ANALISA BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PEKERJA OPTIMAL DI PT X

Main Article Content

Ignatius Erick Alfonso
Lamto Widodo
I Wayan Sukania

Abstract

Penelitian kali ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja yang dialami serta mengidentifikasi penyebab beban kerja berlebih yang dirasakan operatori di PT X. PT X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di sector industry yang memproduksi berbagai macam jenis roller.Subjek penelitian kali ini adalah 16 operator produksi di PT X. Beban kerja yang diukur adalah beban kerja fisik dan mental yang diolah dengan menggunakan metode Cardiovascular Load(CVL), Metode NASA – Task Load Index (NASA TLX), Metode Workload Analysis(WLA). Manfaat dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkatan beban kerja baik fisik dan mental yang dialami oleh PT X serta mengetahui apakah jumlah pekerja sudah sesuai dengan standard optimal beban kerja operator. Berdasarkan hasil analisis Metode NASA- Task Load Index (NASA TLX) terdapat 9 operator yang mengalami beban kerja mental berat dimana operator yang menerima beban mental terberat adalah operator las titik dengan indeks WWL sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis metode Cardiovascular Load (CVL) terdapat 2 operator yang mengalami beban kerja fisik berlebih dengan beban kerja fisik terberat dialami oleh operator las titik dengan persentase Cardiovascular load sebesar 43.5 %.Berdasarkan Hasil analisis dengan metode Workload Analysis didapati bahwa divisi welding di PT X mengalami beban kerja berlebih dengan besaran WLA sebesar 108 % . Usulan perbaikan yang diberikan berupa penambahan tenaga kerja divisi pengelasan,penempatan job description berdasarkan factor usia, penambahan alat bantu suhu ruangan, pemberian music, pengembangan departemen konseling, pemberian pelatihan serta menerapkan kebijakan rekreasi

Kata kunci: Beban Kerja Fisik, Beban Kerja Mental, Cardiovascular Load, Nasa – TLX, Workload Analysis 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ignatius Erick Alfonso, Universitas Tarumanagara

Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Lamto Widodo, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

I Wayan Sukania, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

I. Muhammad and I. H. Susilowati, “ANALISA MANAJEMEN RISIKO K3 DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR DI INDONESIA: LITERATURE REVIEW,” PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.31004/prepotif.v5i1.1635.

E. Rosiansyah, Nugraha, and N. R. As’ad, “Pengukuran Beban Kerja Fisik dan Mental untuk Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Optimal pada Stasiun Kerja Tenun di PD. Tenun Atbm Faishal Ridwan (Garut),” Prosiding Tekniki Industri, vol. 2, no. 2, 2014.

S. Putra, F. Handoko, and S. Haryanto, “Analisis Beban Kerja Menggunakan Metode Workload Analysis dalam Penentuan Jumlah Tenaga Kerja yang Optimal Di CV. Jaya Perkasa Teknik, Kota Pasuruan,” Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), vol. 3, no. 2, 2020.

M. P. Ramadhani, “TINJAUAN RAK PENYIMPANAN DOKUMEN REKAM MEDIS TERHADAP EROGONOMI PETUGAS FILLING DI PUSKESMAS SOOKO KABUPATEN PONOROGO,” Jurnal Delima Harapan, vol. 7, no. 2, 2020, doi: 10.31935/delima.v7i2.97.

J. Rolos, S. Sambul, and W. Rumawas, “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 004, 2018, doi: 10.35797/jab.6.004.2018.21074.19-27.

Y. Diana, “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort,” Jurnal Manajemen Tools, vol. 53, no. 9, 2019.

V. M. Afma, “Analisa Beban Kerja Operator Inspeksi Dengan Metode NASA-TLX (Task Load Index) Di PT. XYZ,” Profisiensi, vol. 4, no. 2, 2016.

S. A. Rahmah, “Analisis Beban Kerja Fisik dan Mental dengan Menggunakan Metode Cardiovascular Load dan Nasa-TLX pada PT.XYZ,” Universitas Sumatera Utara, Medan, 2018.

M. L. Puspitawati, I. B. Suryaningrat, and A. S. Rusdianto, “ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN SORTASI DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA X, KABUPATEN JEMBER,” AGROINTEK, vol. 13, no. 2, 2019, doi: 10.21107/agrointek.v13i2.5007.

P. W. Budaya and A. Muhsin, “WORKLOAD ANALYSIS IN QUALITY CONTROL DEPARTMENT,” OPSI, vol. 11, no. 2, 2018, doi: 10.31315/opsi.v11i2.2554.