ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU AKRILIK MENGGUNAKAN METODE EOQ PROBABILISTIK DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PT. XYZ

Main Article Content

Alvina Chandra
Helena Juliana Kristina
Andres .

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang pembuatan akrilik. Akrilik yang ditawarkan oleh PT. XYZ terdiri dari tiga jenis warna, yaitu bening, putih susu, dan hitam. Permintaan dan lead time bahan baku akrilik di PT. XYZ yang bersifat probabilistik menyebabkan perusahaan kesulitan untuk mengendalikan persediaan bahan bakunya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menentukan ukuran pemesanan bahan baku akrilik yang ekonomis di PT. XYZ. Tahapan penelitian dimulai dari proses pengumpulan data, yaitu data permintaan, data lead time,dan data biaya persediaan periode Agustus 2020 – Juli 2021. Selanjutnya, dilakukan perhitungan order quantity, reorder point, safety stock, dan total biaya persediaan dengan metode EOQ Probabilistik. Setelah itu, dilanjutkan dengan simulasi permintaan dan lead time dengan simulasi Monte Carlo untuk memprediksi data permintaan periode selanjutnya serta menghitung total biaya persediaan hasil simulasi tersebut. Terakhir, dilakukan perbandingan total biaya persediaan antara metode perusahaan dan metode usulan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode EOQ Probabilistik, diperoleh nilai order quantity masing-masing sebesar 34 ton, 5,4 ton, dan 7,3 ton untuk bahan baku ARC Bening, ARC Putih Susu, dan ARC Hitam dengan nilai reorder point masing-masing 21 ton, 0,9 ton, dan 1,5 ton. Dari hasil simulasi, diperoleh total biaya persediaan periode selanjutnya sebesar Rp19.400.673.130,00. Berdasarkan hasil perbandingan dengan metode perusahaan, diperoleh biaya penghematan persediaan bahan baku sebesar Rp310.941.861,00 atau sebesar 1,57%.

Kata kunci: Pengendalian Persediaan, Quantity Order, Reorder Point, EOQ Probabilistik, Simulasi Monte Carlo

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alvina Chandra, Universitas Tarumanagara

Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Helena Juliana Kristina, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Andres ., Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

D. Mulyani dan H. Herawati, “Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi terhadap Kualitas Produk pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo,” Prosiding Seminar Nasional, pp. 263-482, 2016.

D. Rosa Indah, L. Puwarsih dan Z. Maulida, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. Aceh Rubber Industries Kabupaten Aceh Tamiang,” Jurnal Manajemen Keuangan, vol. 7, no. 2, pp. 157-173, 2018.

A. Wijaya, M. Arifin dan T. Soebijono, “Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang,” Jurnal Sistem Informasi (JSIKA 2), pp. 14-20, 2013.

M. C. Tuerah, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Tuna pada CV. Golden KK,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 2, no. 4, pp. 524-536, 2014.

E. Ruauw, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Contoh Pengendaliann pada Usaha Grenda Bakery Lianli, Manado),” ASE, vol. 7, no. 1, pp. 1-11, 2011.

Z. Yamit, Manajemen Persediaan, Yogyakarta: Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII, 2005.

F. Dristiana dan T. Sukmono, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Obat dengan Menggunakan Metode EOQ Probabilistik Berdasarkan Peramalan Exponential Smoothing pada PT. XYZ,” Spektrum Industri, vol. 13, no. 2, pp. 115-228, 2015.

N. A. Saputri dan S. M Khoiroh, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode EOQ Probabilistik dan Simulasi Monte Carlo, Studi Kasus CV. Agro Nusa Indah,” Undergraduate Thesis, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, Indonesia.

K. H. Manurung dan J. Santony, “Simulasi Pengadaan Barang Menggunakan Metode Monte Carlo,” Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 7-11, 2019.