ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI OPTIMAL DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN TRANSPORTASI DAN DISTRIBUSI DI CV. EXPEDISI MITRA MANDIRI

Main Article Content

Anjeli Yustavia
Lithrone Laricha Salomon
Helena Juliana Kristina

Abstract




Dalam kegiatan ekonomi ada proses tambahan yang perlu dilalui. Proses ini umumnya dikenal sebagai "aktivitas distribusi". Kegiatan distribusi juga tidak terlepas dari penggunaan transportasi. CV. Expedisi Mitra Mandiri (EMM) merupakan salah satu badan usaha yang melakukan proses distribusi beras yang berdiri sejak tahun 2016. EMM melakukan proses distribusi untuk wilayah sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya. Distribusi ini biasanya menggunakan moda transportasi berupa truk (trucking) dengan kapasitas 30 ton, 20 ton, dan 10 ton. Diketahui bahwa penggunaan transportasi perusahaan adalah murni milik perusahaan itu sendiri. Dalam proses pendistribusiannya ditemukan beberapa kendala, seperti penggunaan biaya yang terlalu tinggi dan rute pengiriman yang dianggap kurang efektif. Metode yang digunakan adalah metode saving matrix dan algoritma tetangga terdekat, dengan tujuan untuk meminimalkan jarak tempuh dan biaya transportasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan penghematan jarak distribusi perusahaan dari 5829,5 km menjadi 4985,6 km, atau efisiensi jarak adalah 14,48%. Penghematan biaya alat angkut mulai dari Rp. 24.941.535,- menjadi Rp. 19.910.688,- atau efisiensi biaya 20,17%.




Article Details

Section
Articles

References

Mela A. Putri, Rosmayani, dan Rosmita, “Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Saluran Distribusi Usaha Kecil Menengah (UKM) (Survei pada Kue Bangkit “Syempana” di Kota Pekanbaru)”, Jurnal Valuta Universitas Islam Riau, vol. 4 no. 2, 2018.

M. Pawiro. 2018. Pengertian Transportasi: Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contoh Alat Transportasi [Online]. Available: https://www.maxmanroe.com/vid/pengertian- transportasi [Diakses: 28 Oktober 2021].

Team Workmate. 2020. Business: Memahami Manajemen Transportasi dan Distribusi [Online]. Available: https://www.workmate.asia/id/blog/memahami-manajemen- transportasi-dan-distribusi [Diakses: 1 Novermber 2021]

Harry Sudjono dan Syamsudin Noor, “Penerapan Supply Chain Management pada Proses Manajemen Distribusi dan Transportasi untuk Meminimasi Waktu dan Biaya Pengiriman”, Jurnal Poros Teknik, vol. 3 no. 1, pp. 26 – 33, 2011.

Suparjo, “Metode Saving Matrix Sebagai Metode Alternatif untuk Efisiensi Biaya Distribusi (Studi Empirik pada Perusahaan Angkutan Kayu Gelondongan di Jawa Tengah)”, Media Ekonomi dan Manajemen, vol. 32 no. 2, pp. 137 – 153, 2017.

Iphov Kumala S, Ahmad, dan Audi Frisbet Rewa, “Usulan Perbaikan Rute Pendistribusian Produk dengan Menggunakan Analisis Bullwhip Effect, Metode Nearest Insert, dan Nearest Neighbor (Studi Kasus di PT. YNP)”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 4, no. 3, 149 – 155, 2016.

Viva Arfana Perdana, Zenny Fatimah Hunusalela, Aliffia Teja Prasasty, “Penerapan Metode Saving Matrix dan Algoritma Nearest Neighbor dalam Menentukan Rute Distribusi untuk Meminimalkan Biaya Transportasi pada PT. XYZ”, Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri Universitas Kadiri, vol. 4, no. 2, pp. 91 – 105, 2021.

M. Miftachul Huda, Dwi Yuli R., dan Hilyatun Nuha., “Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Metode Saving Matrix untuk Meminimalkan Biaya Transportasi di PT. Lima Jaya Abadi” pp. 1 – 14, 2018.

Entis Sutisna dan Markhotun Sucy D, “Analisis Penentuan Kebutuhan Armada Kiriman Produk Pos Ekspress dengan Metode Saving Matrix pada Kantor Pos Indonesia Rangkas Bitung”, Jurnal Logistik Bisnis, vol. 9 no. 2, 2018.

Sandi Martono, dan Harco Leslie H, “Penentuan Rute Pengiriman Barang dengan Metode Nearest Neighbor” Jurnal Pengkajuan dan Penerapan Teknik Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 44 – 57, 2020.

Suryani, Deasy Kartika R. K., dan Lina Dianati F., “Perbandingan Penerapan Metode Nearest Neighbour dan Insertion untuk Penentuan Rute Distribusi Optimal Produk Roti pada UKM Hasan Bakery Samarinda”, Profisiensi, vol. 6, no. 1, pp. 41-49, 2018.

D. B. Pailin dan F. M. Kaihatu, “Implementasi Metode Saving Matrix dalam Penentuan Rute Terbaik untuk Meminimumkan Biaya Distribusi (UD. Roti Arsita)”, ARIKA Universitas Pattimura Ambon, vol. 12, no. 2, pp. 123–138, 2018.