Analisis Desain Implementasi Teknologi Komunikasi VSAT Dan Long Term Evolution (LTE) Pada Sistem Smart Grid

Main Article Content

Deiny Mardian
Marimbun Sibarani
Tjandra Susila

Abstract

Konsep desain dari sistem smart grid ini adalah menggabungkan teknologi kelistrikan,telekomunikasi dan informasi serta sistem aplikasi. Sistem ini memungkinkan dalammengintegrasikan sejumlah pembangkit listrik dari sistem pembangkit pusat hinggapembangkit dengan energi terbarukan disepanjang jalur distribusi dan disisipelanggan. Untuk menghasilkan kinerja yang optimal pada sistem smart grid ini dibutuhkan sistem komunikasi yang sangat memadai dan dengan sistem komunikasi dua arah, sehingga respon time system kontrol dan monitoring dapat berfungsi sesuai standar.

Permasalahan sistem komunikasi ini adalah berkaitan dengan latencydan bandwidth sistem komunikasi yang ada saat ini yang akan memberikan fungsirespon time pada sistem komunikasi smart grid.

Dalam penulisan ini direkomendasikan salah satu kajian penggunaan teknologi komunikasi LTE sebagaisolusi lain dari sistem komunikasi yang digunakan. Pemilihan dan rekomendasiteknologi komunikasi LTE ini berdasarkan analisis dan data data dari berbagaisumber yang melakukan uji coba teknologi LTE untuk sistem komunikasi smart grid sebagaisistem energi listrik masa depan.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Mardian, M. Sibarani, and T. Susila, “Analisis Desain Implementasi Teknologi Komunikasi VSAT Dan Long Term Evolution (LTE) Pada Sistem Smart Grid”, TESLA, vol. 16, no. 1, pp. 81–89, May 2017.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)