PEMBUATAN APLIKASI INVENTARIS SEKOLAH DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

Andre Erlando, Lukas Chrisantyo, Kristian Adi Nugraha

Abstract


Pengelolaan terhadap barang inventaris sekolah merupakan suatu kegiatan yang sangat penting walau terlihat bukan sebagai bisnis utama dari lembaga yang bersangkutan. Pengelolaan yang baik dengan dibantu teknologi memungkinkan setiap barang yang dimiliki bisa terpantau dan didata dengan rapi. Pengelolaan yang buruk yang pada umumnya dilakukan secara manual menimbulkan banyak kesulitan untuk melacak penempatan dan mengontrol status keterpakaian suatu barang inventaris. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi inventaris yang dapat mencari barang, mendata informasi dan membuat laporan barang yang sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk menguatkan kebergunaan aplikasi ini, digunakan metode User Centered Design, dengan uji usabilitas menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Performance Metrics. Hasil yang didapat pada penggunaan SUS sebesar 82,79 yang berarti aplikasi ini layak diterima. Hasil Performance metrics untuk efisiensi sebesar 95% dan efektifitas juga sebesar 95% menunjukkan bahwa aplikasi inventaris ini mudah digunakan, efektif, dan efisien bagi penggunanya

References


J. A. Putra, L. E. Nugroho dan R. Hartanto, “Redesain serta Evaluasi Website Menggunakan Pendekatan User Centered Design (Kasus: Universitas Janabadra Yogyakarta),” CITEE 2017, 2017.

W. Widhiarso, Jessianti dan Sutini, “Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ,” Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP, vol. 3, 2007.

I. S. Y. Saputri, M. Fadhli dan I. Surya, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, 2017.

W. Brenner dan F. Uebernickel, Design Thinking for Innovation, Switzerland: Springer International Publishing, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

A. Muhammad, Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan, Bandung: Pustaka Cendikia Utama, 2010.

L. Albani dan G. Lombardi, User Study & Architectural, EASYRESEARCH.

I. Aprilia, I. Santoso dan R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” IPTEK-KOM, vol. 17, 2015.

T. Tullis dan B. Albert, Measuring the User Experience Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics, USA: Elsevier Inc, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.