Pengaruh Pembelajaran Organisasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM Kuliner

Main Article Content

Scelin Karolin R. Sowang
Nur Hidayah

Abstract

Pada era globalisasi, persaingan antar pelaku usaha khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak dapat dihindari. UMKM harus mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat meningkatkan kinerja bisnis mereka agar dapat beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah. Peningkatan kinerja UMKM diperkirakan akan secara signifikan meningkatkan perekonomian bangsa secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran organisasi dan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM kuliner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen atau kausal. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 80 responden pemilik UMKM kuliner di Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode pengambilan sampel tak bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner berskala likert,  diolah menggunakan software Smart Partial Least Square (PLS) versi 3. Hasil penelitian ini yaitu, pembelajaran organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM kuliner, dan Orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM kuliner. Penulis menyarankan agar pelaku UMKM kuliner di Jakarta Barat untuk terus belajar untuk bisa lebih menghadapi dan mempertahankan usaha dari persaingan yang terus berkembang dan menerapkan inovasi, memiliki perilaku yang lebih proaktif dan berani dalam mengambil resiko untuk dipertahankan agar kinerja UMKM kuliner di Jakarta Barat dapat lebih baik serta kinerja usahanya lebih meningkat.
 

In the era of globalization, competition between business actors, especially micro, small and medium enterprises (MSMEs) is unavoidable. MSMEs must identify several factors that can improve their business performance in order to adapt to an ever-changing environment. Improved performance of MSMEs is expected to significantly improve the nation's economy as a whole. The purpose of this study was to find out whether organizational learning and entrepreneurial orientation have an influence on the performance of culinary MSMEs. The method used in this research is quantitative research, with the research design used in this research is experimental or causal research. The number of samples used in this study were 80 respondents from culinary MSME owners in West Jakarta. The sampling technique used was non-probability sampling with purposive sampling. Data collection was carried out using a Likert scale questionnaire, processed using Smart Partial Least Square (PLS) software version 3. The results of this study are organizational learning that has a positive and significant influence on the performance of culinary MSMEs, and entrepreneurial orientation has a positive and significant influence on performance. Culinary SMEs. The author suggests that culinary MSMEs in West Jakarta continue to learn in order to be able to better face and defend their business against ever-evolving competition and apply innovation, have a more proactive and courageous behavior in taking risks to be maintained so that the performance of culinary MSMEs in West Jakarta can be better and increased business performance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Scelin Karolin R. Sowang, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aritonang R. L. R. (2007). Riset Pemasaran Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Barney, J., & Clark, D. (2007). Resource-Based Theory Creating and Sustaining Competitive Advantages. Journal Of Public Affairs, 8(4), 316. doi:https://doi.org/10.1002/pa.303

Cho, Y. H., & Lee, J.-H. (2018). Entrepreneurial orientation,entrepreneurial education and performance. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurshi, 12(2), 124-134. doi:http://dx.doi.org/10.1108/APJIE-05-2018-0028

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, washington DC, Melbourne: Sage. doi:http://dx.doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1

Hendrawan, A. & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Dimensi Orientasi Kewirausahaan dan Jaringan Usaha terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 577-586. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9569

Jain, A. K., & Moreno, A. (2015). Organizational learning, knowledge management practices and firm’s performance An empirical study of a heavy engineering firm in India. The Learning Organization, 22(1), 14-39. doi:https://doi.org/10.1108/TLO-05-2013-0024

Junel, J. A., Destiani, F., A. S., & Nugraha, D. (2022). Persepsi Wirausahawan Terhadap Perkembangan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(5), 1752 - 1757. doi:10.35931/aq.v16i5.1161

Putri, B. M., Muhar, A. M., & Miraza, Z. (2022). Resource-based view strategy as a determinant of business performance moderated by market orientation in MSMEs culinary sector in Medan city. Jurnal Manajemen & Bisnis, 21(1), 48-60. doi:https://doi.org/10.24123/jmb.v21i1.570

Rafiki, A., Putra, N. M., Rossanty, Y., & Sari, P. B. (2021). Organizational learning of entrepreneurship orientation and personal values on the growth of Indonesian SMEs. Jurnal Manajemen Kebijakan Sains, 2053- 4620. http://dx.doi.org/10.1108/JSTPM-03-2020-0059

Ranto, D. W. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm Bidang Kuliner di Yogyakarta. 3(2).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sondra, T. C. & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi terhadap Kinerja Usaha UMKM Bidang Konveksi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 500-508. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11897

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Utama, L. & Hartono, M. V. A. (2018). Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba terhadap Kinerja Penerima Waralaba dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai Mediasi. Conference on Management and Behavioral Studies, 97-107.

Wahyuni, N. M., & Sara, I. M. (2020). The effect of entrepreneurial orientation variables on business performance in the SME industry context. Journal of Workplace Learning, 32(1), 35-62. doi:https://doi.org/10.1108/JWL-03-2019-0033

Wardi, Y., Susanto, P., & Abdullah, N. L. (2017). Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Usaha Kecil dan. Jurnal Manjemen Teknologi Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi , 16(1), 46-61. doi:http://dx.doi.org/10.12695/jmt.2017.16.1.4

Wencang, Z., Huajing, H., & Xuli, S. (2015). Does Organizational Learning Lead to Higher Firm Performance? An Investigation of Chinese Listing Companies. The Learning Organization, 22(5), 271-288. doi:https://doi.org/10.1108/TLO-10-2012-0061