PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRINTING KEMASAN POLYCELLONIUM MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI PT. ACP

Main Article Content

Jennifer Paulin
Ahmad Ahmad
Andres Andres

Abstract

PT. ACP merupakan industri yang membuat kemasan khususnya kemasan yang fleksibel. Kemasan ini digunakan untuk melindungi produk seperti makanan, minuman sabun, dan lain- lain. Dalam membuat kemasan, material yang banyak diminati oleh customer adalah material polycellonium. Dalam memproduksi Kemasan menggunakan material pollycelonium terjadi cacat pada proses produksinya, terutama pada proses printing. Proses printing merupakan proses penting yang akan akan mempengaruhi produk akhir sehingga tidak boleh terjadi masalah pada tahap ini, maka tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengurangi terjadinya kecacatan pada proses printing dengan menggunakan metode six sigma. Metode Six Sigma terdiri dari tahap DMAIC, yaitu define, measure, analyze, improve dan control. Penelitian ini akan membahas sampai dengan tahap improve. Hasil penelitian menunjukkan nilai DPMO 4471,11. Serta defect yang banyak terjadi adalah miss print, color off, dan ink streaking. Level sigma untuk perusahaan adalah 4 sigma, Cp adalah 0,761 dan Cpk 0,669. Dengan pendekatan FMEA, diketahui bahwa miss print disebabkan oleh kurang telitinya operator, color off di sebabkan oleh kurang skill operator dan ink streaking di sebabkan tinta terkontaminasi. Usulan yang dapat diberikan untuk mengurangi cacat adalah membuat jadwal pelatihan, memperketat pengawasan, dan menghaluskan doctor blade.

Kata kunci: Pengendalian kualitas, Six Sigma, DMAIC, FMEA, DPM

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Jennifer Paulin, Universitas Tarumanagara

Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Ahmad Ahmad, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Andres Andres, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

N.Dzikrillar,dkk, “Pengendalian Persediaan Melalui Penentuan Produk Strategi”, SOSIO-E-KONS, Vol. 8, No. 2, 2016.

Shinta, “Apa yang dimaksud dengan kualitas atau quality?”, 2017, available: https://www. dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-kualitas-atau- quality/14581[Diakses : 5 Nov 2021].

H. Sirine dan Elisabeth Penti Kurniawati, “Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT. Diras Concept Sukoharjo)”, Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, vol 2, no 3, 2017.

Walujo, Djoko Adi, Titiek Koesdijati, dan Yitno Utomo, Pengendalian Kualitas, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

M. Yusuf dan Edy Supriyadi, “Minimasi Penurunan Defect Pada Produk Meble Berbasis Prolypropylene Untuk Meningkatkan Kualitas (Studi Kasus: PT. Polymindo Permata)”, Jurnal Ekobisman, Vol. 4, No. 3, 2020.

R. Ekawati, dan Riza Andrika Rachman, “Analisa Pengendalian Kualitas Produk Horn PT. MI Menggunakan Six Sigma”, Journal Industrial Servicess, Vol. 3, No. 1a, 2017

Ong Andre Wahyu Rijanto, “Analisis Pengendalian Mutu Proses Machining Alloy Wheel Menggunakan Metode Six Sigma”, JITI, Vol 13, No.2, 2015.

Prameswara, Dian Andhika, Mustafid, Alan Prahutama, “Metode SERVQUAL-Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Kedungbanteng, Purwokerto), Jurnal GAUSSIAN, vol. 3, No. 4, pp. 625- 634, 2014.

B. Harahap, Luthfi Parinduri dan An Ama Lailan Fitria, “Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT. Growth Sumatra Industry)”, Buletin Utama Teknik, Vol. 13, No. 3, 2018.

Muhammad Zakaria, Muhammad Reza Prayoga Azris, dan Syukriah, “Pengendalian Produk Cacat Pada Usaha Percetakan Sam Brothers Lhokseumawe Dengan Menggunakan Lean Six Sigma”, Jurnal Teknologi Terapan dan Sains, 2021.

Ardhyani, Ika Widya, dan Sugeng Santoso,”Analisis Cacat Produk Kemasan Wafer Di PT. TKT Mojokerto”, Engineering and Sains Journal, Vol 4. No. 2, 2020.

Andiyanto, Surya, Agung Sutrisno dan Charles Punuhsingon,”Penerapan Metode FMEA (Failure Mode And Effect Analysis) Untuk kuatifikasi Dan Pencegahan Resiko Akibat Terjadinya Lean Waste”, Jurnal Online Poros Teknik Mesin, Vol 6, No 1, 2017.