Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan, dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor terhadap Keberhasilan UMKM Kuliner

Isi Artikel Utama

Bradley Francis Gozali
Oey Hannes Widjaja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan, dan Dukungan Sosial terhadap Keberhasilan Usaha UMKM kuliner di Jakarta Barat. Sampel penelitian terdiri dari 100 pemilik/pengelola UMKM kuliner yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan offline, lalu diolah dengan SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan Inovasi Produk dan Dukungan Sosial berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha, sedangkan Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan.


This study aims to analyze the influence of Product Innovation, Entrepreneurial Orientation, and Social Support on the Success of Culinary MSMEs in West Jakarta. The research sample consisted of 100 culinary MSME owners/managers selected by purposive sampling. Data were collected through online and offline questionnaires, then processed with SmartPLS 4.0. The results show that Product Innovation and Social Support have a significant effect on Business Success, while Entrepreneurial Orientation has no significant effect.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Bradley Francis Gozali, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Referensi

Afandi, A., & Mahanani, E. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan, teknologi informasi dan karakteristik kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ikraith-Ekonomika, 5(3), 88-97. https://doi.org/10.37817/ikraith- ekonomika.v5i3.2444

Aris. (2023, June 27). Teori Difusi Inovasi: Pengertian, Jenis, Elemen, Tahapan. Gramedia Literasi. https://www.gramedia.com/literasi/teori-difusi-inovasi/

Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2019). Membangun keunggulan bersaing melalui inovasi produk, inovasi proses, inovasi marketing dan inovasi organisasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 8-18. https://doi.org/10.37058/jem.v4i1.689

Budiman, O. N., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh dukungan sosial, basis pengetahuan dan orientasi pribadi terhadap keberhasilan wanita wirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 426-434. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11889

Danny, F. G., & Utama, L. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan kapasitas inovasi terhadap kesuksesan proyek pada bidang fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 690-699. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9581

Darmawan, D. (2023). Model Peran Wirausaha Dan Dukungan Sosial Untuk Membentuk Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Hukum Dan Sosial. Arbitrase: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 586-593. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.516

Hoque, A. S. (2018). The effect of entrepreneurial orientation on Bangladeshi SME performance: Role of organizational culture. International Journal of Data and Network Science, 1-14. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2018.7.001

House, J. S. (1981). Work stress and social support. Addison Wesley Publishing Company.

Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (1996). Clarifying the entrepreneurial orientation construct and linking it to performance. The Academy of Management Review, 21(1), 135-172. https://doi.org/10.2307/258632

Mashita, N. C., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Inovasi produk Kue dalam mempertahankan siklus hidup pada perusahaan Amanda brownies. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 138. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.11579

Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313

Setiawan, J., & Soelaiman, L. (2022). Pengaruh faktor psikologis dan keterampilan terhadap keberhasilan wirausaha wanita. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 85-94. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.15974

Sinurat, E. S., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 2230-2239.

Yani, A., Suparwata, D. O., & Hamka. (2023). Product and service innovation strategies to expand MSME markets. Journal of Contemporary Administration and Management, 1(3), 163-169. https://doi.org/10.61100/adman.v1i3.67