Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UKM Alumni dan Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Merline Merline
Oey Hannes Widjaja

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, orientasi kewirausahaan, dan inovasi terhadap keberhasilan usaha. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah alumni dan mahasiswa Universitas Tarumanagara yang memiliki UKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling. Sebanyak 100 responden terkumpul melalui kusioner yang dibagikan. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modelling (SEM) untuk menganalisis data dan aplikasi SmartPLS versi 3.3.3 untuk mengolah data. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan, orientasi kewirausahaan, dan inovasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keberhasilan usaha.

 

The purpose of this study is to determine the effect of entrepreneurial knowledge, entrepreneurial orientation, and innovation on business success. The sample used in this study were alumni and students of Tarumanagara University who have SMEs. The sampling technique used in this study is non-probability sampling and purposive sampling. A total of 100 respondents were collected through the questionnaire that was distributed. This study uses the structural equation modeling (SEM) method to analyze the data and the SmartPLS version 3.3.3 application to process the data. The results obtained in this study are entrepreneurial knowledge, entrepreneurial orientation, and innovation have a significant positive effect on business success.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Merline Merline, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Alvarez-Torres, F. J., Lopez-Torres, G. C., & Schiuma, G. (2019). Linking entrepreneurial orientation to SMEs’ performance: Implications for entrepreneurship universities. Management Decision, 57(12), 3364-3386.

Angreni, Yayu, (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Modal, dan Pemilihan Lokasi Yang Mendorong Keberhasilan Usaha pada Toko Emas Di Kota Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 2018, 6(3), 997-1010.

Covin, J. G., Green, K. M., & Slevin, D. P. (2006). Strategic process effects on the entrepreneurial orientation–sales growth rate relationship. Entrepreneurship theory and practice, 30(1), 57- 81.

Elfahmi, S. H., Dodik Jatmika, D. (2017). Pengaruh inovasi terhadap ukm naik kelas melalui daya saing produk. Seminar Nasional Sistem Informasi, 1(1), 445 - 454.

Forsman, Helena. (2008). Business Development Success in SMEs: A Case Study Approach. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(3), 606-622.

Frans, A., Dahmiri, & Indrawijaya, S. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Rumah Makan Dendeng Batokok di Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 9(3), 172-182.

Garcia, G. M., & Calvo, J. C. A. (2020). Entrepreneurial Orientation: Its Relationship with the Entrepreneur’s Subjective Success in SMEs. Sustainability, 12, 4547.

Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, P., & Agustine, L. (2021). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Bisnis Farmasi Di Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya, 7(1), 52-65.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Christian, M. R. (2018). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2-24.

Hendrawan, J. S dan Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneuership, Vol. 2, No. 3.

Herawaty, N., & Yustien, R. (2019). Pengaruh Modal, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3(1), 63–76.

Ibrahim, A. U., & Abu, M. M. (2019). Influence of Entrepreneurial Orientation on Firms Performance: Evidence from Small and Medium Enterprises in Nigeria. International Journal of Economics and Financial Issues, 10(2), 99-106.

Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Economic Education, 1(1). 47-49.

Ludiya, E., & Mulyana, A. R. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Fashion di Kota Cimahi. Journal of economics and business, 17(1), 113-120.

Lumpkin, G. and Dess, G. (2005), The Role of Entrepreneurial Orientation in Stimulating Effective Corporate Entrepreneurship. Academy of Management Perspectives, 19(1), 147-156.

Maholtra, N. K. (2004). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Manampiring, C. T., Massie, J.D.D., & Worang, F. G. (2020). The influence of entrepreneur knowledge on small medium enterprises performance. Jurnal EMBA, 212-221.

Masa’deh, R., Al-Henzab, J., Tarhini, A., & Obeidat, B. Y. (2018). The Associations Among Market Orientation, Technology Orientation, Entrepreneurial Orientation and Organizational Performance. Benchmarking An International Journal, 25(8), 3117–3142.

Miller, D. (1983). The correlates of entrepreneurship in three types of firms. Management Science, 29(7), 770-791.

Porter, M. E. (2008). The Five Competitive Forces that Shape Strategy. Harvard business review, Vol. 86, No. 1, 78.