Teknologi Web Crawler Sebagai Alat Pengembangan Market Segmentasi Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada E-Marketplace

Main Article Content

Ade Surahman
A Ferico Octaniansyah
Dedi Darwis

Abstract

Berdasarkan situs wearesocial.com menunjukan data perkembangan pengguna internet sebesar 4.437 miliar yang disertai 75 % pembelian produk online, 82 % pencarian produk dan kunjungan on-line retail 92% yang kemudian memicu sebuah penelitian oleh asosiasi yang mengungkapkan bahwa jika sebuah produk tetap online untuk waktu lama (lebih dari 550 hari) maka 78 % sangat mungkin tidak akan dibeli, seharusnya aktivitas peletakan produk di online shop harus tersegmentasi secara tepat, karena segmentasi produk yang baik akan meningkatkan potensi e-commerce atau e-marketplace pada tingkat negara seperti meningkatkan efisiensi pasar, efesiensi operational, memperluas akses terhadap pasar, dan adanya keterkaitan, selanjutnya dari tren tersebut maka peneliti membuat suatu teknologi script otomatis atau program untuk menulusuri situs-situs e-marketplace indonesia, teknologi ini dikenal dengan nama web crawler atau web spider, dan peneliti mengimplementasikan sebuah prototipe teknologi yang dapat menganalisis teks – teks dari produk yang diletakan di e-marketplace Indonesia, dan menghasilkan clustering segmentasi pasar sebagai solusi yang efektif untuk pelaku bisnis yang akan meletakan produknya di e-commerce maupun di e-marketplace, sehingga akan mendapatkan keunggulan bersaing guna mencapai Store Image yang baik bagi pelaku bisnis di indonesia

Article Details

Section
Articles

References

M. Schrenk, 2012, Webbots Spiders and Screen Scrapers a Guide to Developing Internet Agents with PHP/CURL, No Starch Pres, San Francisco.

A. V. Singh dan A. Mishra, 2014, A Review of Web Crawler Algorithms, IJCSIT, Vol. 5(5) 6689–6691.

J. Fiske, 1990, Introduction to Communication Studies, Second edition. West 35th Street, New York: Taylor & Francis Group.

M. H. Pattinson, dan D. R. Low, 2011, E-Novation for Competitive Advantage in Collaborative Globalization: Technologies for Emerging E-Business Strategies. United States of America: IGI Global.

M. McDonald, dan I. Dunbar, 2012, Market Segmentation: How to do it and how to profit from it. Southern Gate, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

J. P. Peter, dan J. C. Olson, 2010, Consumer Behavior & Marketing. Dana. New York: Paul Ducham.

M. E. Porter, 1998, Competitive Advantage Creating and Sustaining Superior Performance. new york: Simon & Schuster Inc.

E. Russ, 2001, E-marketplaces: New Challenges for Enterprise Policy, Competition and Standardization. eEurope go Digital. Workshop Report, Brussels, 23-24 April.

AkashKalmegh, dkk, 2016, A Survey on Web Mining in E-commerce: Pattern Discovery, Issues and Applications, IJIRCCE, Vol. 4, Issue 1.

E. Turban, D. King dan J. K. Lee, 2015, Electronic Commerce A Managerial and Social Networks Perspective. new york: Springer International Publishing Switzerland.

W. H. DELONE and E. R. MCLEAN, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, pp. 9–30, 2003.

T. McGill, V. Hobbs, and J. Klobas, “User-developed applications and information systems success: A test of DeLone and McLean’s model,” Inf. Resour. Manag. J., vol. 16, no. 1, pp. 24–45, 2003.

P. H. Saputro, D. Budiyanto, and J. Santoso, “Model Delone and Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan,” Sci. J. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2016.

J. W. Lian, “Establishing a cloud computing success model for hospitals in Taiwan,” Inq. (United States), vol. 54, 2017.

I. Nofikasari and A. Sunyoto, “Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akademik Dengan Pendekatan Model Delone & McLean, HOT FIT dan UTAUT (Studi Kasus: STMIK Duta Bangsa Surakarta),” J. Tek. Inform., vol. 12, no. April, pp. 81–90, 2017.

U. Narimawati, Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media, 2007