Pengaruh Reward, Punishment dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT. Air Emas

Main Article Content

Clareivan Forbeshu
Edalmen Edalmen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari reward, punishment, dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dari PT. Air Emas. Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling untuk menentukan 100 orang karyawan yang dijadikan responden. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan metode pengambilan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner dengan skala ordinal secara langsung. Program yang digunakan untuk mengelola data yang telah diterima adalah SmartPLS 4 dan metode yang digunakan untuk mengelola data adalah partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah reward dan punishment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kepemimpinan berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.


 


This research aims to find out the effect of reward, punishment, and leadership on PT. Air Emas Employee Performance. This research uses probability sampling with simple random sampling as the method of choice to obtain 100 employees that will be used as respondents. The method that is used is quantitative research method and the method for data collection is distributing questionnaires with ordinal scale directly. The program that is used to process the data that have been obtained is Smart PLS 4 and the method that is used to process the data is partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). This research shows that reward and punishment have positive and significant effects on employee performance, meanwhile leadership has positive and insignificant effects on employee performance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Clareivan Forbeshu, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Edalmen Edalmen, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Apriyanti, Renita, Bahrun, Khairul, dan Finthariasari, Meilaty. 2020. Pengaruh Kepemimpinan, Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. K3/SIL Ketahun, Bengkulu Utara. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS) Vol. 1 No. 2, Juli 2020.

Astuti, Winda Sri, Sjahruddin, Herman, dan Purnomo, Susenohadi. 2018. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Organisasi Manajemen, Issue 1, Agustus 2018.

Dymastara, Eko Septian dan Onsardi. 2020. Analisis Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan PT. Sandabi Indah Lestari Bengkulu Utara. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), Vol. 1, No. 2, Juli 2020.

Hasibuan, Siti Maisarah, dan Bahri, Syaiful. 2018. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Maneggio : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol. 1 No.1, September 2018, 71-80.

Indah, Putu Panca Adi Pratiwi, Rahmawati, Putu Indah, dan Udiksha, Nyoman Dini Andiani. 2019. Pengaruh Sistem Penghargaan (Reward) terhadap Kinerja Trainee di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. JMPP Vol. 2, No.1, April 2019.

Ivancevich, Konopaske, dan Matteson, 2006. Organisasi dan Manajemen Perilaku dan Struktur Proses. Jakarta : Erlangga.

Jen, V. & Andani, K. W. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 509-517. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11898

Lindayani, Cincin. 2021. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian, Panga, dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, Vol.6 (2), Juli 2021.

Kusuma, Muslikhah dan Luturelean, Bachruddin Saleh. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Startup Entra Indonesia. Jurnal Sosiohumanitas, Vol XX, Edisi 2, Agustus 2018

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muizu, W.O.Z.N, Kalthum, Umi, dan Sule, Ernie T. 2019. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, Vol. 2 No.1, 2019.

Oktavia, S. & Yanuar, Y. 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(1), 206-213. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17193

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradnyani, G.A.A.I, Rahmawati, P.I, dan Suci, N.M. 2020. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 2 No. 1, Juli 2020.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ramadanita. Nuzila Ramadhan, Nugroho, Suswardji Edi, dan Suryaman, Dede Jajang. 2021. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan PT. Glenmore Agung Nusantara. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol. 6. No. 1, Januari 2021

Rivai, Veithzal. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Bandung : Rajagrafindo Persada

Robbins, S. P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Sopiah dan Sangadji E. M. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Edisi 1. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Suak, Raymond, Adolfina, Uhing, Yantje. 2017. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan Sutanraja Hotel Amurang. Jurnal EMBA Vol. 5 No.2 Juni 2017.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wirawan, Adhitomo & Afani, Ismi Nur. 2018. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja dan Motivasi Karyawan pada CV Media Kreasi Bangsa. Journal of Applied Business Administration Vol. 2, No. 2, September 2018, pg. 242-247.