PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN KOPI DENGAN METODE CONJOINT ANALYSIS DAN KANSEI ENGINEERING: STUDI KASUS UMKM KOPI BANGLI

Main Article Content

Sherline Leonica
Wilson Kosasih
Ahmad .

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari orang tua hingga remaja. Namun, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mengakibatkan konsumsi masyarakat berkurang akibat pembatasan mobilitas, dan masyarakat takut terpapar virus Covid-19. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan produk minuman kopi sesuai dengan preferensi konsumen saat ini. Penelitian ini menggunakan metode Kansei engineering untuk memahami kebutuhan konsumen. Metode ini mengubah emosi atau perasaan menjadi spesifikasi desain dan menggunakan metode conjoint analysis untuk menentukan hubungan antara kata-kata Kansei dan atribut serta tingkat atribut. Pengumpulan data utama untuk penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan pendekatan semantic differential. Hasil survei memberikan tujuh kata kansei yang menjadi kriteria penting bagi konsumen untuk memilih minuman kopi. Conjoint analysis dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kata kansei dengan 5 atribut dan 17 level atribut. Hasil conjoint analysis meliputi kegunaan dan kepentingan masing-masing atribut, serta level atribut. Hasil analisis conjoint digunakan untuk mendapatkan nilai utilitas dan spesifikasi produk minuman baru yang merupakan kombinasi dari atribut dan nilai utilitas yang optimal. Kami telah menerima spesifikasi produk minuman kopi baru yang paling disukai oleh konsumen dan memperoleh nilai utilitas tertinggi yaitu kemasan: gelas plastik, rasa: manis, manis: manis (21-30 gram), logo: C, varian: kopi gula aren. 

Kata kunci: kansei engineering, semantic differential, conjoint analysis, kopi, atribut, level 


Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Sherline Leonica, Universitas Tarumanagara

Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Wilson Kosasih, Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Ahmad ., Universitas Tarumanagara

Staf Pengajar Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

References

H. Kurniawan, “Konsumsi Kopi di Indonesia Naik 44% ” 2020, Available: https://investor.id/business/222474/konsumsi-kopi-di-indonesia-naik-44

A.M. Lokman, dan K. A. Kamaruddin, “Kansei Affinity Cluster for Affective Product Design,” International Conference on User Science Engineering, vol. 978, pp 38-43, 2010.

M. Nagamachi, Kansei/Affective Engineering, Boca Raton: Taylor & Francis Group, 2011.

M. Nagamachi, Kansei Engineering on Word Sound. Japan: The Acoustical Society of Japan, 1993.

Kotler, Keller, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Kedua Belas, Jakarta: PT. Indeks, 2007.

W. Kosasih, L. L. Salomon, dan R. Hutomo, “Using Conjoint And Cluster Analysis In Developing New Product For Micro, Small And Medium Enterprises (Smes) Based On Customer Preferences (Case Study: Lampung Province’s Banana Chips),” AIP Conference Proceedings. Vol. 1867. No. 1, 2017.

H. Indrianto, “Metoe Penelitian,” 2019, Available: https://www.daftarpustaka.org/metode-penelitian/

H. Wijayanto dan Y. Angraeni, “Conjoint analysis: Metode Full Profile Dan CBC Untuk Menelaah Persepsi Mahasiswa Terhadap Pilihan Pekerjaan,” Forum Statistika dan Komputasi, vol. 12, no. 1, pp 8-17, 2007.

S. Santoso, Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

L. L. Salomon, W. Kosasih, dan N. L. Saputra, “Strategi Pengembangan Plastic Shopping Bag Berdasarkan Preferensi Konsumen Dengan Pendekatan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: Pt ERA)” vol. 04, no. 14, 2015.