STUDI PENDAHULUAN CARA PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK

Main Article Content

Widya Risnawaty
Monika Monika

Abstract

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2022, diketahui bahwa jumlah pengguna internet pada anak usia 5-12 tahun adalah 64,43%. Besarnya penggunaan internet ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan anak dalam mengakses informasi dan belajar, melainkan juga sebagai media hiburan dan juga sebagai sarana sosialisasi bagi anak. Namun demikian, tingginya interaksi dengan media digital ini juga berpotensi untuk membuat anak terpapar dengan konten-konten negatif di internet. Hal ini menimbulkan tantangan tersendiri bagi orang tua terkait cara pengasuhan orang tua dalam penggunaan media digital pada anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data adalah dengan Focus Group Discussion. Partispan dari penelitian ini adalah 6 orang ibu yang berdomisili di Jabodetabek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa temuan antara lain: a) orang tua (ayah/ibu) adalah pihak yang mengenalkan gawai pertama kalinya pada anak; b) sebagian besar orang tua memiliki persepsi bahwa anak mereka sudah memiliki ketergantungan terhadap gawai; c) orang tua berpendapat bahwa penyebab ketergantungan anak terhadap gawai adalah adanya kebutuhan yang semakin tinggi terkait dengan pembelajaran jarak jauh, serta tuntutan pertemanan atau sosialisasi bagi anak; d) nilai/ajaran yang ingin ditanamkan orang tua pada anak mereka antara lain kejujuran, tanggungjawab, kepercayaan, komunikasi, keterbukaan dan religiusitas; e) aturan yang dibuat orang tua terkait penggunaan gawai antara lain adalah adanya pembatasan waktu dan konten, adanya diskusi terhadap konten yang dilihat anak, serta pemberian konsekuensi jika anak melanggar aturan yang telah disepakati bersama

Article Details

Section
Articles

References

APJII (2019). Penetrasi & profil perilaku pengguna internet Indonesia tahun 2018. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil- Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018

APJII (2020). Laporan survey internet APJII 2019-2020 (Q2). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/39/521/Laporan-Survei-Internet-APJII- 2019-2020-Q2

APJII (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

https://apjii.or.id/content/read/39/559/Hasil-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022 Afiatin, T. (2018). Psikologi perkawinan dan keluarga: Penguatan keluarga di era digital

berbasis kearifan lokal. Penerbit PT Kanisius.

Ardiyani, I. D., Setiawati, Y., & Hsieh, Y. T. (2021). Education for Parents of Children with Gadget Addiction. Jurnal Berkala Epidemiologi, 9(3), 221-230.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Seri Pendidikan Orang tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dp3a.semarangkota.go.id/storage/app/media/E-book/Buku-Saku-Mendidik-Anak- D-Era-Digital.pdf

Lutfa, A. (2021). Pendidikan keluarga untuk menyiapkan era society 5.0. Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen PMII, 1(1), 845–856.

Mascheroni G., Ponte C., & Jorge A. (2018). Digital Parenting: the challenges for families in the digital age. Nordicom University of Gothenburg.

Maimunah, M.A. (2021). Pengasuhan Anak di Era Digital pada Masa Pandemi. https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/pengasuhan-anak-di-era-digital-pada-masa- pandemi

Novianti, R., Hukmi, H., & Maria, I. (2019, November). The role of parents in assisting the use of gadget in alpha generation. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 258-262).

Prihayanti, N. K. T., Swedarma, K. E., & Nurhesti, P. O. Y. (2021). Hubungan Kecanduan Internet Dengan Gejala Depresi Pada Remaja Di SMAN 2 Denpasar.

Purnama, S., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1(1), 493-502.

Pereira, A. G., Lima, T. M., & Santos, F. C. (2020). Industry 4.0 and Society 5.0: opportunities and threats. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(5), 3305- 3308.

Riany, Y. E., Meredith, P., & Cuskelly, M. (2017). Understanding the influence of traditional cultural values on Indonesian parenting. Marriage & Family Review, 53(3), 207-226.

Sucipto, S., & Huda, N. (2017). Pola Bermain Anak Usia Dini di Era Gadget Siswa Paud Mutiara Bunda Sukodono Sidoarjo. Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(6).

Saputra, N. E., & Annisa, V. (2021). Pengaruh Pemberian Psikoedukasi “Piawai Bergawai” untuk Mengurangi Perilaku Berisiko pada Generasi Digital Natives. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 30-37.

Sarwah, S. (2016). Influence of parenting style on children's behaviour. Journal of Education and Educational Development, 3(2), 222-249

Siegle, D. (2010). Cyberbullying and sexting: Technology abuses of the 21st century. Gifted child today, 33(2), 14-65.