Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Main Article Content

Daniel Daniel
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

This study aims to determine the effect of entrepreneurship education, environment, and entrepreneurial motivation on students' entrepreneurial intentions. The sample used in this study was 150 respondents, namely university students in West Jakarta with purposive sampling technique. This research was analyzed using SmartPLS software. The results of this study indicate that there is an influence of entrepreneurship education and entrepreneurial motivation on entrepreneurial intentions. Meanwhile, the environment has no influence on entrepreneurial intentions.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kewiraushaan, lingkungan, dan motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, yaitu mahasiswa perguruan tinggi di Jakarta Barat dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha. Sedangkan, lingkungan tidak memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Daniel Daniel, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Ardiyani, N. P., & Kusuma, A. A. (2016). Pengaruh Sikap, Pendidikan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universtitas Udayana, Vol. 5, No. 8.

Ayuningtias, H. A., & Ekawati, S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Ekonomi, Vol. 20, No. 1.

Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus of Control. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. 2, No. 1.

Chandra, R. A., & Budiono, H. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha yang Dimediasi Efikasi Diri Mahasiswa Manajemen. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol 1, No. 4, 645-655.

Handari, S., & Nasril, M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha dengan Self-Efficacy sebagai Variabel Intervening. Research Repository Muhammadiyah University.

Hermina, Novieyana, & Zain. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, Vol. 7, No. 2.

Husain, A. S. (2015). Penelitian bisnis dan Manajemen menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan Smart PLS 3.0. Modul ajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Kusumastuti, R. (2013). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Undang-Undang No.5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti 76 Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis.

Latan, H., & Noonan, R. (2017). Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications. Springer International Publishing AG 2017.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurcaya, I. N., & Anggraeni, D. A. (2016). Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 4.

Puspitaningsih, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Wirausaha dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervenung pada Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Dewantara, Vol. 2, No. 1.

Sardiman, A. M. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Saroni, M. (2012). Mendidik & Melatih Entrepreneur Muda. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Shapero, A., & Sokol, L. (1982). The Social Dimention of Entrepreneurship. The Encyclopedia of Entrepreneurship.

Suryabrata, & Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Stoner.

Tubbs, M. E., & Ekeberg, S. E. (1991). The role of intentions in work motivation: Implications for Goal-Setting Theory and Research. The Academy of Management Review, 16(1), 180-199.

Wibowo, & Agus. (2011). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Wijayangka, C., Kartawinata, B. R., & Novrianto, B. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. eCoBuss, Vol. 1, No. 2.

Wiratmo, & Masykur. (2001). Pengantar Kewiraswastaan Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Yuniasanti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Publikasi Prodi Psikologi UMBY, 1-16.