HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN ATURAN MAKAN (FEEDING RULES) TERHADAP STATUS GIZI SISWA TK BUNDA MULIA SCHOOL

Main Article Content

Fransiska Farah
Hansen Hansen
Rafennia Kakalang

Abstract

Beban gizi ganda di Indonesia berupa stunting, gizi lebih, dan obesitas masih cukup tinggi. Salah satu faktor penyebabnya adalah penerapan aturan makan yang tidak benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan feeding rules terhadap status gizi anak usia sekolah taman kanak-kanak Bunda Mulia School (BMS). Data diambil lewat pengukuran antropometri di sekolah dan pengisian kuesioner kuesioner elektronik oleh orang tua. Feeding rules dinilai berdasarkan 7 komponen dengan skor feeding rules baik/cukup (4-7 jawaban ya) dan tidak baik (skor<=3). Studi analitik potong lintang komparatif kategorik tidak berpasangan dilakukan pada 54 siswa dengan rentang usia 57-61 bulan, 28 laki-laki (52%) dan 26 perempuan (48%). Terdapat 48 siswa (88,9%) dengan berat badan (BB) normal, 5 siswa (9,3%) dengan BB lebih dan 1 siswa (1,8%) mempunyai BB sangat lebih. Pengukuran tinggi badan (TB) menunjukkan 52 siswa (96,3%) TB normal, 1 siswa pendek/stunting (1,9%), 1 siswa (1,9%) sangat tinggi. Tidak didapatkan siswa sangat pendek. Mayoritas siswa berstatus gizi baik (46/85,2%), tidak didapatkan status gizi buruk atau kurang, sebagian kecil anak dengan status gizi lebih/overweight (n=6;11,1%) dan obese (n=2;3,7%). Pada keseluruhan siswa TK BMS, penerapan feeding rules yang baik/cukup hampir sebanding dengan yang tidak baik (n=32;59,6% vs n=22;40,74%). Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara
penerapan feeding rules terhadap status gizi siswa TK BMS (Uji Mann-Whitney; p= 0,775; rerata feeding rules yang baik/cukup baik 27,81; feeding rules tidak baik 27,05). Penerapan feeding rules tidak memberikan pengaruh terhadap status gizi siswa TK Bunda Mulia.

Article Details

Section
Articles

References

Bernard-Bonnin, A.-C. (2006). Feeding problems of infants and toddlers. Canadian Family Physician Medecin de Famille Canadien, 52(10), 1247–1251.

Chumairoh, N., & H, I. I. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Feeding Rules pada Batita Gerakan Tutup Mulut (GTM). CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 2(1), 148–154. https://doi.org/10.37148/comphijournal.v2i1.28

Darwati, D., Mexitalia, M., Hadiyanto, S., Hartanto, F., & Nugraheni, S. A. (2016). Pengaruh Intervensi Konseling Feeding Rules dan Stimulasi Terhadap Status Gizi dan Perkembangan Anak di Posyandu Kabupaten Jayapura. Sari Pediatri, 15(6), 377. https://doi.org/10.14238/sp15.6.2014.377-84

Dharmaraj, R., Elmaoued, R., Alkhouri, R., Vohra, P., & Castillo, R. O. (2023). Evaluation and Management of Pediatric Feeding Disorder. Gastrointestinal Disorders, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.3390/gidisord5010008

Ghinanda, S. R., Mauliza, & Khairunnisa, C. (2022). Hubungan Pola Penerapan Feeding rules dengan Status Gizi Balita 6-24 Bulan di Puskesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 N(1), 2583–2588.

Goday, P. S., Huh, S. Y., Silverman, A., Lukens, C. T., Dodrill, P., Cohen, S. S., Delaney, A. L., Feuling, M. B., Noel, R. J., Gisel, E., Kenzer, A., Kessler, D. B., Kraus de Camargo, O., Browne, J., & Phalen, J. A. (2019). Pediatric Feeding Disorder. Journal of Pediatric Gastroenterology & Nutrition, 68(1), 124–129. https://doi.org/10.1097/MPG.0000000000002188

Infant and young child feeding (pp. 46–47). (2016). https://doi.org/10.1787/health_glance_ap-2016-20-en

Kemenkes. (2023). Prevalensi Stunting di Indonesia turun. Kementrian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Kebijakn Pembangunan Nasional.

Klein, A., Uyehara, M., Cunningham, A., Olomi, M., Cashin, K., & Kirk, C. M. (2023). Nutritional care for children with feeding difficulties and disabilities: A scoping review. PLOS Global Public Health, 3(3), e0001130. https://doi.org/10.1371/journal.pgph.0001130

Mistry, S. K., Hossain, M. B., & Arora, A. (2019). Maternal nutrition counselling is associated with reduced stunting prevalence and improved feeding practices in early childhood: a post-program comparison study. Nutrition Journal, 18(1), 47. https://doi.org/10.1186/s12937-019-0473-z

Mukhopadhyay, D., Sinhababu, A., Saren, A., & Biswas, A. (2013). Association of child feeding practices with nutritional status of under-two slum dwelling children: A community-based study from West Bengal, India. Indian Journal of Public Health, 57(3), 169. https://doi.org/10.4103/0019-557X.119819

Munjidah, A., & Rahayu, E. (2020). Pengaruh Penerapan Feeding Rules Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Makan Pada Anak (Picky Eater, Selective Eater Dan Small Eater). Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM), 8(1), 29–35.

Sjarif, D. R., Yuliarti, K., Sembiring, T., Lubis, G., Anzar, J., Prawitasari, T., Lestari, E. D., Mexitalia, M., Nurani, N., Widjaja, N. A., Puryatni, A., Sidiartha, I. G. L., & Baso, A. J. (2014). Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia: Pendekatan Diagnosis dan Tatalaksana Masalah Makan pada Batita di Indonesia. Idai.

Zhafira, Z., & Silaban, D. Y. L. (2012). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN NUTRISI TERHADAP STATUS GIZI ANAK 1-2 TAHUN DI PUSKESMAS DUMAI BARAT. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran Tarumangara.