Perkembangan Media Sosial Dan Online Advertising Dapat Mempengaruhi Pencarian Kerja Para Karyawan
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of social media and online advertising on employee job search in the West Jakarta area. The research design used is causal by using quantitative methods and questionnaires in the form of google form. This research uses smartPLS software in processing research data. The results obtained can be concluded that social media and online advertising have a positive and significant influence on employee search in the West Jakarta area.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan online advertising terhadap pencarian kerja karyawan di daerah Jakarta Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah kausal dengan menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner dalam bentuk google form. Penelitian ini menggunakan software smartPLS dalam mengolah data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media sosial dan online advertising memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pencarian karyawan di daerah Jakarta Barat.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
References
Ahmad Fauzan. (2017)., dalam artikel: “Perilaku di Media Sosial, Pengaruhi Karir kamu!,” 28 April 2021.
Aluri, A. (2009). To investigate the usage of social networking sites as a career enhancement tool among Generation Y: An empirical research. Journal School of Hotel and Restaurant Administratrion.
Anggita Dwinda. (2020), dalam artikel: “Manfaat Pasang Iklan Lowongan Kerja di JobPortal.” 28 April 2021.
Alvionita & Mei Ie. (2021), PENGARUH KONTEKS TEKNOLOGI, KONTEKS ORGANISASI DAN KONTEKS LINGKUNGAN TERHADAP ADOPSI MEDIA SOSIAL BAGI UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol. 5, No. 1, April 2021, hlm. 214-224. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11185
Chaffey, D. (2018). Digital Marketing, Strategy, Implementation, and practice. ISBN-13:978-1292077611
Djatnika, Tjetjep. (2007). Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Phillip dan Garry Amstrong. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro. Jilid dua. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Larson, K., & Watson, R. (2011). The value of social media: toward measuring social media strategies. Thirty second international conference on information system, Shanghai, 2011.
Maryanah Safitri, Aldhila Novianti, Astrid Noviriandini. (2018). SISTEM INFORMASI LOWONGAN KERJA BERBASIS WEB. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, Vol. 14, No. 1, Maret 2018.
Mellyna Eka Yan Fitri, Prima Yulianti, Imran Agus. (2018). PENGGUNAAN MEDIA SOSIALDI LINGKUNGAN KERJA DI PERGURUAN TINGGI XYZ, Vol. IV, No. 1.
Plummer, M., Hiltz, S. R., & Llotnick, L. (2011). “Predicting intentions to apply forjobs using social networking sites: An exploratory study.” HICSS 11, Proceedings of the 2011 44th Hawaii International Conference on System Sciences.
Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0 Corporate And Markerting Communication. Jakarta: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Pasca sarjana Universitas Mercu Buana, pp. 107-124.
Suhartono Chandra & Richard Andrew. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAKARTA BARAT. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2, No. 2, Oktober 2018, hlm. 535-542.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. http://jom.untidar.ac.id/index.php/market/article/view/639