SISTEM PENDETEKSI KETINGGIAN AIR MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBERIKAN INFORMASI DATA KETINGGIAN AIR MELALUI NOTIFIKASI EMAIL

Supriyade Supriyade, Langgeng Listiyoko, Achmad Fahrudin

Abstract


Banjir merupakan masalah tahunan yang terjadi di ibukota Jakarta yang belum terselesaikan sampai saat ini. Pemerintah kota Jakarta melalui Sudin Sumber Daya Air selalu melakukan upaya untuk mencegah terjadinya banjir, salah satunya yaitu dengan melakukan pembuatan rumah pompa pada titik tertentu yang rentan terhadap banjir dan sering terjadi penumpukkan sampah. Operasional mesin pompa dijalankan berdasarkan kondisi ketinggian sungai pada saat itu. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin berkembang, dibutuhkan sistem yang dapat memberikan informasi data ketinggian air secara realtime. Aplikasi sistem pendeteksi ini dibangun dengan menggunakan metode Internet of Things yaitu berbagai macam perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet sehingga dapat mengendalikan benda elektronik dari mana saja. Sistem pendeteksi ini dibuat dengan perangkat lunak (Mit App Inventor) dan perangkat keras (Arduiono Wemos D1) serta menggunakan prototype untuk pemodelannya. Dalam proses penyimpanan data ketinggian air menggunakan Google Firebase sebagai media penyimpanan data realtime yang saling terkoneksi. Hasil dari analisis dan perancangan sistem ini adalah sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi data ketinggian air yang tepat dan akurat, sehingga dapat membantu kegiatan operasioanal pompa khususnya pengoperasian mesin pompa dalam menangani permsalahan banjir di Jakarta

References


J. A. Orosz, R. A. Remillard, C. D. Bailyn, and J. E. McClintock, “An Optical Precursor to the Recent X-Ray Outburst of the Black Hole Binary GRO J1655−40,” Astrophys. J., vol. 478, no. 2, pp. 1–2, 1997.

E. B. Lewi, U. Sunarya, and D. N. Ramadan, “Sistem Monitoring Ketinggian Air Berbasis Internet of Things Menggunakan Google Firebase Water Level Monitoring System Based on Internet of Things Using Google Firebase,” pp. 1–8, 2016.

S. Monitoring and D. A. N. Peringatan, “KETINGGIAN AIR BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY,” vol. 5, no. 2, pp. 119–129.

P. Studi et al., “Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno Bakhtiyar Arasada Bambang Suprianto,” pp. 1–8.

H. S. Rasid and A. Setiyadi, “PEMBANGUNAN SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR WADUK.”

D. N. Ramadan, A. G. Permana, and H. Hafidudin, “PERANCANGAN DAN REALISASI MOBIL REMOTE CONTROL MENGGUNAKAN FIREBASE,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., 2017.

T. D. I. Bei, “Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,” E - ISSN, J. Kaji. Tek. elektro, vol. 2014, no. April, p. 2014, 2014.

M. K. Arafat, “SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things ( IoT ) Dengan ESP8266,” J. Ilm. Fak. Tek. “Technologia,” 2016.

H. L. Wiharto and S. Yuliananda, “PENERAPAN SENSOR ULTRASONIK PADA SISTEM PENGISIAN ZAT CAIR DALAM TABUNG SILINDER BERBASIS MIKROKONTROLER ATmega 16,” JHP17 J. Has. Penelit. LPPM Untag Surabaya, vol. 01, no. 02, pp. 159–168, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.