DASHBOARDING MANAGEMENT SISTEM EKSEKUTIF MONITORING PROGRESS PROYEK MENENTUKAN KELAYAKAN PROJECT MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE FORCASTING (Studi Kasus: PT Rajawali Mas Mandiri)

Main Article Content

Jansen Wiratama
Hari Santoso
Sobiyanto Sobiyanto

Abstract

PT. Rajawali Mas Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi. Khususnya menangani bidang jasa seperti instalasi listrik dan mekanik, yaitu pembuatan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Dalam pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan pengerjaan proyek di lapangan masih terdapat permasalahan yakni dalam hal pengawasan atau monitoring yang dilakukan oleh eksekutif dalam hal ini Manajer Proyek. Seperti masih terdapatnya proses pendataan progress proyek yang belum terintegrasi yaitu menggunakan Microsoft Excel yang dikirim melalui email untuk disampaikan kepada eksekutif sehingga proses pengolahan data progres dan laporan proyek memerlukan waktu yang lama. Terbatasnya pelayanan informasi yang dapat diterima oleh eksekutif perusahaan yang ingin mengetahui sejauh mana progress proyek pengerjaan PLTS serta tidak adanya sistem pelaporan progress pekerjaan yang terintegrasi menyebabkan lambatnya penerimaan informasi yang diterima oleh eksekutif. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Object Oriented Analysis Design dengan model RAD (Rapid Application Development). Perancangan system dilakukan dengan notasi UML (Unified Modelling Language). Tahap pengkodean sistem dilakukan dengan menggunakan PHP (Personal Home Page) dan MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi Eksekutif Monitoring Proyek yang dapat digunakan sebagai pendukung pelaksanaan kegiatan monitoring proyek pada eksekutif perusahaan di PT Rajawali Mas Mandiri.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Jansen Wiratama, Tarumanagara University

Fakultas Teknologi Informasi

References

Averweg UR, Roldan JL. 2010. An Overview of Executive Information Systems (EIS) Research in South Africa. Strategic Information Systems: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications.

Santoso, Budi. 2009. Manajemen Proyek. Jakarta : Guna Widya.

Gary, PM. 2009. An Overview of Executive Information Systems. Information Resources Management Association.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi. Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : ANDI.

Jogiyanto, HM. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

Kendall Kenneth E & Kendall, Julie E. 2010. System Analysis & Design 8th Edition.

McLeod, Reymond Jr, Schell G. 2008. Management Information System 10th Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Ramadhan, Arief. 2006. Pemrograman Web Database dengan PHP dan MySQL. Bogor : Elexmedia Komputindo.

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Software Reengineering). Jakarta : PT.Prestasi Pustakarya.

Rosa as., M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : MODULA. Systems, 7th Edition. Prentice Hall.

Supriyanto, Aji. 2006. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Salemba Infotek.

Turban, Aronson, and Liang. 2005. Decision Support Systems and Intelligent 6th Edition. New Jersey : Prentice-Hall Inc.

Wati DM. 2011. Sistem Informasi Eksekutif Produksi Tabung Gas 3 Kg. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom.