Pengaruh Musik Klasik Terhadap Penurunan Kondisi Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untar

Main Article Content

Monica Djaja Saputera
Arlends Chris

Abstract

Proses pembelajaran pada program studi Fakultas Kedokteran (FK) dianggap sebagai salah satu program studi yang paling rentan menyebabkan mahasiswa mengalami kondisi stres. Beberapa proses akademik terkait adalah ujian, materi pembelajaran, prestasi akademik, dan kemampuan klinis. Data di Thailand, menyebutkan bahwa prevalensi stres pada mahasiswa FK adalah 61,4%. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian musik klasik terhadap penurunan kondisi stres pada mahasiswa FK Untar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan membagi responden ke dalam dua kelompok yaitu kelompok intervensi (n=41) dan kontrol (n=31). Setelah mendapat stresor berupa ujian, kelompok intervensi akan mendapatkan stimulus musik klasik yaitu Canon in D dan The Four Seasons: Spring selama sepuluh menit, sedangkan kelompok kontrol akan diminta untuk duduk tenang selama sepuluh menit. Pengukuran kondisi stres dilakukan dengan menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42). Analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa masing-masing kelompok secara signifikan mengalami penurunan skor stress (p = 0,00 pada kelompok intervensi, dan p = 0.03 pada kelompok kontrol). Meskipun kedua kelompok menunjukkan adanya penurunan median skor stres, namun uji Mann-Whitney menunjukkan hasil adanya perbedaan selisih median skor stres yang lebih besar pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,02). Berdasarkan tingkat stresnya, didapatkan 18 (43,9%) responden pada kelompok intervensi dan 10 (32,2%) responden pada kelompok kontrol yang awalnya mengalami stres mengalami perbaikan kondisi menjadi tidak stres atau normal. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan
bahwa pemberian musik klasik selama sepuluh menit terbukti menurunkan kondisi stres pada responden.

Article Details

Section
Articles

References

American Psychological Association. (2012). Stress in America: our health at risk. https://www.apa.org/news/press/releases/stress/2011/final-2011.pdf

Casey, L., & Au, O. (2012). Stress and wellbeing in Australia in 2012: a state-of-the-nation survey.

Chafin, S., Roy, M., Gerin, W., & Christenfeld, N. (2004). Music can facilitate blood pressure recovery from stress. British Journal of Health Psychology, 9(3), 393–403. https://doi.org/10.1348/1359107041557020

Damanik, E. D. (2011). The measurement of reliability, validity, items analysis and normative data of Depression Anxiety Stress Scale (DASS).

Djohan. (2006). Terapi musik, teori dan aplikasi (L. L. Hidajat, Ed.; II). Galangpress.

Djohan. (2009). Psikologi musik (III). Best Publisher.

Greenberg, J. S. (2013). Comprehensive stress management. McGraw-Hill.

John, Verma, S., & Khanna, S. K. (2010). The effect of music therapy on salivary cortisol as a reliable marker of pre competition stress in shooting performance. Journal of Exercise Science and Physiotherapy, 6(2), 70-77.

Klinic Community Health Centre. (2010). Stress & stress management. Klinic Community Health Centre.

Labbé, E., Schmidt, N., Babin, J., & Pharr, M. (2007). Coping with stress: the effectiveness of different types of music. Applied Psychophysiology Biofeedback, 32(3–4), 163–168. https://doi.org/10.1007/s10484-007-9043-9

Mohammad Abdulghani, H., Abdulghani, H. M., AlKanhal, A. A., Mahmoud, E. S., Ponnamperuma, G. G., & Alfaris, E. A. (2019). Stress and its effects on medical students: a cross-sectional study at a college of medicine in Saudi Arabia. Journal of Health, Population and Nutrition, 29(5), 516–522.

Othman, C. N., Farooqui, M., Yusoff, M. S. B., & Adawiyah, R. (2013). Nature of stress among health science students in a Malaysian University. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 105, 249–257. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.11.026

Saipanish, R. (2003). Stress among medical students in a Thai medical school. Medical Teacher, 25(5), 502–506. https://doi.org/10.1080/0142159031000136716

Sherina, M. S., & Rampal, L. (2004). Psychological stress among undergraduate medical students. Medical Journal of Malaysia, 59(2), 207–211.

Sohail, N. (2013). Stress and academic performance among medical students. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan, 23(1), 67–71.

Sood Mahajan, A. (2010). Stress in medical education: a global issue or much ado about nothing specific? South-East Asian Journal of Medical Education, 4(2), 9-13.

Taylor, S. E. (2018). Health Psychology. McGraw Hill Education.

Weinberger, N. M. (1977). The musical hormone – lark in the morning. Music and Science Information Computer Archive, IV(2). https://larkinthemorning.com/blogs/articles/the-musical-hormone

Yusoff, M. S. B., Rahim, A. F. A., & Yaacob, M. J. (2010). Prevalence and sources of stress among Universiti Sains Malaysia medical students. Malaysian Journal of Medical Sciences, 17(1), 30–37.