Persepsi Orang Tua Terhadap Pemberian Pendidikan Seks pada Anak Berkebutuhan Khusus di Usia Dini

Main Article Content

Carissa Adeline
Raja Oloan Tummanggor

Abstract

Pendidikan seks usia dini adalah pembahasan mengenai fungsi serta perbedaan anatomi tubuh laki-laki dan perempuan agar anak dapat menjaga baik kesehatan dan kebersihannya. Pendidikan seks juga bertujuan untuk mencegah terjadinya pelecehan dan kekerasan dalam hubungan, mengurangi kekerasan pada anak, mencapai hubungan yang sehat dan pembelajaran mengenai social-emotional. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan persepsi orang tua terhadap pemberian pendidikan seks pada anak berkebutuhan khusus di usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Subjek penelitian terdiri dari empat orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di usia dua sampai tujuh tahun. Penelitian mulai dilakukan pada bulan Desember 2022. Setelah itu, peneliti melakukan wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap subyek penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwadimensi psikologis dan aspek sosiologis pendidikan seks adalah hal yang mendominasi dalam pembentukan persepsi orang tua terhadap pendidikan seks.Hasil dari penelitian ini adalah persepsi orang tua terhadap pendidikan seks adalah dimensi psikologi dan aspek penentu seperti apa pendidikan seks akan diberikan kepada anak oleh orang tua adalah aspek sosiologi.

Article Details

Section
Articles

References

Counterman, L., & Kirkwood, D. (2013). Understanding Healthy Sexuality Development in Young Children. Voice of Practitioners, 8(2).

Herdiansyah, H. (2015). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. Salemba Humanika.

Jerves, E., López, S., Castro, C., Ortiz, W., Palacios, M., Rober, P., & Enzlin, P. (2014). Understanding parental views of adolescent sexuality and sex education in Ecuador: A qualitative study. Sex Education, 14(1), 14–27. https://doi.org/10.1080/14681811.2013.814034

Justicia, R. (2017). Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 1(2).

Lestari, E., & Parsetyo, J. (2014). Peran orang tua dalam memberikan pendidikan seks sedini mungkin di tk mardisiwi desa kedondong kecamatan kebonsari kabupaten madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2).

Wismayanti, Y. F., O’Leary, P., Tilbury, C., & Tjoe, Y. (2019). Child sexual abuse in Indonesia: A systematic review of literature, law and policy. Child Abuse & Neglect, 95, 104034. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104034

Wissink, I. B., van Vugt, E., Moonen, X., Stams, G. J. J. M., & Hendriks, J. (2015). Sexual abuse involving children with an intellectual disability (ID): A narrative review. In Research in Developmental Disabilities (Vol. 36, pp. 20–35). Elsevier Inc.