Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa

Main Article Content

Ferdy Purbawijaya
Nur Hidayah

Abstract

Attitude is a reaction to a situation or action that occurs around us. Subjective norms are the support of people around us to be able to determine an action to be taken. Entrepreneurship education is an individual's conscious effort to increase knowledge about entrepreneurship. This study aims to study the effect of attitudes, subjective norms, and entrepreneurship education on entrepreneurial intentions in FEB students at Tarumanagara University. The population in this study were FEB students at Tarumanagara University. Sampling in this study using purposive sampling method. Data was obtained and collected using an online questionnaire with the characteristics of being a student of FEB Tarumanagara University. The results of this study indicate that attitudes, subjective norms and entrepreneurship education have an influence on the entrepreneurial intentions of FEB Tarumanagara University students.

 

Sikap merupakan sebuah reaksi terhadap suatu keadaan maupun tindakan yang terjadi di sekililing kita. Norma subjektif merupakan dukungan dari orang disekililing kita untuk dapat menentukan suatu tindakan yang akan dilakukan. Pendidikan kewirausahaan adalah upaya sadar individu untuk meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahaa. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari sikap, norma subjektif, dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa FEB Universitas Tarumanagara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB Universitas Tarumanagara. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan mengunakan kuisioner online dengan karakteristik yang merupakan Mahasiswa FEB Universitas Tarumanagara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sikap, Norma subjektif dan pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha Mahasiswa FEB Universitas Tarumanagara.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ferdy Purbawijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Aritonang, L. R. (2007). Riset pemasaran: teori & praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Alfianto, E. A. (2012). Kewirausahaan: sebuah kajian pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Heritage, 1(2), 34–42.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 50, No. 2, pp. 179-211.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process. Amherst, MA: Elsevier, 50, 179-211.

Andhika, M., & Madjid, I. (2012). Analisis pengaruh sikap, norma subjektif dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. In “Eco entrepreneurship seminar & call for paper improving performance by improving environment”, pp. 190-196.

Akhtar Ali, Keith J. Topping & Riaz H. Tariq. (2011). Entrepreneurial Attitudes among Potential Entrepreneurs. International journal Pak. J. Commer. Soc. Sci, 5(1), 12-46

Adnyana, Purnami. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self-Efficacy Dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 2, 1160-1188.

Caecilia Vemmy, S. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 117-126.

Díaz-García, M. and Jiménez-Moreno, J. (2010). Entrepreneurial intention: the role of gender. International Entrepreneurship and Management Journal, Vol. 6, No. 3, pp. 261-283. doi: 10.1007/s11365-008-0103-2.

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Thousand Oaks: SAGE.

Rahmat Kurniawan. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (Tf-6m) dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. INVOTEC, Volume X, No.1, Februari 2014, 57- 66. Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Marini, C. K, & Hamida, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195-207.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation (6th ed.). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.

Slamet, F., Tunjungsari, H., K., & Mei, I. (2014). Dasar-Dasar Kewirausahaan, Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks.

Supriyanto, & Meilita, E. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Ilmu Administrasi, 9(2), 50–63.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Schwarz, E. J., Wdowiak, M. A., Almer-Jarz, D. A., & Breitenecker, R. J. (2009). The effects of attitudes and perceived environment conditions on students’ entrepreneurial intent: An Austrian perspective. Education and Training, 51(4), 272–291. https://doi.org/10.1108/00400910910964566

Sarwono, Jonathan dan Budiono, Herlina. (2012). Statistika Terapan: Aplikasi (Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan SPSS, AMOS dan Excel). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santi, Nur., Haamzah, Amir., & Teti Rahmawati. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subjektif, Sikap Berperilaku dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(1), 63-74.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjahjono, H.K dan Ardi H. (2008). Kajian Niat Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Untuk Menjadi Wirausaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 16 No.1.

Utami, C. W. (2017). Attitude, Subjective Norms, Perceived behavior, Entrepreneurship education and Self-efficacy toward entrepreneurial intention University student in Indonesia. European Research Studies Journal, 20(2), 475–495.

Yanto. (1996). Peluang Kerja dan Minat Berwiraswasta di Kalangan Siswa Sekolah Teknologi Menengah Negeri Pembangunan Pekalongan. Semarang: IKIP Semarang.