kain Mentah Pt Unitex, Tbk,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, hal. 43, 2019.

B. Heizer, J. dan Render, Manajemen Operasi, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

I. Khomah dan E. Siti Rahayu, “Aplikasi Peta Kendali p sebagai Pengendalian Kualitas Karet di PTPN IX Batujamus/Kerjoarum,” Agrar. J. Agribus. Rural Dev. Res., vol. 1,

no. 1, hal. 12–24, 2015.

A. G. Arsyad, P. F. Ferdinant, dan R. Ekawati, “Analisis Peta Kendali p yang

Distandarisasi dalam Proses Produksi Regulator Set Fujiyama (Studi Kasus : PT .

XYZ),” J. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, hal. 86–92, 2017.

D. Chandrahadinata dan C. A. W. Gemilang, “Analisis Pengendalian Kualitas Printing

Baju untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan di CV. Huit Sportswear,” J. Kalibr., vol.

, no. 1, hal. 65–73, 2021.

D. Rimantho dan Athiyah, “Analisis Kapabilitas Proses Untuk Pengendalian Kualitas

Air Limbah di Industri Farmasi,” J. Teknol., vol. 11, no. 1, hal. 1–8, 2019.

W. Kosasih, Adianto, dan Erickson, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bucket Tipe ZX 200 GP dengan Metode Statistical Process Control dan Failure Mode and Effect Analysis (Studi Kasus: PT. CDE),” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 1 (1), no. 2, hal. 85–93, 2015.

L. L. Salomon, A. Ahmad, dan N. D. Limanjaya, “Strategi Peningkatan Mutu Part Bening Menggunakan Pendekatan Metode Six Sigma (Studi Kasus: Department Injection Di Pt. Kg),” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 3, no. 3, 2017.

Gabriele, “Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Departemen Marketing dan HRD PT. Cahaya Indo Persada,” J. AGORA, vol. 6, no. 1, 2018.