KAJIAN GAME TAIPAN DALAM PEMBUATAN MODEL PENGEMBANGAN DESAIN GAME

Tedi Lesmana Marselino, Paramaresthi Windriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah membuat model dalam pengembangan desain game yang didasarkan atas permainan klasik yang bernama game Taipan. Cara yang dilakukan dengan melakukan dekonstruksi game Taipan dan mengidentifikasi elemen pembentuknya. Game Taipan dikaji dengan proses dekonstruksi yang dilakukan menggunakan tahapan pengembangan perangkat lunak Rational Unified Process. Dalam proses dekronstruksi, game di-dekomposisi untuk mendapatkan elemen-elemen pembentuknya dengan memainkan game dan melakukan identifikasi elemen-elemen game. Selanjutnya elemen-elemen diidentifikasi, dikelompokkan, dan di-sistematisasi-kan, untuk menghasilkan model desain yang dapat digunakan sebagai referensi pengembangan game. Pengujian model desain dapat dilakukan dengan melakukan remake game Taipan menggunakan model yang terbentuk. Hasil akhir model desain berupa elemen-elemen dan tahapan pembuatan permainan

References


Barbarosa, E. F., & Godoy, A. (2010). Game Scrum: an Approach to Agile Game Development. Proceedings of SBGames (hal. 292-295). Florianópolis: SBC.

S., R. A., & Shalahuddin, M. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula.

Yasin, V. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan, Arsitetektur dan Perancangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Link, J. (2016, April Kamis). Taipanonline. Diambil kembali dari Taipan Online: http://www.taipangame.com/taipan-online-game.php

Moby Games. (2016, April Wednesday). https://www.mobygames.com/game/Taipan. Diambil kembali dari Moby Games: https://www.mobygames.com/game/Taipan

Fullerton, T. (2008). Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games. Burlington: Morgan Kaufmann Publishers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.