Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur pada Sektor Dasar dan Kimia

Main Article Content

Krista Mahla Wivita
Hendra Wiyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah 1) profitabilitas dapat mempengaruhi nilai perusahaan 2) kebijakan dividen dapat mempengaruhi nilai perusahaan 3) leverage dapat mempengaruhi nilai perusahaan 4) serta apakah profitabilitas, kebijakan dividen dan leverage dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Observasi penelitian berjumlah 140 perusahaan dari sampel sebanyak 28 perusahaan manufaktur pada sektor dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2016-2020 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis regresi data panel dengan model random effect serta diolah dengan menggunakan software EViews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas, kebijakan dividen dan leverage secara bersama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan dividen dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.


 


The purpose of this study is to determine whether 1) profitability can affect firm value 2) dividend policy can affect firm value 3) leverage can affect firm value 4) and whether profitability, dividend policy and leverage can affect firm value. The research observations totaled 140 companies from a sample of 28 manufacturing companies in the basic and chemical sectors listed on the Indonesian stock exchange in 2016-2020 using purposive sampling technique. The method used in this study is a panel data regression analysis with a random effect model and processed using EViews 9 software. The results show that profitability has a significant positive effect on firm value, and profitability, dividend policy and leverage together have a positive effect. significant effect on firm value, while dividend and leverage policies have no significant effect on firm value.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Krista Mahla Wivita, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Hendra Wiyanto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Astuti, D. A. S. & Viriany. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 127-135.

Brigham, E. F. & Houston, J. F. (2014). Essentials of Fiancial Management. Third Edition. Cengage Learning.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irvandy & Setyawan, I. R. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 944-951.

Iswajuni, I., Manasikanan, A. & Soetedjo, S. (2018). The Effect Of Enterprise Risk Management (ERM) On Firm Value In Manufacturing Companies Listed On Indonesia Stock Exchange Year 2010-2013. Asian Journal of Accounting Research, 3(2), 224-235.

Juwita, K. (2017). Pengaruh DER, Firm Size, NPM, EPS, ROE, Dan EVA Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2015. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 1(1), 41-48.

Kamaliah. (2020). Disclosure Of Corporate Social Responsibility (CSR) And Its Implications On Company Value As A Result Of The Impact Of Corporate Governance And Profitability. Internasional Journal of Law and Manahement, 62(4), 339-354.

Kartolo, C. & Tanusdjaja, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 1(3), 835-843.

Mahpudin, E. (2016). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 2(2), 56-75.

Meivinia, L. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 380-393.

Merzyana, F. & Dermawan, E. S. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 376-384.

Ni, Y. & Cheng, Y. R. (2021). Do Intellectual Capitals Matter To Firm Value Enhancement? Evidences From Taiwan. Journal of Intellectual Capital, 22(4), 725-743.

Nicholas, H. & Dermawan, E. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2014-2016. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 1(1).

Petersen, K. & Nuringsih, K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Consumer Goods. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 226-235.

Rochman, S. A. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan : Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(3), 998-1017. ISSN: 2460-0585.

Saputra, D. & Ruzikna. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,5(2), 1-12.

Sembiring, S. & Trisnawati, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21(1a-2), 173-184. ISSN: 2656-9124.

Setyadi, H. & Iskak, J. (2020). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2, 1763-1771.

Suhardi, H. (2021). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(1), 77-81.

Sutama, D. R. & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(1), 21-39.

Wijoyo, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, 23(1), 48-61. https://doi.org/10.24912/je.v23i1.333