GAMBARAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA

Main Article Content

Adella Syafira Habsari
Marcella Erwina Rumawas

Abstract

Kualitas hidup merupakan pemahaman seseorang dalam kehidupan, berbudaya, sistem nilai dimana seseorang berada, tujuan hidup, harapan, standar dan hal lainnya yang terkait. Kualitas hidup ditentukan oleh keseimbangan aspek fisik, mental, sosial dan lingkungan. Menjadi mahasiswa adalah transisi menuju dewasa dan mengembangkan jati diri berdasarkan keterampilan dan pengalaman. Berbagai faktor baik kegiatan akademik maupun aktivitas sehari-hari, termasuk pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020, diduga dapat mempengaruhi kualitas hidup mahasiswa. Di Indonesia, penelitian mengenai kualitas hidup mahasiswa masih terbatas. Penelitian descriptive potong lintang ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari kualitas hidup mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Tarumanagara (FK UNTAR) Jakarta. Responden direkrut secara konsekutif dari mahasiswa FK UNTAR angkatan 2018, 2019 dan 2020. Data dikumpulkan melalui pengisian kuisioner WHOQOL-BREF secara daring, dan diolah dengan metode deskriptif. Dari 132 responden, 71 mahasiswa (53,8%) menilai kualitas hidupnya “baik” dan 21 mahasiswa (15,9%) “sangat baik”; skor tertinggi dan terendah pada aspek lingkungan (rerata=76,0 simpang baku=12,8) dan aspek psikologis (rerata=66,0 simpang baku=17,3). Kualitas hidup baik didapatkan pada laki-laki maupun perempuan, rata-rata usia 19 tahun, IPK berkisar 3, pada mereka yang tinggal sendiri di hostel/kost dengan uang saku antara Rp 1.000.000–Rp 5.000.000 sebelum pandemi ataupun yang tinggal di rumah bersama keluarga dengan uang saku <Rp 500.000 selama pandemi, menerapkan pola hidup tidak merokok ataupun mengkonsumsi alkohol, lama tidur ±7 jam, olahraga <3x seminggu dengan durasi <30 menit, dan tidak memiliki riwayat penyakit. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelbagai faktor terhadap kualitas hidup mahasiswa kedokteran.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, M. F. I. L. B., Murad, N. S., Teoh, S. H., & Mohamad, M. A. (2020). Quality of life of university students during the COVID-19 pandemic: age, history of medical illness, religious coping, COVID-19 related stressors, psychological factors and social support were predictive of quality of life [Preprint]. Research Square, 1-33.

Aboalshamat, K., Hou, X. Y., & Strodl, E. (2015, Apr). Psychological well-being status among medical and dental students in Makkah, Saudi Arabia: a cross-sectional study. Med Teach, 37, S75-81.

Angkurawaranon, C., Jiraporncharoen, W., Sachdev, A., Wisetborisut, A., Jangiam, W., & Uaphanthasath, R. (2016). Predictors of quality of life of medical students and a comparison with quality of life of adult health care workers in Thailand. Springerplus, 5, 584-591.

Daton, P. A., Uinarni, H., & Joewana, S. (2019). Hubungan antara Insomnia dengan Kualitas Hidup Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Hang Tuah Medical Journal, 16(2), 126-134.

Gazibara, T., Pekmezovi?, T., Popovi?, A., Pauni?, M., & Kisi?-Tepav?evi?, D. (2018). Chronic diseases among university students: prevalence, patterns and impact on health-related quality of life. Vojnosanit Pregl 75(12), 1178-1184.

Jacob, D. E., & Sandjaya, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat Karubaga district sub district Tolikara Propinsi Papua. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(1), 1-16.

Karnina, R. (2019). The comparison of the cumulative Grade Point Average on medical students living in dormitory and boarding house of a medical school. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 8(1), 17-24.

Kasiati, & Romalawati, N. W. D. (2016). Kebutuhan dasar manusia I Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan, 202. Cited 26 Oktober 2020, available from http://bppsdmk.kemkes.go.id /pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Kebutuhan-dasar-manusia-komprehensif.pdf

Kisic-Tepavcevic, D., Gazibara, T., Popovic, A., Trajkovic, G., & Pekmezovic, T. (2013). The impact of alcohol on health-related quality of life in Belgrade University students. Am J Drug Alcohol Abuse, 39(2), 130-135.

Madiyono, B., Moeslichan, S., Sastroasmoro, S., Budiman, I., & Purwanto, S. H. (2011). Perkiraan besar sampel. In S. Sastroasmoro & S. Ismael (Eds.), Dasar-dasar metodologi penelitian klinis edisi ke-4 (pp. 348-382). CV Sagung Seto.

Mahmoud, M. A., & Fareed, M. (2018). Assessment of Quality of Life among Medical Students in Saudi Arabia: A Study Based on WHO-QOL-BREF Protocol. International Journal of Medical Research & Health Science, 7(10), 1-11.

Malibary, H., Zagzoog, M. M., Banjari, M. A., Bamashmous, R. O., & Omer, A. R. (2019). Quality of Life (QoL) among medical students in Saudi Arabia: a study using the WHOQOL-BREF instrument. BMD Medical Education, 19, 344-349.

Naseem, S., Orooj, F., Ghazanfar, H., & Ghazanfar, A. (2016). Quality of life of Pakistani medical students studying in a private institution. J Pak Med Assoc, 66(5), 579-583.

Rezaei, S., Karami Matin, B., Kazemi Karyani, A., Woldemichael, A., Khosravi, F., Khosravipour, M., & Rezaeian, S. (2017). Impact of Smoking on Health-Related Quality of Life: A General Population Survey in West Iran. Asian Pac J Cancer Prev, 18(11), 3179-3185.

Shareef, M. A., AlAmodi, A. A., Al-Khateeb, A. A., Abudan, Z., Alkhani, M. A., Zebian, S. I., Qannita, A. S., & Tabrizi, M. J. (2015). The interplay between academic performance and quality of life among preclinical students. BMC Med Educ, 15, 193-200.

Suleiman, K., Alghabeesh, S., Jassem, H., Shahroor, L.-A., & Ali, R. (2013). Quality of Life (QOL) among University Students in Jordan: A Descriptive Study Journal of Education and Practice 4(11), 161-168.

World Health Organization (1997). WHOOOL Measuring Quality of Life. Programme of Mental Health(WHO/MSA/MNH/PSF/97.4), 1-13. Cited 29 Desember 2020, available from https://www.who.int/mental_health/media/68.pdf

Zhang, Y., Qu, B., Lun, S., Wang, D., Guo, Y., & Liu, J. (2012). Quality of life of medical students in China: a study using the WHOQOL-BREF. PLoS One, 7(11), e49714-e49724.