STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI CORRUGATED CARTON BOX MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN HOUSE OF QUALITY

Main Article Content

Jennifer Darlene Chrissy
Helena Juliana Kristina
Adianto

Abstract




Perkembangan industri manufaktur yang semakin pesat menuntut setiap perusahaan di dalamnya untuk bersaing, khususnya melalui peningkatan kualitas produksi. PT X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur “corrugated carton box”, dan telah menjadi salah satu “market leader” di Indonesia pada industri ini. Meski begitu, perusahaan tidak lepas dari kesalahan produksi yang mengakibatkan munculnya produk “defect”. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kualitas produksi perusahaan secara keseluruhan menggunakan pendekatan “Six Sigma” melalui DMAIC dan HOQ. Sebelum analisis dan melakukan perbaikan, PT X memiliki nilai DPMO sebesar 527,76 dan tingkat sigma perusahaan berada pada angka 4,77 sigma. Analisis yang dilakukan membuahkan hasil berupa saran perbaikan untuk memeriksa seluruh kondisi “input” dan mesin sebelum melaksanakan proses produksi, serta memberi pelatihan “maintenance” dan pelatihan proses produksi yang disertai dengan melakukan pengawasan secara berkala. Penerapan usulan perbaikan dibantu dengan penyusunan “check sheet” dan pengajuan pelatihan bagi karyawan perusahaan. Dengan asumsi bahwa usulan perbaikan dapat diimplementasikan dengan baik pada perusahaan, diperkirakan bahwa nilai DPMO dan tingkat sigma perusahaan secara berturut dapat mencapai angka 312,94 dan 4,92 sigma.




Article Details

Section
Articles

References

W. Christian, "Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Metode Statistik pada XYZ," Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. 2, no. 2, pp. 1-16, 2013.

F. Hartoyo, Y. Yudhistira, A. Chandra and H. H. Chie, "Penerapan Metode DMAIC dalam Peningkatan Acceptance Rate untuk Ukuran Panjang Produk Bushing," ComTech, vol. 4, no. 1, pp. 381-393, 2013.

Y. Maulana, "Pengertian Diagram SIPOC dan Cara Membuatnya," 17 Maret 2018. [Online]. Available: https://www.yonomaulana.com/2018/03/pengertian-diagram- sipoc-dan-cara.html. [Accessed 11 September 2022].

T. M. Ifle, "Memahami Critical to Quality dalam Fase Define (DMAIC Methodology)," 11 Maret 2019. [Online]. Available: http://kliniksukses.com/memahami-critical-to- quality-dalam-fase-define-dmaic-methodology-detail-410875.html. [Accessed 10 September 2022].

D. K. Kurnianto and R. H. Setyanto, "Usulan Perbaikan Kualitas Produk Menggunakan Metode Six Sigma di PT. ZYX," in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2021, 2021.

D. Rimantho and A., "Analisis Kapabilitas Proses untuk Pengendalian Kualitas Air Limbah di Industri Farmasi," Jurnal Teknologi, vol. 11, no. 1, pp. 1-8, 2019.

V. Gaspersz, Total Quality Management, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

I. W. Sukania, L. L. Salomon and O. Dharmawan, "Usulan Perbaikan Kualitas Produk Plastik dengan Metode Quality Function Deployment di PT. X.," Jurnal Ilmiah Teknik

Industri, vol. 5, no. 2, pp. 63-69, 2017.

A. I. Soenandi and Y. Dwiantoro, "Perbaikan Kualitas Fuel Tank pada Divisi Welding

dengan Metode Six Sigma pada PT. XYZ," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 2, no. 3, pp. 174-183, 2014.

H. Murnawan and M., "Perencanaan Produktivitas Kerja dari Hasil Evaluasi Produktivitas dengan Metode Fishbone di Perusahaan Percetakan Kemasan PT. X," Jurnal Teknik Industri Heuristic, vol. 11, no. 1, pp. 27-46, 2014.

M. T. Siregar and Z. M. Puar, "Implementasi Lean Distribution untuk Mengurangi Lead Time Pengiriman pada Sistem Distribusi Ekspor," Jurnal Teknologi, vol. 10, no. 1, pp. 1-8, 2018.

I. W. Sukania, I. K. Sriwana and E. Suryajaya, "Usulan Perbaikan Kualitas Pengunggulan Benang Nilon dengan Menggunakan Metode Six Sigma di PT. XYZ," Jurnal Energi dan Manufaktur, vol. 7, no. 1, pp. 159-166, 2015.

Y. G. Henuk, "Perancangan Quality Function Deployment (QFD) pada Hotel Everbright Surabaya," Jurnal Universitas Kristen Petra, pp. 15-21, 2017.