GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING INDIVIDU DEWASA AWAL DENGAN LATAR BELAKANG KELUARGA BERCERAI

Main Article Content

An Nisaa Clarissa Sapphira
Denrich Suryadi

Abstract

Perceraian terus menjadi masalah sosial yang serius dan mempengaruhi perkembangan anak-anak, terutama pada anak berusia remaja. Individu remaja mengalami peningkatan emosionalitas yang tidak seimbang, sensitivitas, serta berbagai karakteristik dari periode transisi yang membuat mentalitas remaja dari keluarga yang tidak lengkap menjadi sangat rentan. Menurut Amato (2000) dampak dari perceraian akan mempengaruhi psychological well-being anak. Meskipun demikian, sejumlah penelitian membuktikan bahwa penyesuaian diri anak dengan orangtua bercerai dapat dilihat dari salah satu aspek penting, yaitu bagaimana kualitas hubungan yang terjalin antara anak dengan orangtua sebelum dan sesudah bercerai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran psychological well-being individu dewasa awal yang mengalami perceraian orangtua di usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara interview yang melibatkan lima orang individu dewasa awal dengan rentang usia 20-21 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima subyek memiliki psychological well-being yang baik. Selain itu, keempat subyek telah menerima perceraian orangtua tersebut, hanya satu subyek yaitu NA yang masih belum bisa menerima sepenuhnya kenyataan tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Carmela, M., Desiree, M., Diletta, L. A., Catena, S. M & Amelia, R. (2019). Family drawing and psychological viulnerability in children’s representations of parental divorce. Cogent Psychology, 6(1), 1-14.

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches 2nd ed. United Kingdom, UK: Sage Publication.

Dijk, R. V., Valk, I. E., Dekovic, M. & Branje, S. (2020). A meta-analysis on interparental conflict, parenting, and child adjustment divorced families: examining mediation using meta-analytic structural equation models. Clinical Psychology Review, 79, 1-15.

Garriga, A. & Pennoni, F. (2020). The causal effects of parental divorce and parental temporary separation on children’s cognitive abilities and psychological well-being according to parental relationship quality. Social Indicators Research.

Pargament, K. I., Koenig, H. G., & Perez, L. M. (2000). The many methods of religious coping: development and initial validation of the rcope. Journal of Clinical Psychology, 56(4), 519-543.

Theunissen, M. H. C., Velderman, M. K., Cloostermans, A. P. G. & Reinjneveld, S. A. (2017). Emotional and behavioral problems in young children with divorced parents. European Journal of Public Health, 27(5), 840-845.