ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU DENGAN INTEGRASI METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS DAN TOPSIS PADA UMKM PERCETAKAN

Main Article Content

Suvalen .
Ahmad .
Mohammad Agung Saryatmo

Abstract

UMKM Percetakan SC merupakan suatu usaha yang berfokus pada bidang percetakan, sehingga produk yang dihasilkan adalah kemasan, hangtag, shopping bag, brosur, dan lain sebagainya. Kinerja perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah pemasok yang menjaga ketersediaan bahan baku untuk dilakukan proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemilihan pemasok pada bahan baku kertas dan tinta terbaik dengan menggunakan metode ANP dan TOPSIS, dimana alternatif pemasok yang terpilih dapat didasarkan dari kriteria dan sub kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, terdapat 5 kriteria dan 15 sub kriteria yang akan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan alternatif terbaik dari 3 pemasok kertas dan 3 pemasok tinta. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode ANP, dapat diketahui bobot sub kriteria terbesar adalah merespons permintaan untuk pemilihan pemasok kertas dan tinta. Selain itu, perhitungan ANP juga dapat menghasilkan bobot untuk setiap alternatif, sehingga dapat dilihat alternatif yang terpilih dengan bobot tertinggi adalah pemasok A (CK) dan pemasok F (WMA) dengan bobot 0,057723 dan 0,066232. Setelah dilakukan perhitungan ANP, perhitungan TOPSIS dapat dilakukan dengan hasil akhir alternatif yang terpilih adalah pemasok A (CK) dan pemasok F (WMA) dengan nilai preferensi sebesar 0,7401 dan 0,8441. Kedua metode ini memberikan hasil yang sama, yaitu pemasok A (CK) dan pemasok F (WMA) dan diperoleh juga penghematan pada analisis biaya adalah sebesar 7,035%. Selain itu, usulan perbaikan yang dapat diberikan adalah melakukan analisis pemilihan pemasok secara berkala menggunakan software Microsoft Excel dan Super Decisions, serta menggunakan nota kesepakatan bahan baku.

Kata kunci: Supplier, Multi Criteria Decision Making, ANP, TOPSIS

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Suvalen ., Universitas Tarumanagara

Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Ahmad ., Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Mohammad Agung Saryatmo, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

M. Prawiro, “Arti Supplier: Pengertian, Tugas, Jenis, dan Cara Kerja Supplier,” Maxmanroe, Maret 2019. [Online]. Tersedia di: https://www.maxmanroe.com/vid/ marketing/arti-supplier.html. [Diakses pada Tanggal 1 November 2021]

A.S. Rusydiana, “Analisis Pengambilan Keputusan,” Konsultan ANP, Agustus 2012. [Online]. Tersedia di: http://www.konsultan-anp.com/2012/08/analisis-pengambilan- keputusan.html. [Diakses pada Tanggal 1 November 2021]

M.R.A. Kaluku dan N. Pakaya, “Penerapan Perbandingan Metode AHP-TOPSIS dan ANP-TOPSIS Mengukur Kinerja Sumber Daya Manusia di Gorontalo,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 2, pp. 124-131, 2017.

R. Ekawati, D. Lintang, dan V.D. Aditya, “Penilaian Performa Supplier Menggunakan Pendekatan Analytic Network Process (ANP),” Journal Industrial Servicess, vol. 3, no. 2, pp. 151-158. Maret. 2018.

F. Susanto, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta, Deepublish, 2020.

D. Pujotomo, N.B. Puspitasari, dan D. Rizkiyani, “Integrasi Metode ANP dan TOPSIS dalam Evaluasi Kinerja Supplier dan Penentuan Prioritas Supplier Bahan Baku Utama Cetak Koran pada PT. Masscom Graphy Semarang,” Jurnal Teknik Industri, vol. 9, no. 3, pp. 151-160, 2016.

D.I. Rinawati dan M. I. T. Handoko, “Intergrasi Metode Analytical Network Process (ANP) dan Technique for Others Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam Menentukan Prioritas Supplier Bahan Baku (Studi Kasus PT. Nyonya Meneer Semarang),” J@ti Undip, vol. 10, no.1, pp. 7-18, 2015.

T. Widianti, “Analytic Network Process (ANP) dan TOPSIS: Kerangka Penilaian Pemasok pada Institusi Penelitian sebagai Pemenuhan terhadap terhadap ISO 9001:2015,” Annual Meeting on Testing and Quality, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2016.

W.A. Kurniawan, H. Aulawi, dan I. Mutaqin, “Evaluasi dan Penentuan Jasa Kurir Logistik Menggunakan Metode ANP dan TOPSIS (Studi Kasus PD. Putra Setra),” Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, vol. 14, no. 1, pp. 79-85, 2020.

F.Y. Alfizi dan F. Fajriyati, “Pengukuran Performansi Kerja Supplier Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) pada Industri Percetakan (Studi Kasus: Percetakan Raja Printing),” Seminal Nasional IENACO, pp. 286-293, 2019.

D. Arini, “Analisis Pemilihan Vendor dengan Menggunakan Pendekatan Metode Fuzzy TOPSIS di PT. Tripatra Engineers And Constructors,” Jurnal Keilmuan Teknik dan Manajemen Industri UNTAR, vol. 3, no. 1, pp. 53-58, 2015. 12] A. Sihite dan E. Sudendar, “Penilaian Supplier Menggunakan Metode Fuzzy AHP dan TOPSIS di PT. HP,” Jurnal Keilmuan Teknik dan Manajemen Industri UNTAR, vol. 9, no. 1, pp. 71-80, 2021.