Pengaruh Kemampuan, Sikap, Keinginan yang Dipersepsikan, dan Norma Subjektif terhadap Intensi Berwirausaha

Main Article Content

Albert Jayaantara Kusuma
Oey Hannes Widjaja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemampuan berwirausaha, sikap berwirausaha, keinginan yang dipersepsikan, dan norma subjektif terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara dengan populasi 100 orang. Pengerjaan yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah Metode quantity (kuantitatif) dengan alat analisis Partial Least Square. Hasil penelitian ini didapat bahwa yang berpengaruh terhadap intensi berwirausaha adalah kemampuan, keinginan, dan sikap.

 

The purpose of this study was to examine and analyze the influence of entrepreneurial abilities, entrepreneurial attitudes, perceived desires, and subjective norms on entrepreneurship intention of Tarumanagara University students with a population of 100 people. The workmanship used in this research method is the quantity method (quantitative) with Partial Least Square analysis tools. The results of this study indicate that the ones that influence entrepreneurial intentions are the ability, perceived desire, and attitude.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Albert Jayaantara Kusuma, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Andika, R. dan Yuliana, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian terhadap Pengembangan Karir Individu pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. Jurnal Manajemen Tools, Vol. 8, No. 2.

Hattab, H. (2014). Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of University Students in Egypt. The Journal of Entrepreneurship, 23(1), 1-18.

Hendrawan, J. S. dan Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(3), 291-314.

Huda, N., Rini, N., Mardoni, Y., Putra, P. (2013). The Analysis of Attitudes, Subjective Norms, and Behavioral Control on Muzakki’s Intention to Pay Zakah. International Journal of Business and Social Science, 3(22), 271-279.

Krishna, S. M. (2013). Entrepreneurial Motivation A Case Study of Small Scale Entrepreneurs in Mekelle, Ethiopia. Journal of Business & Social Sciences Research, 2(1), 1-6.

Malebana, M. J. (2014). Entrepreneurial Intentions and Entrepreneurial Motivation of South African Rural University Students. Journal of Economics and Behavioural Studies, 6(9), 709-726.

Pratana, J. A. J. dan Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Sikap, Subjective Norm dan Perceived Behavioural Control terhadap Purchase Intention Pelanggan SOGO Departement Store di Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-7.

Ranmuthumalie, S. L. (2010). Business Start-up and Growth Motives of Entrepreneurs. Manchaster Business School Working Paper, No. 597.

Retno K. N. (2012). Pengaruh Kemampuan Wirausaha dan Kreativitas terhadap Keberhasilan Usaha pada Restoran Sindang Reret Cabang Surapati Bandung. Jurnal Unikom.

Robledo, J. L. R., Aran, M. V., Martin-Sanchez, V. dan Molina, M. A. R. (2015). The Moderating Role of Gender on Entrepreneurial Intentions: A TPB Perspective. Intangible Capital, Vol. 11, No. 1, Hal. 92-117.

Susanti, Y. dan Gunarsih, T. (2008). Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Faktor Sosial dan Kontrol Keperilakuan yang Dirasakan terhadap Minat Pembeliaan Tiket Pesawat Secara Online. National Conference on Management Research 2008.

Ustha, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Wirausaha di Pekanbaru (Studi Kasus pada Empat Universitas di Pekanbaru). Tansiq: Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 1(2), 138-157.

Yogatama, L. A. M. (2013). Analisis Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behaviour Control terhadap Intensi Penggunaan Helm Saat Mengendarai Motor pada Remaja dan Dewasa Muda di Jakarta Selatan. Proceeding PESAT, Vol. 5.

Widjaya, O. H., Riswanto, R., dan Suryawan, I. N. (2014). Pengaruh Management Skill, Financial Investor, dan Human Capital terhadap Woman Entrepreneurial Success. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 16(1), 21-26.

______ & Ekawati, S. (2017). Faktor Internal Sebagai Penentu Niat Mahasiswa untuk Berwirausaha. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 24-32.

Yousaf, U, Shamim, A., Siddiqui, H., dan Raina, M. (2015). Studying the Influence of Entrepreneurial Attributes, Subjective Norms and Perceived Desirability on Entrepreneurial Intentions. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economics, 7(1), 23-34.