PENYULUHAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK PADA ORANG TUA SISWA BUNDA MULIA SCHOOL JAKARTA UTARA

Main Article Content

Naomi Esthernita Dewanto
Jason Gunawan Lie
Yandi Joachim

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal merupakan suatu hal yang sangat didambakan seluruh keluarga. Tumbuh kembang dan pendidikan seorang anak tidak terlepas dari pengetahuan orang tua terutama ibu. Pengetahuan tidak hanya secara formal tetapi juga bisa di dapat dari seminar atau penyuluhan. Kami ingin mengetahui dampak penyuluhan pada pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Kami mengadakan penyuluhan pertumbuhan dan perkembangan kepada orang tua murid Sekolah Budi Mulia, setelah diadakan pemeriksaan pada murid-murid tersebut. Materi diberikan oleh timdokterspesialis anak FK Untar. Penyuluhan dilakukan secara daring diikuti oleh semua orang tua murid yang hadir dan ditemani oleh guru-guru BMS. Sebelum penyuluhan, semua peserta diminta untuk mengisi G-form pre-test dan setelah penyuluhan diminta untuk mengisi G-form post-test, dilakukan studi analitik cross-sectional dengan pair T-test. Dari 30 peserta yang mengikuti penyuluhan, 16 orang mengisi pre/post-test didapatkan rata-rata nilai pre-test 61,88 (SD 15,152) dengan median 60/100 dan range nilai 40-90. Sementara dari hasil post-test didapatkan rata-rata nilai 72,73 (SD 14,648) dengan median 73/100 dan range 40-90 dengan hasil pair T-test p = 0,013. Terdapat perbedaan bermakna pada pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, sebelum dan sesudah penyuluhan.

Article Details

Section
Articles

References

Abidah, S. N, Novianti, H. The Influence of Education Stimulation of Growth and Development Towards the Early Detection Ability of Growing in Children Age 0-5 Years by Parents. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan 2020;14(2): 89-93.

Astriani, D., Mufidah, A. C., & Farantika, D. Deteksi Dini Masalah Psikologis dan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) 2021;3(1):18-24

Chris, A., Dewi, S. M., Novendy, N. Peningkatan Pengetahuan Orangtua Mengenai Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan Bogor. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2021; 4(2).

Dini, J. P. A. U. Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2022; 6(1):558-64.

Dary, D., Mangalik, G. Pola Asuh Orang Tua dan Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Keperawatan 2021; 13(2): 273-286.

Hoffman D, Arts M, Begin F. The First 1000 days as the Key Contributor to the Double Burden of Malnutrition. Ann Nutr Metab 2019;75:99–102

Kemen PPPA. Profil Anak Indonesia Tahun 2022.

Kumala, M., Halim, A., Lontoh, S. O., Dewi, S. M. D. Upaya Pengendalian Stunting Melalui Edukasi Pola Makan Sehat dan Seimbang Selama Seribu Hari Pertama Kehidupan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2021; 4(2).

Oktaviani, E., Feri, J., Susmini, S., Soewito, B. Deteksi Dini Tumbuh Kembang dan Edukasi pada Ibu tentang Status Gizi Anak pada Periode Golden Age. Journal of Community Engagement in Health 2021;4(2):319-24.

Padila, P., Andari, F. N., Andri, J. Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia Toddler antara DDST dengan SDIDTK. Jurnal Keperawatan Silampari 2019;3(1):244-56.

Putri, L. A. D., Yetti, E., Hartati, S. Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2020;4(2):715-32.

Rahayu, S. F., Anggeriyane, E., Mariani, M. Upaya Penguatan Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) melalui Pemeriksaan Antropometri pada Anak Prasekolah. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti) 2021;2(1):71-5.

Ridwanayati, S., Elan, E., Sumardi, S. Pemahaman Orang Tua terhadap Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2022; 4(4):4523-29.

Soegondo, K. D., Solek, P., Munadia, R. N., Hartanto, W. P., Elizabeth, R., Rachmawati, R. I., Pambudi.W, Maufuriyah, I. Empowering Teachers, Empowering the Nation: Developing an Accessible Training System for Dyslexia in Indonesia. Asia Pacific Journal of Developmental Differences 2022; 9(1):31-41.