PERAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kepercayaan diri berperan dalam memengaruhi kecemasan saat berbicara di depan umum pada kalangan mahasiswa. Aktivitas berbicara di hadapan publik kerap menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa, di mana tingkat kecemasan yang dirasakan umumnya berkaitan erat dengan rasa percaya diri yang dimiliki. Studi ini melibatkan 179 mahasiswa aktif berusia antara 17 hingga 24 tahun, dengan analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27.0. Alat ukur yang digunakan meliputi kuesioner kepercayaan diri yang disusun oleh Lauster dan telah diadaptasi oleh Tarigan (2023), serta kuesioner kecemasan berbicara di depan umum yang dikembangkan oleh Rogers dan juga diadaptasi oleh Tarigan (2023). Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan umum (p < 0,05), yang berarti bahwa semakin tinggi rasa percaya diri seseorang, maka tingkat kecemasannya saat berbicara di hadapan orang banyak cenderung menurun. Kepercayaan diri memberikan pengaruh sebesar 34,5% terhadap kecemasan tersebut, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan kepercayaan diri sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Afriliani, K. (2019). Faktor-faktor penyebab kecemasan berbicara mahasiswa saat magang di jepang. [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang]. UNNES E-Repository. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34627
Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya meningkatkan kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 104-113.
https://doi.org/10.47435/retorika.v4i2.1201
Alawiyah, W. N. (2024). Hubungan antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa psikologi universitas medan area. Universitas Medan Area Repository. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/23653/2/178600047%20-
%20Wiby%20Nadia%20Alawiyah%20-%20Fulltext.pdf
Amin, M. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa pendidikan guru madrasah i btidaiyah stambuk 2018 institut agama islam negeri takengon aceh tengah. https://doi.org/10.29103/uhjpm.v2i1.13420
Arfiadi, Y. & Hadi, MNS. (2006). Continuous bounded controller for active control of structures.
Computers and Structures, 84, 798-807.
Damayanti, A. (2016). Kecemasan berbahasa asing pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa jepang unnes angkatan 2013.
Gatari, A. (2020). Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 79–89. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11739
Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi, yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Junaida, H. K. C. (2016). Meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa melalui pengembangan modul mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan guided inquiry. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 75–93.
Khoriroh, N., & Muhyadi, M. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi terhadap kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran – S1, 7(2), 128-135.
Laksito, T., & Nugroho, R. (2021). Motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran daring pada program pendidikan kesetaraan paket b di upt skb cerme gresik. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13531
Limbong, S. R., Astuti, W., & Iramadhani, D. (2023). Hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban di universitas malikussaleh. Insight: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(4), 626-641. https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11705
Masnawati. (2021). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa smp satu atap upt xv buluh carak kota subulussalam. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/17324/1/168600471%20-%20Masn awati%20-%20Fulltext.pdf
Naz, H., Ali, Dr. N., & Aziz, Dr. S. (2021). A Study to Evaluate Anxiety of Public Speaking in Young Adults. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science, 7(8). https://ijseas.com/volume7/v7i8/IJSEAS202108113.pdf
Permatasari, D. (2020). Konseling kelompok analisis transaksional dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.23916/08445011
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis‑jenis komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 29–37. https://pusdikra- publishing.com/index.php/jrss/article/view/158/132
Rengganawati, H. (2024). Kecemasan dalam berbicara di depan umum pada kalangan mahasiswa berusia 17-22 tahun. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 2(2), 60. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6953
Saputro, N. D., & Suseno, M. N. M. (2019). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan. Jurnal Psikohumanika.
Sarraf, M. & Bruneau, M. (1998). “Ductile sismic retrofit of steel deck-truss bridges, II: Design applications”. J. Struct. Engrg., 124(11), 1263-1271.
Selwen, P., Lisniasari, & Rahena, S. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking mahasiswa. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer, 3(2), 63-69. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i2.46
Sihabudin, M. M. R., Fitriah, M., & Hasbiyah, D. (2024). Keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa di lingkungan kampus. Jurnal Visi Komunikasi, 23(2), 123–132.
Sihite, M., & Saleh, A. (2019). Peran kepemimpinan dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi: Tinjauan konseptual. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(1), 29–44.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Syahdiyah, U., Kholifah, U. N., & Hayuningtyas, M. A. (2021). Kepercayaan diri dan kemampuan public speaking pada mahasiswa. Spiritual Healing: Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi, 2(2), 102–107. https://doi.org/10.19109/sh.v2i1.10691
Tarigan, S. N. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum T.A. 2019/2020 Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau [Skripsi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau].
Repository UIN‑SUSKA. http://repository.uin-suska.ac.id/68975/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20V.pdf
Tirta, O. A. M., & Ambarwati, K. D. (2024). Hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara pada mahasiswa jurusan teknik mesin. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 647-658. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6533
Wati, F., Cahyani, I., & Baharuddin. (2023). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa di Universitas 45 Surabaya. Jurnal Psikologi Humanistik, 11(1), 33–43.