ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Main Article Content

Sub Han Wijaya
Ahmad
I Wayan Sukania

Abstract




CV. XYZ merupakan badan usaha yang bergerak dibidang manufaktur sarung jok mobil. Masalah yang terjadi adalah terdapat keluhan produk yakni robek, benang mengambang, noda, barang tidak lengkap, dan mengkerut yang dapat menyebabkan pelanggan tidak puas. Penelitian bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja perusahaan terhadap aspek pelayanan dan kualitas produk. Analisis tingkat kepentingan dan kinerja perusahaan diukur dengan metode Importance Performance Analysis, kemudian atribut kebutuhan dan kinerja terkait pelayanan pada kuadran 1 (kuadran prioritas) akan dibentuk usulan perbaikan, didapatkan 2 atribut pelayanan pada kuadran 1 yaitu K3 dan E2. Berdasarkan kedua atribut pelayanan didapatkan saran perbaikan yaitu menambahkan operator atau mesin, dan memberikan pelatihan bagi karyawan. Sedangkan atribut kebutuhan dan kinerja terkait kualitas produk pada kuadran 1 akan dianalisis lebih lanjut dengan metode Quality Function Deployment. didapatkan 5 atribut utama kualitas pada kuadran 1 yaitu KI1, KS3, KS4, RE1, dan ES2. dengan penggunaan House of Quality didapatkan prioritas urutan technical response yaitu evaluasi bahan serta konsep pada sarung jok, metode pemasangan sarung jok, pengembangan model sarung jok, varian bahan, varian warna bahan, pilihan desain embossed logo, ketebalan busa, dan menggunakan lembar pengecekan.




Article Details

Section
Articles

References

H. Irawan, Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2015.

N. Kurniawati, "Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap

Loyalitas Konsumen," Eco Entrepreneur, vol. 1, pp. 48-55, 2015.

N. Dyana, "Analisis QFD Untuk Perbaikan Produk Thai Tea Merek Kaw-Kaw di UKM

Waralaba di Landungsari, Malang," Jurnal Valtech, vol. 3, pp. 154, 2020.

F. Yusup, "Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif," Jurnal Tarbiyah,

vol. 7, no. 1, pp. 17-23, 2018.

M. F. R. M. Arfandi Ahmad, "Studi Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen

Berbelanja Pada Indomaret Lajoa Kabupaten Soppeng," Journal of Industrial Engineering

Management , vol. 3, no. 2, pp. 11, 01 November 2018.

N. Wahyuni, "Gap analysis," Binus, 28 September 2014. [Online]. Available:

https://qmc.binus.ac.id/. [Accessed 30 09 2022].

I. K. S. d. W. T. Y. Nofi Erni, "Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Metode Servqual dan

Triz di PT.XYZ," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 2, pp. 96, 2014.

Y. E. Andana Haris Goenawan, "Analisis Kepuasan Pelanggan di Metro Musik Malang Dengan

Menggunakan Metode Servqual, IPA, dan QFD," Jurnal Sains dan Aplikasi Keilmuan Teknik

Industri, vol. 1, no. 1, pp. 38, 2021.

J. P. Johan Oscar Ong, "Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance

Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo," J@TI Undip, vol. 9, no. 1, pp. 5, 2014.

R. Kusumadiningrum, "Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Kantin ITN Malang Kampus 1 Menggunakan Metode Service Quality," Jurnal Valtech,

vol. 3, no. 2, pp. 180, 2020.

P. D. R. M. I. G. Hendra Frenky Tampubolon, "Optimasi Quality Function Deployment

Berbasis Model Kano Untuk Memaksimalkan Kepuasan Pelanggan," e-Jurnal Teknik Industri

FT USU, vol. 1, no. 1, pp. 10, 2013.

A. A. T. S. &. S. R. Bolar, "Framework for prioritizing," International Journal of Sustainable

Built , vol. 6, no. 1, pp. 16-29, 2017.