PENCAPAIAN AKADEMIK MEMPENGARUHI DEPRESI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS KEDOKTERAN

Main Article Content

Verren Isella
Arlends Chris
Louis Valdo

Abstract

Mahasiswa tahun pertama di fakultas kedokteran mengalami perubahan emosional yang hebat saat memasuki lingkungan dan mengemban tanggung jawab akademik yang baru. Perubahan emosi ini dapat menjadi stres yang memicu gangguan mental. Meskipun mahasiswa tahun pertama telah berusaha untuk beradaptasi, tidak semua mahasiswa berhasil. Tingkat pencapaian akademik yang bervariasi pada mahasiswa dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing individu dalam beradaptasi. Beberapa mahasiswa merasa bahwa beban akademik di fakultas kedokteran sama beratnya seperti jenjang sebelumnya. Namun, beberapa yang lain akan terkejut oleh fakta bahwa beban akademik di fakultas kedokteran jauh melebihi ekspektasi mereka, sehingga mereka tidak dapat bertahan di fakultas kedokteran. Studi ini bermaksud untuk mengetahui prevalensi depresi dan hubungan antara pencapaian akademik dengan kejadian depresi di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada tahun pertama. Studi ini merupakan studi analitik dengan desain cross sectional. uji chi-square digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel pencapaian akademik dan kejadian depresi. Dari penelitian ini didapatkan prevalensi depresi pada mahasiswa tahun pertama di fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara sebesar 39,3% dan didapatkan hubungan antara pencapaian akademik dengan kejadian depresi (p-value: 0,001). Studi ini menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki pencapaian akademik yang buruk beresiko 0,612 kali mengidap depresi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki pencapaian akademik yang baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pencapaian akademik yang buruk dapat mempengaruhi gangguan mental maupun memicu kejadian depresi.

Article Details

Section
Articles

References

Aziz, A., Mahboob, U., & Sethi, A. (2020). What problems make students struggle during their undergraduate medical education? A qualitative exploratory study. Pakistan Journal of Medical Sciences Quarterly, 36(5), 1020–1024. doi:10.12669/pjms.36.5.2267

Bains, N., & Abdijadid, S. (2022). Major Depressive Disorder. StatPearls Publishing.

Depression. (n.d.). Retrieved February 4, 2023, from National Institute of Mental Health (NIMH) website: https://www.nimh.nih.gov/health/topics/depression

Lisiswanti, R., Indah sari, M., & Swastyardi, D. (2022). Factors affecting low academic achievement of undergraduate medical students: Student experience. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 11(1), 108. doi:10.22146/jpki.65566

Major depression. (n.d.). Retrieved February 4, 2023, from National Institute of Mental Health (NIMH) website: https://www.nimh.nih.gov/health/statistics/major-depression

Mirza, A. A., Baig, M., Beyari, G. M., Halawani, M. A., & Mirza, A. A. (2021). Depression and anxiety among medical students: A brief overview. Advances in Medical Education and Practice, 12, 393–398. doi:10.2147/AMEP.S302897

Mofatteh, M. (2021). Risk factors associated with stress, anxiety, and depression among university undergraduate students. AIMS Public Health, 8(1), 36–65. doi:10.3934/publichealth.2021004

Nurmina, N., Fahrianti, F., Haryani, M., & Wahyuni, H. (2021). Depression, anxiety, and stress among first-year students and undergraduate students during the Covid-19 pandemic. International Journal of Research in Counseling and Education, 5(2). doi:10.24036/00453za0002

Pengantar, K., Badan, K., Dan, P., & Kesehatan, P. (n.d.). Retrieved February 4, 2023, from Bantenprov.go.id website:

https://dinkes.bantenprov.go.id/upload/article_doc/Hasil_Riskesdas_2013.pdf

Pham, T., Bui, L., Nguyen, A., Nguyen, B., Tran, P., Vu, P., & Dang, L. (2019). The prevalence of depression and associated risk factors among medical students: An untold story in Vietnam. PloS One, 14(8), e0221432. doi:10.1371/journal.pone.0221432

Psychology for living: Adjustment, growth, and behavior today. (n.d.). Retrieved February 4, 2023, from Pearson.com website: https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/psychology-for-living-adjustment-growth-and-behavior-today/P200000002802/9780137617371

Puthran, R., Zhang, M. W. B., Tam, W. W., & Ho, R. C. (2016). Prevalence of depression amongst medical students: a meta-analysis. Medical Education, 50(4), 456–468. doi:10.1111/medu.12962

Trucchia, S. M., Lucchese, M. S., Enders, J. E., & Fernández, A. R. (2013). Relationship between academic performance, psychological well-being, and coping strategies in medical students. Revista de La Facultad de Ciencias Médicas (Cordoba, Argentina), 70(3), 144–152.

Valdo, L., & Chris, A. (2022). Gambaran College Adjustment Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Kedokteran Dan Hubungan Academic Adjustment Dengan Pencapaian Akademik. Journals of Ners Community, 13(6), 834–840. doi:10.55129/jnerscommunity.v13i6.2424

View of gambaran gejala depresi pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas mulawarman.

(n.d.). Retrieved February 4, 2023, from Unmul.ac.id website: https://jsk.farmasi.unmul.ac.id/index.php/jsk/article/view/545/302

Wyatt, T. J., Oswalt, S. B., & Ochoa, Y. (2017). Mental health and academic success of first-year college students. International Journal of Higher Education, 6(3), 178. doi:10.5430/ijhe.v6n3p178

Riskesdas 2018. Retrieved February 4, 2023, from Kemkes.go.id website: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/3514/1/Laporan%20Riskesdas%202018%20Nasional.pdf

Depression. Retrieved February 4, 2023, from Apa.org website: https://www.apa.org/topics/depression

Karthikason, G., Setyawati, L. (2017). Prevalensi Depresi pada Mahasiswa Semester 7 di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun 2014. Intisari Sains Medis 8(2): 155-159 DOI: 10.1556/ism.v8i2.133