Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa FK UNTAR tahap Akademik

Authors

  • Geraldo Audriano
  • Yoanita Widjaja

Keywords:

manajemen waktu, Self Directed Learning Readiness (SDLR), Effective Learning Service Time Management, Self Directed Learning Readiness Scale

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, maka diperlukan perubahan kurikulum pendidikan kedokteran menjadi Kurikulum Berbasis Kompetesi (KBK) dengan strategi pembelajaran SPICES (Student-Centered, Problem- Based, Integrated Teaching, Community-based, Early Clinical, Exposure) dengan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Salah satu komponen penting yang dilatih dalam PBL adalahSelf Directed Learning Readiness (SDLR) yang salah satu fakor yang mempengaruhi adalah manajemen waktu. Faktor yang dapat mempengaruhi manajemen waktu antara lain self regulation, motivasi dan juga pencapaian terhadap tujuan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan Self Directed Learning Readiness pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Metode: Metode penelitian ini adalah data cross sectional menggunakan analisis chi square dengan pengukuran tingkat manajemen waktu menggunakan kuesioner Effective Learning Service Time Management dan pengukuran tingkat Self Directed Learning Readiness menggunakan kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS). Hasil: Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa 36 responden (22,5%) dengan manajemen waktu baik, 74 responden (46,3%) dengan manajemen waktu sedang, dan 50 responden (31,3%) dengan manajemen waktu buruk. Terdapat 100 responden (62,5%) dengan tingkat SDLR tinggi, dan 60 responden (37,5%) dengan tingkat SDLR sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara manjemen waktu dengan Self Directed Learning Readiness pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik.

Published

2023-02-14 — Updated on 2023-05-15

Versions

How to Cite

Audriano, G., & Widjaja, Y. (2023). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa FK UNTAR tahap Akademik. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran Tarumanagara, 1(1), 35–45. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/JKKT/article/view/22765 (Original work published February 14, 2023)