https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/issue/feed Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 2024-01-31T17:17:43+00:00 Dr. Keni jmkfeuntar@fe.untar.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published every year on January, April, July, and October by Management Study Program of Faculty of Economics and Business Universitas Tarumanagara. The articles provides researches’ findings on various topics in Management, especially Human Resource Management, Entrepreneurship, Marketing Management, and Financial Management.</p> https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28551 Cover Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol. 6 No. 1 2024-01-30T16:44:51+00:00 Keni Keni keni@fe.untar.ac.id 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28602 Daftar Isi Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol. 6 No. 1 2024-01-31T17:15:09+00:00 Keni Keni keni@fe.untar.ac.id <p>Daftar Isi Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol. 6 No. 1</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28553 Determinant of Purchase Intention on Game Gacha Genshin Impact 2024-01-30T16:49:57+00:00 Axel Ivander axel.115190414@stu.untar.ac.id Arifin Djakasaputra arifind@fe.untar.ac.id <div><em><span lang="id">Game online&nbsp;</span></em><span lang="id">yang populer di Indonesia adalah game <em>gacha</em>, terutama game <em>gacha</em> yang dikembangkan oleh <em>developer</em> asal Tiongkok, miHoYo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji variabel <em>Enjoyment</em>, <em>Economic Value</em>, <em>Social Value</em> memiliki pengaruh terhadap intensi pembelian <em>game</em> Genshin Impact. Penelitian ini menggunakan metode <em>purposive sampling</em>, sebanyak 150 data responden mahasiswa Jabodetabek yang bermain dan niat membeli <em>virtual item</em>Genshin Impact didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara <em>online</em> menggunakan google form dan data dianalisis menggunakan SmartPLS-SEM. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif variabel <em>Enjoyment</em>&nbsp; terhadap <em>Purchase Intention</em> <em>Game</em> Gacha Genshin Impact, terdapat pengaruh yang positif variabel <em>Economic Value</em> terhadap <em>Purchase Intention</em> <em>Game</em> <em>Gacha</em> Genshin Impact, terdapat pengaruh yang positif variabel <em>Social Value</em> terhadap <em>Purchase Intention</em> <em>Game Gacha</em> Genshin Impact. Hasil analisis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel <em>Enjoyment</em>, <em>Economic Value</em> dan <em>Social Value</em> terhadap <em>Purchase Intention Game Gacha</em> Genshin Impact.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">Gacha games are online games that are popular in Indonesia, especially the gacha games developed by a developer from China, miHoYo. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of Enjoyment, Economic Value, and Social Value on Purchase Intention for the gacha game Genshin Impact. The method of determining the sample uses a non-probability sampling method with purposive sampling. The data collection method uses a questionnaire which was distributed to 150 respondents who are Jabodetabek university students who play Genshin Impact and are willing to purchase Genshin Impact virtual items. The data analysis used PLS SEM analysis. The results of the analysis conclude that there is an influence of Enjoyment, Economic Value and Social Value on the Purchase Intention of the gacha game Genshin Impact. The results of the study conclude that there is an influence of Enjoyment, Economic Value and Social Value on the Purchase Intention of the gacha game Genshin Impact.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28559 Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Kewirausahaan, dan Norma Sosial terhadap Niat Berwirausaha 2024-01-31T02:48:51+00:00 Bella Isabel bella.115190310@stu.untar.ac.id Ida Puspitowati idap@fe.untar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Kewirausahaan, dan Norma Sosial terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Sampel yang digunakan dari penelitian ini berjumlah 127 responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode&nbsp;<em>Purposive Sampling </em>dalam melakukan penelitian kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara Jurusan Manajemen dan telah mengambil matakuliah kewirausahaan. Dalam pengambilan sampel digunakan metode kuesioner secara&nbsp;<em>online </em>lalu data yang dikumpulkan diolah menggunakan&nbsp;<em>software SmartPLS-SEM&nbsp;</em>4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha, Efikasi Diri Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha, dan Norma Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha.</p> <p>&nbsp;</p> <div><em>This research study purpose was to analyze the effect of Entrepreneurial Education, Entrepreneurial Self-Efficacy, and Social Norms on Entrepreneurship Intention Students Of Universitas Tarumanagara Faculty of Economics and Business. The sample that was used in this research counted 127 respondents with the use of Purposive Sampling Method on conducting research to students of the Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, Department of Management, and have taken entrepreneurship courses. Online questionnaire was used to collect the sample and then the gathered data processed using software called SmartPLS-SEM 4.0. The results of this study showed that there is a significant and positive effect of Entrepreneurial Education to Entrepreneurship Intention, a significant and positive effect of Entrepreneurial Self-Efficacy to Entrepreneurship Intention, also a significant and positive effect of Social Norms to Entrepreneurship Intention.</em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28561 Determinan Kinerja Bisnis UMKM 2024-01-31T02:53:41+00:00 Christini Nur Safitri christini.115199201@stu.untar.ac.id Sarwo Edy Handoyo sarwoh@fe.untar.ac.id <div><span lang="IN">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis UMKM di DKI Jakarta. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan <em>google form</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang kuliner di DKI Jakarta dengan total 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah <em>Structural Equation Modelling</em> (<em>SEM</em>) dengan program <em>smartPLS</em> versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar, strategi bisnis, dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="IN">This study aims to analyze the effect of entrepreneurial competence, market orientation, business strategy, and product innovation on the business performance of MSMEs in DKI Jakarta. The data collection process in this study was by distributing questionnaires online using google form. The sample in this study were culinary MSME players in DKI Jakarta with a total of 100 respondents. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) with the smartPLS version 3 program. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect of entrepreneurial competence, market orientation, business strategy, and product innovation on business performance.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28562 Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga terhadap Niat Berwirausaha 2024-01-31T02:58:03+00:00 Fedrick Wijaya fedrick.115190037@stu.untar.ac.id Nur Hidayah nurh@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Populasi dari penelitian ini sebesar 115 responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Manajemen Bisnis tahun angkatan 2021-2019 dan sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui <em>Google Form</em> dan diolah menggunakan <em>software SmartPLS-SEM</em> versi 4. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah <em>Non-Probability</em> <em>Sampling</em> dengan teknik <em>Purposive Sampling</em>. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan siginifkan terhadap niat berwirausaha, sedangkan Efikasi Diri Kewirausahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap niat berwirausaha.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">This study aims to empirically determine the effect of Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Self-Efficacy, and Family Environment on Interest in Entrepreneurship in Tarumanagara University Students. The population of this research is 115 respondents who are students of the Faculty of Business Management for the 2021-2019 class and before. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires via Google Form and processed using SmartPLS-SEM version 4 software. The sampling method used in this study was Non-Probability Sampling with Purposive Sampling technique. The results of this study indicate that Entrepreneurship Education and Family Environment have a positive and significant influence on entrepreneurial interest, while Entrepreneurial Self-Efficacy has a positive but not significant influence on entrepreneurial intention.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28563 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja 2024-01-31T03:02:03+00:00 Fifi Natalia Febby fifi.115190404@stu.untar.ac.id M. Tony Nawawi tonyn@fe.untar.ac.id <div><span lang="IN">Sebuah perusahaan dibangun dengan visi dan misi untuk dicapai. Agar visi misi perusahaan tercapai, setiap anggotanya harus memiliki tujuan yang sama. Di dalam perusahaan untuk mencapai visi dan misinya diperlukan sumber daya manusia yang baik. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik, memberikan pelatihan bagi karyawan guna meningkatkan <em>skill</em> serta memotivasi karyawan sehingga tercipta kepuasan kerja dan kinerja karyawan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, pelatihan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada PT Allianz Indonesia Cabang Jayapura. Penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dalam pemilihan konsumen sebagai sampel (responden). Dalam penelitian ini, peneliti menyebarkan kuesioner secara <em>online</em> melalui <em>google form</em> kepada seluruh konsumen PT Allianz Indonesia Cabang Jayapura sebanyak 86 responden. Pengolahan data dilakukan dengan <em>software</em> SmartPLS versi 4.0.8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja, pelatihan, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta kepuasan kerja dapat memediasi secara positif dan signifikan antara lingkungan kerja, pelatihan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="IN">A company built with a vision and mission to achieve. In order for the company's vision and mission to be achieved, each member must have the same goal. In the company to achieve its vision and mission, good human resources are needed. To improve employee performance, companies can create a good work environment, provide training for employees to improve skills and motivate employees so as to create job satisfaction and increase employee performance. This study aims to determine the effect of work environment, training, and motivation on employee performance with job satisfaction as a mediating variable at PT Allianz Indonesia Jayapura Branch. This study uses a purposive sampling technique in selecting consumers as samples (respondents). In this study, researchers distributed questionnaires online which were distributed via Google form to all consumers of PT Allianz Indonesia Branch Jayapura as many as 86 respondents. Data processing was carried out using SmartPLS software version 4.0.8.7. The results showed that work environment, training, and motivation had a positive and significant effect on employee performance, and job satisfaction could mediate positively and significantly between work environment, training, and motivation on employee performance.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28568 Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda di Cengkareng 2024-01-31T12:16:26+00:00 Kevin Matthew kevin.115190029@stu.untar.ac.id Herlina Budiono herlinab@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Pada zaman sekarang, transportasi di Indonesia khususnya di Jakarta sudah semakin padat yang disebabkan oleh banyaknya jumlah penduduk di Indonesia yang sudah semakin banyak dan SDM meningkat serta banyaknya masyarakat Indonesia yang dapat membeli kendaraan pribadi dengan mudah, sehingga untuk mengatasi kemacetan tersebut tentunya sepeda motor salah satu cara cepat agar sampai di tujuan. </span><span lang="EN-US">Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepercayaan merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian motor Honda di Cengkareng. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah <em>Theory of Reasoned Action</em> (TRA) dan <em>Theory of Planned Behaviour</em> (TPB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Adapun sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang berada di Cengkareng dengan menggunakan kuesioner dan disebarkan menggunakan <em>google form</em> di sekitar dealer motor Honda yang ada di Cengkareng menggunakan metode <em>non-probability sampling</em> dengan teknik <em>purposive sampling.</em> Kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian motor Honda di Cengkareng. Hasil temuan yang kedua yaitu </span><span lang="EN-US">kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian motor Honda. Hasil temuan ketiga yaitu harga tidak berpengaruh signifikan namun berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian motor Honda. Terakhir untuk hasil keempat menyatakan bahwa promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian motor Honda.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">Nowadays, transportation in Indonesia, especially in Jakarta, has become increasingly congested due to the increasing number of people in Indonesia and increasing human resources and the large number of Indonesian people who can buy private vehicles easily, so to deal with traffic jams, of course, motorbikes are one of the fastest ways to arrive at their destination. The purpose of this research is to examine the effect of brand trust, product quality, price, and promotion on purchasing decisions for Honda motorcycles in Cengkareng. In this study, the theory used is Theory of Reasoned Action (TRA) and Theory of Planned Behavior (TPB). This research uses a quantitative approach with descriptive research methods. The sample for this study was 100 respondents who were in Cengkareng using a questionnaire and distributed using a Google form around Honda motorbike dealers in Cengkareng using a non-probability sampling method with purposive sampling technique. Brand trust has a significant and positive effect on purchasing decisions for Honda motorcycles in Cengkareng. The second finding is that product quality has a significant and positive effect on purchasing decisions for Honda motorbikes. The third finding is that price does not have a significant but positive effect on purchasing decisions for Honda motorbikes. Finally, the fourth result states that promotion has a significant and positive effect on purchasing decisions for Honda motorbikes.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28569 What Drives Purchase Intention: Evidences Online Consumers in Jabodetabek on The Blibli.Com 2024-01-31T12:20:28+00:00 Britney Angleque britney.115190347@stu.untar.ac.id Arifin Djakasaputra arifind@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Elektronik, dan E-WOM terhadap minat beli konsumen <em>online</em> di Jabodetabek pada situs Blibli. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Jabodetabek. Penelitian ini mengambil sebanyak 150 sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data dianalisis menggunakan bantuan <em>Partial Last Square Sructural Equation Modelling</em> (PLS-SEM). Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Citra Merek, Kualitas Layanan Elektronik, dan E-WOM merupakan faktor yang mampu mempengaruhi Niat Beli konsumen pada situs Blibli di Jabodetabek.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">This research was conducted with the aim to find out whether there is an influence of Brand Image, E-Service Quality, and E-WOM towards customer purchase intention in Blibli in Jabodetabek. The sample used in this study is people who live in Jabodetabek. This study used 150 selected using a purposive sampling method and data were analyzed using partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). The results of this study indicate that Brand Image, E-Service Quality, and E-WOM are factors that can influence consumer purchase intention in Blibli Site in Jabodetabek.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28570 Faktor yang Memengaruhi Purchase Intention Produk Pakaian H&M di Jakarta 2024-01-31T12:30:05+00:00 Mishelly Sherina Handoyo mishelly.115209201@stu.untar.ac.id Carunia Mulya Firdausy caruniaf@pps.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh <em>brand image, brand trust, </em>dan<em> brand familiarity</em> terhadap <em>purchase intention</em> produk pakaian merek H&amp;M di Jakarta. Jumlah sampel responden yang di ambil pada penelitian ini adalah 131 responden. Kriteria responden pada penelitian ini adalah orang- orang yang tahu dan pernah membeli produk H&amp;M di Jakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner <em>google form</em> dan dibagikan secara <em>online</em>. Metode analisis data yang digunakan yakni dengan metode statistic <em>Structural Equation Model</em>(SEM). Berdasarkan hasil uji analisis data, didapatkan bahwa <em>brand image</em> dan <em>brand familiarity</em> berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap <em>purchase intention</em>. Sedangkan <em>brand trust</em> tidak memiliki pengaruh terhadap <em>purchase intention</em>.&nbsp;</span><span lang="EN-US">Oleh karena itu, H&amp;M perlu memberikan perhatian lebih pada <em>brand image</em> dan <em>brand familiarity</em> agar <em>purchase intention</em> konsumen terhadap produk pakaian H&amp;M meningkat.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">The purpose of this study was to determine and analyze the effect of brand image, brand trust, and brand familiarity on the purchase intention of H&amp;M clothing products in Jakarta. The number of samples collected was 131 respondents. The criteria for respondents in this study were people who know and have bought H&amp;M products in Jakarta. The research instrument uses a Google form questionnaire and is distributed online. The method used to analyze the data was by employing Structural Equation Model (SEM). The results show that brand image and familiarity positively and significantly affect purchase intention. While brand trust has no influence on purchase intention. Therefore, H&amp;M needs to give more attention to brand image and familiarity to improve the purchase intention of consumers of H&amp;M clothing products in Jakarta.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28573 Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Alamsegar Jaya 2024-01-31T12:45:26+00:00 Vannes Vannes vannes.115190062@stu.untar.ac.id Oey Hannes Widjaja hannesw@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Sumber daya manusia merupakan suatu hal penting dalam perusahaan tanpa adanya aspek manusia sulit bagi suatu perusahaan untuk mengembangkan misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas perlu diperhatikan kepuasan kerja karyawannya. Kepuasan kerja karyawan dapat dipengaruhi oleh motivasi dan lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Alamsegar Jaya. teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah <em>Simple Random Sampling</em> dengan jumlah sempel sebanyak 50 responden. Metode peneltian ini yaitu metode kuantitatif dengan pengelolaan data menggunakan bantuan Software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan singnifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Alamsegar Jaya.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">Human resources are an important thing in a company without the human aspect it is difficult for a company to carry out the mission and goals that have been set. So to create quality human resources, it is necessary to pay attention to the job satisfaction of its employees. Employee job satisfaction can be influenced by motivation and work environment. The purpose of this study was to determine the effect of motivation and work environment on job satisfaction of PT Alamsegar Jaya employees. sampling technique used is Simple Random Sampling with a total sample of 50 respondents. This research method is a quantitative method with data management using the help of SmartPLS Software. The results of this study indicate that motivation and work environment have a positive and significant effect on job satisfaction of employees of PT Alamsegar Jaya.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28574 Pengaruh EWOM, Trust, dan Perceived Hedonic Value terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk E-Commerce 2024-01-31T12:48:11+00:00 Nicholas Calvin nicholas.115190165@stu.untar.ac.id Keni Keni keni@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh <em>eWOM</em>, <em>Trust</em> dan <em>Perceived Hedonic Value</em> terhadap <em>Purchase Intention</em>. Populasi dari penelitian ini adalah 160 sampel. Metode <em>convenience sampling</em> digunakan dengan menyebarkan kuesioner secara <em>online</em> yang kemudian diolah menggunakan SmartPLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah <em>eWOM</em> berpengaruh positif terhadap <em>Purchase Intention</em>, <em>Trust</em> berpengaruh positif terhadap <em>Purchase Intention,</em>dan <em>Perceived Hedonic Value </em>berpengaruh positif terhadap <em>Purchase Intention</em>.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">The purpose of this research is to examine the effect of </span><span lang="EN-US">eWOM</span></em><span lang="EN-US">, <em>Trust</em> <em>and</em> <em>Perceived Hedonic Value</em> <em>on</em> <em>Purchase Intention</em></span><em><span lang="EN-US">. The population of this research is 160 sample. The convenience sampling method is used by distributing online questionnaires which are then processed using SmartPLS-SEM. The results of this study are eWOM has a positive effect on Purchase Intention, Trust has a positive effect on Purchase Intention, and Perceived Hedonic Value has a positive effect on Purchase Intention.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28575 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada PT. Giga Persada di Jakarta 2024-01-31T12:52:12+00:00 Patricia Zefanya patricia.115192003@stu.untar.ac.id Edalmen Edalmen edalmen@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, loyalitas, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Giga Persada. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah seluruh populasi karyawan yang berjumlah 110 orang. Metode penelitian sampel menggunakan desain non probabilitas yaitu teknik sampling jenuh dengan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square yang di gunakan dalam aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja, loyalitas, dan disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil penelitian koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) menunjukkan bahwa variabel eksogen hanya mampu menjelaskan variabel endogen sebesar 22%. Oleh karena itu diharapkan peneliti selanjutnya dapat memilih variabel lain.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">The purpose of this study was to determine the effect of work motivation, loyalty, and work discipline on employee performance at PT. Giga Persada. The samples taken for this study were the entire employee population, totaling 110 people. The sample research method uses a non-probability design, namely the sampling technique is saturated with quantitative research and uses a questionnaire to collect data. The data analysis technique used in this study is Partial Least Square which is used in the SmartPLS 4.0 application. The results of this study indicate that work motivation, loyalty, and work discipline have a positive and significant impact on employee performance. From the research results the coefficient of determination (R<sup>2</sup>) shows that exogenous variables are only able to explain endogenous variables by 22%. Therefore, it is hoped that future researchers can choose other variables.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28576 Pengaruh Praktik Pengembangan Karyawan terhadap Modal Manusia & Inovasi 2024-01-31T12:55:59+00:00 Rifqi Mulia Putrandi rifqi.115190407@stu.untar.ac.id Yanuar Yanuar yanuar@fe.untar.ac.id <div><span lang="id">Penelitian ini mengadopsi teori Inovasi, yang menunjukan bahwa inovasi adalah beragam perkembangan sosio- kultural multifaset yang mempengaruhi beragam pemangku kepentingan dan berbagai sumber pengetahuan ( Alaei, 2020; Chen, et al., 2018; Edwards Schachter, 2018; Liu &amp; Wang, 2022). Studi ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model teoritikal mengenai proses bagaimana <em>Employee Developmental Practices </em>agar dapat meningkatkan <em>Social Capital</em>, dan mengenai proses bagaimana <em>Employee Developmental Practices </em>agar dapat meningkatkan <em>HumanCapital. </em>Model penulis kembangkan dengan memasukan variabel-variabel : <em>Employee Developmental Practices </em>yang menjelaskan bagaimana praktik pengembangan karyawan ini akan meningkatkan <em>Social Capital </em>&amp; <em>Human Capital </em>yang akan meningkatkan <em>Social Capital </em>&amp; <em>Human Capital</em>. Dengan logika adalah bahwa orientasi Praktik pengembangan karyawan dapat menghasilkan Inovasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa <em>EmployeeDevelopmental Practices </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Human capital, Employee Developmental Practices </em>berpengaruh positif dansignifikan terhadap <em>Innovation</em>.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="id">This study adopts the theory of innovation, which shows that innovation is a multifaceted socio-cultural development that affects various stakeholders and various sources of knowledge (Alaei, 2020; Chen, et al., 2018; Edwards Schachter, 2018; Liu &amp; Wang, 2022) . This study aims to develop a theoretical model regarding the process of how Employee Developmental Practices can improve Social Capital, and regarding the process of how Employee Developmental Practices can increase Human Capital. The author developed the model by including the following variables: Employee Developmental Practices which explain how these employee development practices will increase Social Capital &amp; Human Capital which will improve Social Capital &amp; Human Capital. The logic is that employee development practice orientation can generate innovation. The resultsshowed that Employee Developmental Practices had a positive and significant effect on Human Capital, Employee Developmental Practices had apositive and significant effect on Innovation.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28577 Pengaruh Work-Life Balance terhadap Organizational Commitment Dimediasi oleh Job Satisfaction 2024-01-31T13:00:02+00:00 Shinta Millenia shintamillenia1@gmail.com Ronnie Resdianto Masman ronniem@fe.untar.ac.id <p>Komitmen organisasional karyawan diidentifikasi sebagai sikap psikologis yang memungkinkan karyawan untuk mengenali tujuan dan cita-cita dari organisasi. Komitmen organisasi akan tercapai jika adanya keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga. Penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh&nbsp;<em>work-life balance&nbsp;</em>terhadap&nbsp;<em>organizational commitment </em>dimediasi&nbsp;<em>job satisfaction</em>. Analisis data menggunakan&nbsp;<em>Structural Equation Modelling&nbsp;</em>(SEM) SmartPLS dengan responden 108 karyawan salah satu Bank BUMN di Jakarta Pusat. Beberapa temuan dalam studi ini adalah&nbsp;<em>work-life balance&nbsp;</em>dapat mendorong terciptanya&nbsp;<em>job satisfaction </em>dan&nbsp;<em>organizational commitment</em>, dan dimediasi oleh&nbsp;<em>job satisfaction</em>.&nbsp;<em>Organizational commitment&nbsp;</em>karyawan diidentifikasi sebagai sikap psikologis yang memungkinkan karyawan untuk mengenali tujuan dan cita-cita dari suatu organisasi.</p> <p>&nbsp;</p> <div><em><span lang="EN">Employee organizational commitment is identified as a psychological attitude that allows employees to recognize the goals and ideals of the organization. Organizational commitment will be achieved if there is a balance between work and family. This study is to identify the effect of work-life balance on organizational commitment mediated by job satisfaction. Data analysis used SmartPLS Structural Equation Modeling (SEM) with 108 respondents as employees of one of the state-owned banks in Central Jakarta. Some of the findings in this study are that work-life balance can encourage the creation of job satisfaction and organizational commitment, and is mediated by job satisfaction. Employee organizational commitment is identified as a psychological attitude that allows employees to recognize the goals and ideals of an organization.</span></em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28578 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Generasi Z di Jakarta Barat 2024-01-31T13:04:43+00:00 Tharyn S tharyn.115190260@stu.untar.ac.id Joyce Angelique Turangan joycet@fe.untar.ac.id <p>Sumber daya manusia merupakan pengetahuan yang mengatur hubungan yang dimiliki oleh tenaga kerja, dengan adanya sumber daya manusia yang baik maka akan tercipta perusahaan yang baik. Kepuasan kerja merupakan salah satu hal yang penting, hal tersebut dikarenakan kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap perilaku seseorang di tempat kerjanya, yang dimana semakin tingginya tingkat kepuasan kerja yang dimiliki seseorang maka perilaku seseorang tersebut juga akan semakin baik dan sesuai dengan harapan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan transformasional, kompensasi, dan motivasi terhadap kepuasan kerja generasi Z di Jakarta Barat. Populasi dari penelitian ini adalah generasi Z yang sedang bekerja, dalam usia 18 hingga 27 tahun , dan berdomisili di Jakarta Barat. Total sampel yang diperoleh berjumlah 100 sampel yang diperoleh dengan metode&nbsp;<em>non-probability </em>sampling. Data yang telah diperoleh, diolah dengan pemodelan persamaan struktural yang dibantu oleh program SmartPLS 4.0.9.4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp;<span lang="EN-US">kepuasan kerja, sedangkan motivasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan </span>kerja.</p> <p>&nbsp;</p> <div><em>Human resource are the knowledge that regulates the relationships that are owned by the workforce, with the existence of good human company resourcecs, good things will be created. Job satisfaction is an important thing, this is because job satisfaction has an influence on a person’s behavior at work, where the higher the level of job satisfaction a person has, the person’s behavior will also be better and in line with company expectations. The purpose of this study was to determine the effect of transformational leadership, compensation, and motivation on the job satisfaction of generation Z in West Jakarta. The population of this study is generation Z who are working, aged 18 to 27 years, and domiciled in West Jakarta. The total samples obtained amounted to 100 samples obtained by non-probability samping method. The data that has been obtained is processed by structural equation modelling assisted by the SmartPLS 4.0.9.4 program. The results of this study indicate that transformational leadership and compensation have a positive and significant effect on job satisfaction, while motivation has no effect on job satisfaction.</em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28583 Pengaruh E-Trust, E-Customer Satisfaction, dan Perceived Value terhadap Pelanggan Toko Online E-Commerce di DKI Jakarta 2024-01-31T15:32:10+00:00 Vivi Junnawan vivi.115190106@stu.untar.ac.id Frangky Slamet frangkys@fe.untar.ac.id <div><span lang="id">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>repurchase intention </em>pelanggan di toko <em>online E-commerce </em>di DKI Jakarta dengan menggunakan <em>E-trust, E-customer satisfaction </em>dan <em>perceived value </em>sebagai prediktor. Penelitianini menggunakan <em>non-probability sampling </em>dengan metode <em>purposive sampling</em>, sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 100 responden pelanggan toko online di DKI Jakarta yang dipilih secara umum dengan cara menyebarkan kuesioner melalui online google form. Hasil data diolah menggunakan metode PLS-SEM atau <em>Partial Least Square Structural Equation Modeling </em>dengan <em>software Smart</em>PLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>E-trust, E- customer satisfaction, </em>dan <em>perceived value </em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap <em>repurchase intention </em>pelanggan di toko <em>online E-commerce </em>DKI Jakarta.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="id">This study aims to analyze the influence of customer repurchase intentions at E-commerce online stores in DKI Jakarta by using E-trust, E-customer satisfaction and perceived value as predictors. This study used non-probabilitysampling with a purposive sampling method. The research sample used was 100 online store customer respondents in DKI Jakarta who were generally selected by distributing questionnaires through the online Google form. The resulting data is processed using the PLS-SEM method or Partial Least Square Structural Equation Modeling with SmartPLS version</span> <span lang="id">4.0 software. The results of the study show that E-trust, E-customer satisfaction, and perceived value have a positive and significant influence on customer repurchase intentions at DKI Jakarta E-commerce online stores.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28584 Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Keterampilan Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM di Daerah Cibubur 2024-01-31T15:36:50+00:00 William Adenito Lauw william.115190295@stu.untar.ac.id Oey Hannes Widjaja hannesw@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris 1) orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. 2) keterampilan kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan PLS-Sem kepada 77 responden yaitu pemilik UMKM di daerah cibubur melalui kuesioner. Hasil dari pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM dan keterampilan kewirausahaan juga berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM. Dan yang paling berdampak dan berpengaruh terhadap kinerja UMKM adalah keterampilan kewirausahan.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><span class="rynqvb"><em><span lang="EN-US">The purpose of this study is to test empirically 1) entrepreneurial orientation on the performance of SMEs.&nbsp;</span></em></span><em><span lang="EN-US"><span class="rynqvb">2) entrepreneurial skills on the performance of SMEs.</span> <span class="rynqvb">Testing the hypothesis in this study was carried out using PLS-Sem to 77 respondents, namely MSME owners in the Cibubur area through a questionnaire.</span> <span class="rynqvb">The results of testing this hypothesis indicate that entrepreneurial orientation has a significant effect on MSME performance and entrepreneurial skills also have a significant effect on MSME performance.</span> <span class="rynqvb">And what has the most impact and influence on the performance of MSMEs is entrepreneurship skills.</span></span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28585 Peran Efikasi Diri, Dukungan Sosial, dan Kreativitas dalam Mendorong Entrprenurial Intention di Kalangan Mahasiswa 2024-01-31T15:43:15+00:00 Ashiela Azhra Labyta ashiela.115190400@stu.untar.ac.id Kartika Nuringsih kartikan@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh efikasi diri, dukungan sosial, dan kreativitas terhadap <em>entrepreneurial intention </em>mahasiswa S1 Universitas Tarumanagara. </span><span lang="SV">Jumlah sample yang digunakan sebanyak 150 responden dengan menggunakan Teknik <em>non-probability sampling </em>dengan pendekatan <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan <em>Google Form</em> secara online. Analisa data dilakukan dengan menggunakan <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) dengan bantuan <em>software SmartPLS</em> 4.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dukungan sosial dan kreativitas memiliki pengaruh signifikan yang positif terhadap <em>entrepreneurial intention</em>, sedangkan efikasi diri tidak berpengaruh signifikan yang positif terhadap <em>entrepreneurial intention</em>.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">The aim of this study was to examine the influence of self-efficacy, social support, and creativity on entrepreneurial intention among undergraduate students at Tarumanagara University. A sample of 150 respondents was used, employing a non-probability sampling technique with a purposive sampling approach. This research adopted a quantitative design, and data were collected through an online Google Form. The data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with the assistance of SmartPLS 4.0 software. The findings of this study revealed that social support and&nbsp;</span></em><span lang="EN-US"><em>creativity had a significant positive impact on entrepreneurial intention, while self-efficacy did not show a significant positive influence on entrepreneurial intention.</em></span></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28586 Pengaruh Stress Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Jakarta 2024-01-31T15:46:47+00:00 Florence Liany Kurniawan florence.115190254@stu.untar.ac.id I Gede Adiputra gedea@fe.untar.ac.id <div><a name="_Hlk139535279"></a><span lang="EN-US">Sumber daya manusia di perusahaan merupakan aspek yang penting untuk membantu perusahaan mencapai tujuan perusahaan. Tanpa sumber daya manusia yang baik, tujuan perusahaan akan sulit tercapai. Untuk mencapai tujuan itu, perusahaan harus memperhatikan apakah stress kerja dan beban kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan bagaimana pengaruhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stress kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di perusahaan di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel <em>non-probability sampling.</em> Dengan formula <em>Lemeshow</em>, didapatkan hasil bahwa sampel penelitian ini berjumlah 97 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala <em>Likert </em>yang diolah dengan menggunakan <em>software SmartPLS</em> versi 4. Analisis data pada penelitian ini menggunakan <em>Structural Equation Modelling</em> (SEM). Hasil yang didapatkan setelah mengolah data dari kuesioner adalah stress kerja berpengaruh seccara negatif dan signifikan, beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><a name="_Hlk139535294"></a><em><span lang="EN-US">Human resources are one of the most important things for the company to help them reach their goals. Without them, it’s harder for companies to reach what they are aiming for. For that to happen, the company must pay attention to if work stress and workload each has effects on employee performance and how the effect could be. The purpose of this study is to know the effect of work stress and workload on employees in Jakarta. The population of this study is employees that work in Jakarta. This study applies non-probability sampling as the method. Calculated with Lemeshow formula, the sample of this study is around 97 respondents. Data collecting is done by questionnaire with Likert scale and calculated afterwards by SmartPLS software version 4. This study uses Structural Equation Modelling (SEM) as the method of data analysis. The result of this study shows that work stress has a negative and significant effect on employee performance. The same result applies on workload, which also has a negative and significant effect on employee performance.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28587 Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan 2024-01-31T15:52:30+00:00 Nabila Nursiska Yani nabila.115190417@stu.untar.ac.id Kurniati W. Andani kurniatia@fe.untar.ac.id <p>Masalah sumber daya manusia menjadi sorotan bagi perusahaan untuk tetap bertahan di era globalisasi maka perusahaan perlu memikirkan karyawan. khususnya mengenai kinerja karyawan karena dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu motivasi, disiplin dan kepuasan kerja merupakan faktor sentral dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT PLN Priok PGU (<em>Power Generation Unit</em>) di Jakarta Utara. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT PLN Priok PGU (<em>Power Generation Unit</em>) di Jakarta Utara Sebanyak 120 responden dengan teknik&nbsp;<em>purposive sampling</em>. Analisa data pada penelitian ini menggunakan&nbsp;<em>Partial Least Square Strutural Equation Modeling&nbsp;</em>(PLS-SEM) yang ada pada&nbsp;<em>Software SmartPLS&nbsp;</em>versi 4. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, disiplin tidak berpengaruh namun positif terhadap kinerja karyawan dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Disiplin tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan.&nbsp; Bagi perusahaan diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja karyawan karena memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja karyawan, untuk disiplin diharapkan lebih ditingkatkan lagi walaupun tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Bagi penelitian selanjutnya diharpakan dapat memperhatikan motivasi dan kepuasan kerja, serta sasaran dan variabel lebih diperluas.</p> <p>&nbsp;</p> <div><em>Human resource issues are in the spotlight for companies to survive in the era of globalization, so companies need to think about employees. especially regarding employee performance because it is influenced by three main factors namely motivation, discipline and job satisfaction which are central factors in an organization. The purpose of this study was to determine the effect of motivation, discipline and job satisfaction on employee performance at PT PLN Priok PGU (Power Generation Unit) in North Jakarta. The research design used is quantitative using survey methods. The population in this study were employees of PT PLN Priok PGU (Power Generation Unit) in North Jakarta. There were 120 respondents using purposive sampling technique. Data analysis in this study used Partial Least Square Strutural Equation Modeling (PLS-SEM) in SmartPLS version 4. The results showed that motivation had a positive effect on employee performance, discipline had no but positive effect on employee performance and job satisfaction had a positive effect on employee performance. Motivation and job satisfaction affect employee performance. Discipline has no effect on employee performance. For companies, it is hoped that it can increase employee motivation and job satisfaction because it has a large influence on employee performance, for discipline it is hoped that it will be further enhanced even though it does not affect employee performance. For further research, it is expected to pay attention to motivation and job satisfaction, as well as more expanded objectives and variables.</em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28588 Pengaruh Mediasi Kompetensi Jaringan dalam Kompetensi Kewirausahaan pada Pertumbuhan UMKM di Tanah Abang 2024-01-31T15:56:18+00:00 Ronaldo Ronaldo ronaldo.115190197@stu.untar.ac.id Louis Utama louisu@fe.untar.ac.id <div><span lang="id">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris “Pengaruh mediasi kompetensi jaringan dalam kompetensi kewirausahaan pada pertumbuhan UMKM busana muslim di Tanah Abang Jakarta Pusat”. Responden dalam penelitian berjumlah 120 orang yang merupakan UMKM busana muslim di Tanah Abang Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan teknik <em>non-probability sampling </em>dengan <em>purposive sampling </em>dalam memperoleh data primer untuk diolah dengan <em>software Smart Partial Least Square</em> (<em>SmartPLS</em>). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalahkompetensi strategis, etis dan jaringan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan UMKM, Dan kompetensi jaringan memediasi kompetensistrategis dan etis terhadap pertumbuhan UMKM.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="id">This research was conducted with the aim of empirically testing "The effect of network competence mediation on entrepreneurial competence in the growth of Muslim fashion MSMEs in Tanah Abang, Central Jakarta." The respondents in this study were 120 individuals who owned Muslim fashion MSMEs in Tanah Abang, Central Jakarta. This study used a non-probability sampling technique with purposive sampling to obtain primary data,which were processed using SmartPLS software. </span><span lang="EN-US">T</span><span lang="id">his study indicate that strategic competence, ethical competence, and network competence have a significant influence on MSMEs' growth. Additionally, network competence mediates the effects of strategic competence and ethical competence onMSMEs' growth</span><span lang="EN-US">.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28589 Mediasi Brand Trust: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Krispy Kreme di Jakarta 2024-01-31T16:02:16+00:00 Steven Lee steven.115200187@stu.untar.ac.id Galuh Mira Saktiana galuhs@fe.untar.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengar<span lang="EN-US">uh <em>Brand Communication, Perceived Quality, Brand Image, dan Perceived Social Media&nbsp;</em>te</span>rhadap&nbsp;<em>Brand loyalty </em>pada&nbsp;<span lang="EN-US">Krispy Kreme&nbsp;</span>di Jakarta dengan&nbsp;<em>Brand Trust </em>Sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan desain&nbsp;<em>cross-sectional</em>. Penelitian ini memilih populasi dari masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan tentang produk Krispy Kreme. Dengan melakukan survei menggunakan&nbsp;<em>Google Form </em>yang disebar melalui media sosial, kami berhasil mengumpulkan data dari 200 responden yang pernah mencoba Krispy Kreme di Jakarta. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang berisi profil responden dan pernyataan pada tiap variabel penelitian. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode&nbsp;<em>non-probability sampling&nbsp;</em>dengan metode&nbsp;<em>convenience sampling</em>. Hasil analisis data diolah menggunakan&nbsp;<em>software SmartPLS&nbsp;</em>4.0. Hasil penelitian ini adalah (1)&nbsp;<em>brand communication, perceived quality, brand image, dan perceived social media&nbsp;</em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp;<em>brand trust </em>(2)&nbsp;<em>brand communication, brand image, dan perceived social media&nbsp;</em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp;<em>brand loyalty </em>(3)&nbsp;<em>perceived quality </em>tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap&nbsp;<em>brand loyalty </em>(4)&nbsp;<em>brand trust&nbsp;</em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp;<em>brand loyalty </em>(5)&nbsp;<em>brand communication, brand image, dan perceived social media&nbsp;</em>memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp;<em>brand loyalty </em>dengan&nbsp;<em>brand trust&nbsp;</em>sebagai mediator (6)&nbsp;<em>perceived quality </em>tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap&nbsp;<em>brand loyalty </em>dengan&nbsp;<em>brand trust </em>sebagai mediator.</p> <p>&nbsp;</p> <div><em>The purpose of this research is to determine the influence of Brand Communication, Perceived Quality, Brand Image, and Perceived Social Media on Brand loyalty at Krispy Kreme in Jakarta with Brand Trust as Mediating Variable. This research uses a descriptive quantitative approach with a cross-sectional design. This research selected a population from Indonesian society who had knowledge about Krispy Kreme products. By conducting a survey using Google Form which was distributed via social media, we managed to collect data from 200 respondents who had tried Krispy Kreme in Jakarta. This research instrument is a questionnaire containing respondent profiles and statements on each research variable. The sample selection technique in this research was carried out using a non-probability sampling method with a convenience sampling method. The results of data analysis were processed using SmartPLS 4.0 software. This study showed that (1) brand communication, perceived quality, brand image, and perceived social media have positive and significant influence on brand trust (2) brand communication, brand image, and perceived social media have a positive and significant influence on brand loyalty (3) perceived quality does not have a positive and insignificant influence on brand loyalty (4) brand trust has a positive and significant influence on brand loyalty (5) brand communication, brand image, and perceived social media have a positive and significant influence on brand loyalty with the brand trust as a mediator (6) perceived quality does not have a positive and insignificant influence on brand loyalty with brand trust as a mediator.</em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28590 Pengaruh Pengalaman Merek Indrawi terhadap Retensi Pelanggan pada Sociolla Jakarta 2024-01-31T16:07:06+00:00 Tifany Yesika tifany.115190020@stu.untar.ac.id Cokki Cokki cokki@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pengalaman merek indrawi terhadap retensi pelanggan di <em>Sociolla</em> Jakarta, dengan mempertimbangkan komitmen afektif dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif melalui survei menggunakan kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 200 pelanggan <em>Sociolla</em> di Jakarta, dipilih melalui teknik pengambilan sampel secara mudah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman merek indrawi berperan signifikan dalam meningkatkan retensi pelanggan melalui komitmen afektif dan kepuasan pelanggan.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">This study aims to assess the effect of sensory brand experience on customer retention at Sociolla Jakarta, considering affective commitment and customer satisfaction as mediating variables. The research methodology employed is quantitative descriptive through a survey using questionnaires. The research sample comprises 200 Sociolla customers in Jakarta, selected through convenience sampling. The findings indicate that sensory brand experience significantly plays a role in enhancing customer retention through affective commitment and customer satisfaction.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28593 Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Bisnis Pelaku Usaha yang Menggunakan Jasa Impor ocistok.com 2024-01-31T16:27:31+00:00 Alberd Gunawan Gandawijaya alberd.115200057@stu.untar.ac.id Lydiawati Soelaiman lydiawatis@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Di tengah persaingan global yang semakin intens, pelaku usaha harus merancang strategi yang inovatif, proaktif, dan berani mengambil risiko untuk mempertahankan eksistensi di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang diberikan oleh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan bisnis pada pelaku usaha yang menggunakan jasa impor OCISTOK.COM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan metode <em>non-probability sampling</em> dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara <em>online</em>, yakni <em>google form</em>. Berdasarkan 60 data yang diperoleh, data kemudian diolah menggunakan <em>SmartPLS</em> 3. Hasil analisa <em>outer loadings</em>diketahui bahwa seluruh variabel memenuhi kriteria uji validitas dan reliabilitas. Melalui uji <em>inner model</em> dapat diketahui bahwa orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan bisnis pada pelaku usaha yang memanfaatkan jasa impor OCISTOK.COM.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">In the midst of increasingly intense global competition, business actors must design innovative, proactive strategies and dare to take risks to maintain their existence in the market. This research aims to determine whether there is an influence that entrepreneurial orientation, market orientation, and competitive advantage have on business success for business actors who use OCISTOK.COM import services. This research uses a quantitative approach with sample selection using a non-probability sampling method with purposive sampling technique. Data was collected by distributing questionnaires online, namely google form. Based on the </span></em><span lang="EN-US">60<em> data collected, the data was then processed using SmartPLS </em>3<em><sup>rd</sup>. The results of the outer loadings analysis show that all variables are declared to meet the validity and reliability test criteria. Through the inner model test, it can be seen that entrepreneurial orientation, market orientation and competitive advantage have a positive and significant influence on business success for business actors who utilize OCISTOK.COM import services.</em></span></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28594 Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Kebijakan Dividen pada IDX30 Periode 2018-2022 2024-01-31T16:31:56+00:00 Alexander Alexander alexander.115200290@stu.untar.ac.id Yusbardini Yusbardini yusbardini@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Masalah resesi ekonomi menjadi ancaman bagi perekonomian global. Resesi ditandai dengan penurunan ekonomi global yang berdampak pada ekonomi nasional di seluruh dunia. Semua aktivitas ekonomi menurun selama resesi, tidak terkecuali harga saham dan dividen. Dalam literatur keuangan, kebijakan dividen telah lama menjadi topik yang diperdebatkan. Kebijakan dividen di masa depan sangat dipengaruhi oleh kondisi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan, khususnya kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan dividend payout ratio. Penelitian ini meneliti 13 perusahaan non-bank yang tergabung dalam IDX30 selama periode 2018-2022 dan menggunakan <em>EViews</em> sebagai alat analisis. Penulis menemukan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap kebijakan dividen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan dan hubungan negatif terhadap kebijakan dividen.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">The problem of economic recession poses a threat to the global economy. A recession is typified by a declining global economy that impacts national economies all around the world. All economic activity declines during a recession, and stock prices and dividends are no exception. In financial literature, dividend policy has long been a contentious topic. Future dividend policy is heavily influenced by market conditions and features. This research aims to test the effects of ownership structure, especially institutional ownership and managerial ownership on dividend policy which is measured by dividend payout ratio. The study examined 13 non-bank companies of IDX30 during the 2018-2022 period and use EViews as analytical tools. Authors find that institutional ownership has a significant and positive effect on dividend policy and managerial ownership does not have a significant and negative effect on dividend policy.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28595 Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Financial Distress FMCG Non-Cyclicals di BEI 2024-01-31T16:36:21+00:00 Janice Joshlyn janice.115200201@stu.untar.ac.id Indra Widjaja indraw@pps.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dampak profitabilitas, <em>leverage</em> dan likuiditas terhadap kecenderungan terjadinya krisis keuangan yaitu <em>financial distress</em>. Fokus kajian ini terarah pada perusahaan sektor <em>consumer goods</em> (FMCG) <em>non-cyclicals</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Sampel penelitian terdiri dari 200 data yang diperoleh dari 50 perusahaan, dipilih melalui metode <em>purposive sampling</em>. Proses analisis data menggunakan regresi linear berganda dan diolah dengan menggunakan <em>EViews 12</em>. Hasil temuan penelitian mengindikasikan bahwa <em>leverage</em> berpengaruh negatif terhadap potensi terjadinya <em>financial distress</em>, sedangkan profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif terhadap <em>financial distress</em>. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi <em>financial distress</em> pada perusahaan <em>consumer goods </em>(FMCG) <em>non-cyclicals</em>, dengan implikasi bahwa manajemen risiko keuangan dapat ditingkatkan melalui pemahaman lebih baik terhadap dinamika faktor-faktor tersebut. Temuan ini dapat membantu manajemen perusahaan dan pihak regulator dalam mengambil keputusan yang lebih informasional dan berbasis risiko terkait manajemen keuangan.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">This research was conducted with the aim of exploring the impact of profitability, leverage, and liquidity on the tendency of financial crises, specifically financial distress. The focus of this study was directed towards non-cyclical consumer goods (FMCG) companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2019-2022. The research sample consisted of 200 data points obtained from 50 companies, selected through a purposive sampling method. The data analysis process used multiple linear regression and was processed using EViews 12. The research findings indicate that leverage has a negative impact on the potential occurrence of financial distress, while profitability and liquidity have a positive impact on financial distress. This research contributes to a deeper understanding of the factors influencing the financial distress condition in non-cyclical consumer goods (FMCG) companies, with implications suggesting that financial risk management can be enhanced through a better understanding of these factors. These findings can assist company management and regulatory authorities in making more informed and risk-based decisions related to financial management.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28596 Faktor-Faktor Konsumen dalam Mencapai Keputusan Pembelian Produk Brand Fashion X di Jakarta 2024-01-31T16:40:20+00:00 Joshua Steven Angriawan joshua.115200046@stu.untar.ac.id Rodhiah Rodhiah rodhiah@fe.untar.ac.id <p>Seiring dengan berkembangnya zaman, persaingan di industri&nbsp;<em>fashion&nbsp;</em>menjadi lebih ketat dan luas. Kemajuan teknologi juga turut berkontribusi pada perkembangan yang saat ini sedang terjadi di industri&nbsp;<em>fashion&nbsp;</em>dengan dimungkinkannya pemasaran melalui media sosial. Namun, hal tersebut juga perlu diiringi dengan penataan toko yang baik untuk memberikan suasana toko yang nyaman dan penawaran harga yang menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh&nbsp;<em>social media marketing, store environment</em>, dan&nbsp;<em>sales promotion&nbsp;</em>terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen&nbsp;<em>brand fashion&nbsp;</em>x yang berada di Jakarta. Dalam penelitian ini telah dikumpulkan sebanyak 110 responden yang merupakan konsumen produk&nbsp;<em>brand fashion&nbsp;</em>x di Jakarta. Metode pengumpulan sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah&nbsp;<em>non-probability sampling&nbsp;</em>dengan teknik pendekatan&nbsp;<em>convenience sampling. </em>Responden mengisi kuesioner secara&nbsp;<em>online&nbsp;</em>yang disebarkan melalui&nbsp;<em>Google Form</em>. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik SEM (<em>Structural Equation Modeling</em>) dengan menggunakan&nbsp;<em>software SmartPLS&nbsp;</em>versi 4. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa&nbsp;<em>social media marketing, store environment, </em>dan&nbsp;<em>sales promotion&nbsp;</em>berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pada penelitian ini dapat digunakan oleh&nbsp;<em>brand fashion&nbsp;</em>x sebagai masukan untuk mempertahankan dan meningkatkan&nbsp;<em>social media marketing, store environment,&nbsp;</em>dan&nbsp;<em>sales promotion&nbsp;</em>yang ada karena dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> <div><em>As time goes by, competition in the fashion industry becomes tighter and wider. Technological advances have also contributed to developments currently occurring in the fashion industry with the possibility of marketing via social media. However, this also needs to be accompanied by a good store layout to provide a comfortable store atmosphere and price offers that attract consumers' attention. The purpose of this research is to determine the influence of social media marketing, store environment, and sales promotion on purchasing decisions. The population in this research is all consumers of fashion brand x in Jakarta. In this research, 110 respondents were collected who were consumers of fashion brand x products in Jakarta. The sample collection method used in this research is non-probability sampling with a convenience sampling approach technique. Respondents filled out a questionnaire online which was distributed via Google Form. The data in this study were analysed using the SEM (Structural Equation Modelling) technique using SmartPLS version 4 software. The results of this study show that social media marketing, store environment, and sales promotion have a positive and significant influence on purchasing decisions. The results of this research can be used by fashion brand x as input to maintain and improve existing social media marketing, store environment and sales promotions because they can influence consumers' decisions to make purchases.</em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28597 Keberhasilan UMKM di Jakarta dengan Peran Perilaku Kewirausahaan Proaktif sebagai Variabel Moderasi 2024-01-31T16:44:45+00:00 Marvella Wijaya marvella.115200032@stu.untar.ac.id Andi Wijaya andiw@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh bukti secara empiris mengenai adanya pengaruh antara variabel independen jaringan sosial terhadap variabel dependen keberhasilan UMKM, dengan mempertimbangkan peran variabel moderasi dalam penelitian ini, yaitu perilaku kewirausahaan proaktif, yang memoderasi hubungan antara jaringan sosial dan keberhasilan UMKM. Data sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 120 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang diolah menggunakan perangkat lunak <em>SmartPLS 4.0</em>. Berdasarkan hasil uji <em>p-values</em>, Jaringan Sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan UMKM, dan terdapat bukti statistik yang signifikan bahwa Perilaku Kewirausahaan Proaktif memiliki efek moderasi negatif yang signifikan pada hubungan antara Jaringan Sosial dan Keberhasilan UMKM.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">This study aims to obtain empirical evidence regarding the influence of social networks as the independent variable on the success of MSMEs as the dependent variable, considering the role of the variable of proactive entrepreneurial behavior, which moderates the relationship between social networks and MSME success in this research. The sample data in the study consisted of 120 respondents. This research adopts a descriptive quantitative approach processed using SmartPLS software version 4.0. Based on the results of p-values testing, Social Networks have a positive and significant impact on MSME success, and there is significant statistical evidence that Proactive Entrepreneurial Behavior has a significant negative moderating effect on the relationship between Social Networks and MSME success.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28598 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada Perusahaan Creative Agency di Jakarta Barat 2024-01-31T16:49:02+00:00 Mishell Anita Wijaya mishell.115200091@stu.untar.ac.id Yanuar Yanuar yanuar@fe.untar.ac.id <p style="font-weight: 400;">Sumber daya manusia merupakan aspek krusial yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena kinerja perusahaan yang optimal bergantung pada prestasi karyawan. Faktor-faktor seperti lingkungan kerja, kompensasi, karakter individu, dan motivasi diidentifikasi sebagai elemen penting yang mempengaruhi kinerja karyawan dalam konteks perusahaan. Lingkungan kerja yang positif, pemberian kompensasi yang sesuai, karakter individu yang baik, dan motivasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja karyawan, dan sebaliknya. Penelitian ini empiris menguji hubungan antara lingkungan kerja, kompensasi, dan karakter individu terhadap kinerja karyawan, dengan motivasi sebagai variabel mediasi di Perusahaan XYZ di Jakarta Barat, berdasarkan model konseptual <em>dual factor theory</em>. Karyawan Perusahaan XYZ di Jakarta Barat menjadi populasi penelitian, dengan 195 responden sebagai sampel. Metode kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui teknik <em>purposive sampling</em> dan distribusi kuesioner via <em>Google Form</em>. Hasil penelitian menggunakan <em>SmartPLS</em> menunjukkan bahwa lingkungan kerja, karakter individu, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara kompensasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Selain itu, lingkungan kerja, kompensasi, dan karakter individu juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, dan motivasi mampu memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan.</p> <p style="font-weight: 400;">&nbsp;</p> <div><em><span lang="EN-US">Human resources are a crucial aspect that companies must pay attention to because the optimal performance of a company depends on the achievements of its employees. Factors such as the work environment, compensation, individual characteristics, and motivation are identified as essential elements influencing employee performance in a corporate context. A positive work environment, appropriate compensation, good individual characteristics, and high motivation can enhance employee performance, and vice versa. This empirical research examines the relationship between the work environment, compensation, and individual characteristics on employee performance, with motivation as a mediating variable at Company XYZ in West Jakarta, based on the conceptual dual factor theory model. The employees of the Creative Agency in West Jakarta serve as the research population, with 195 respondents as the sample. A quantitative method is employed, utilizing purposive sampling techniques and distributing questionnaires via Google Form for data collection. The research results, analyzed using smartPLS, indicate that the work environment, individual characteristics, and motivation have a positive and significant impact on employee performance. Meanwhile, compensation does not have a significant influence on employee performance. Additionally, the work environment, compensation, and individual characteristics also positively and significantly affect work motivation, and motivation can mediate the influence of compensation on employee performance.</span></em></div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28600 Pengaruh Country of Origin Image dan Brand Image terhadap Purchase Intention Brand Toyota di Jabodetabek 2024-01-31T16:59:27+00:00 Sandy Immanuel sandy.115200237@stu.untar.ac.id Sanny Ekawati sannye@fe.untar.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini mengenai pengaruh faktor citra negara asal dan citra merek terhadap minat beli konsumen pada brand Toyota di Jabodetabek. Data diambil melalui media daring dalam bentuk kuesioner <em>google form</em> yang terdiri atas indikator variabel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dengan ukuran 150 responden di daerah Jabodetabek. Analisis data menggunakan <em>SmartPLS 4.0</em>. Analisis data SEM-PLS terbagi menjadi 2 (dua), yaitu outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>country of origin image </em>berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap<em> purchase intention </em>brand<em> Toyota </em>dan <em>brand image </em>berpengaruh positif signifikan terhadap <em>purchase intention</em> brand Toyota di Jabodetabek.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="EN-US">This research is about the influence of country of origin and brand image factors on consumer buying interest in the Toyota brand in Jabodetabek. Data was collected via online media in the form of a Google Form questionnaire consisting of research variable indicators. Sampling used a purposive sampling technique with a size of 150 respondents in the Jabodetabek area. Data analysis uses SmartPLS 4.0. SEM-PLS data analysis is divided into 2 (two), namely the outer model and the inner model. The research results show that country of origin image has a positive but not significant effect on Toyota brand purchase intention and brand image has a significant positive effect on Toyota brand purchase intention in Jabodetabek.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/28601 Peran Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Berwirausaha 2024-01-31T17:02:51+00:00 Hermawan Heriyanto hermawan.115200022@stu.untar.ac.id Mei Ie meii@fe.untar.ac.id <div><span lang="IN">Pertumbuhan penduduk yang cepat di Indonesia menghadirkan tantangan serius di era globalisasi dan industrialisasi, yang salah satunya adalah kurangnya lapangan kerja. Dalam menghadapi situasi ini, peran wirausaha menjadi krusial untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, terutama di Jakarta Pusat, menjadi fokus pembangunan ekonomi, memberikan dampak positif dengan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan daya saing. Namun, tantangan masih ada, terutama di sektor UMKM kuliner di Jakarta Pusat, yang menghadapi kesulitan dalam menjalankan usaha karena kurangnya persiapan, pendidikan, dan pengalaman manajemen. Oleh karena itu, pengetahuan dan sifat kewirausahaan menjadi kunci sukses bagi para pemilik usaha di Jakarta Pusat untuk mengatasi hambatan dan membangun usaha yang berkelanjutan di lingkungan yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh </span><span lang="IN">pengetahuan kewirausahaan, motivasi wirausaha, dan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan berwirausaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>non probability sampling</em> dengan pendekatan <em>purposive sampling</em>. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert melalui <em>google form</em> kepada 80 pemilik UMKM kuliner di Jakarta Pusat. Analisis data menggunakan metode <em>PLS-SEM </em>yang diolah menggunakan <em>software SmartPLS</em> versi 3. Penelitian ini menunjjukkan bawha pengetahuan kewirausahaan dan motivasi wirausaha berpengaruh secara positif signifikan terhadap keberhasilan berwirausaha UMKM kuliner Jakarta Pusat. Karakteristik kewirausahaan berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan berwirausaha UMKM kuliner Jakarta.</span></div> <div>&nbsp;</div> <div> <div><em><span lang="IN">Rapid population growth in Indonesia presents serious challenges in the era of globalization and industrialization, one of which is the lack of jobs. In the face of this situation, the role of entrepreneurs becomes crucial to stimulate economic growth. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia, especially in Central Jakarta, are the focus of economic development, providing a positive impact by absorbing labor and increasing competitiveness. However, challenges still exist, especially in the culinary MSME sector in Central Jakarta, which faces difficulties in running a business due to lack of preparation, education, and management experience. Therefore, knowledge and entrepreneurial nature are the key to success for business owners in Central Jakarta to overcome obstacles and build sustainable businesses in a competitive environment. This study aims to determine the effect of entrepreneurial knowledge, entrepreneurial motivation, and entrepreneurial characteristics on the success of entrepreneurship. Sampling technique using non probability sampling method with purposive sampling approach. Data collection using likert scale questionnaire through google form to 80 culinary MSME owners in Central Jakarta. Data analysis using PLS - SEM method processed using SmartPLS software version 3. This research shows that entrepreneurial knowledge and entrepreneurial motivation have a significant positive effect on the success of culinary MSME entrepreneurship in Central Jakarta. Entrepreneurship characteristics have a positive but insignificant effect on the success of culinary Jakarta MSME entrepreneurship</span><span lang="IN">.</span></em></div> </div> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan