Proses Komunikasi Melalui Kegiatan Event Adopt Don’t Shop Guna Mengkampanyekan Kesadaran Masyarakat agar Menyayangi Binatang

Main Article Content

Vina Vinessa
Suherman Kusniadji

Abstract

Penelitian ini berjudul Proses Komunikasi Melalui Kegiatan Event Adopt Don’t Shop Guna Mengkampanyekan Kesadaran Masyarakat Agar Meyayangi Binatang (Studi Kasus Pada Yayasan Animal Defenders Indonesia). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi melalui kegiatan event Adopt Don’t Shop guna menyadarkan masyarakat agar menyayangi binatang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian akan menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi terhadap tiga informan yang berhubungan dengan penelitian ini. Data penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi dalam kegiatan event adopt don’t shop. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah proses komunikasi dari Laswell. Stewart L.Tubbs dan Sylvia Moss, Kotler (Kurniawati), John Vivian, Harold Laswell, Collin dan Ivanovic,  Goldblatt, Muyasaroh, Ardianto, dan Yaverbaum yakni komunikasi public, komunikasi social, komunikasi massa, proses komunikasi, event pameran, event manajemen, kampanye komunikasi, new media, special event. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan event merupakan media yang efektif yang dapat menyadarkan masyarakat untuk menyayangi binatang karena adanya proses komunikasi dan event yang baik.

Article Details

How to Cite
Vinessa, V., & Kusniadji, S. (2019). Proses Komunikasi Melalui Kegiatan Event Adopt Don’t Shop Guna Mengkampanyekan Kesadaran Masyarakat agar Menyayangi Binatang. Prologia, 2(2), 538–545. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3742
Section
Articles
Author Biographies

Vina Vinessa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Suherman Kusniadji, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Collin, P. H., & Ivanovic, A. (2004). Dictionary of marketing (3rd ed.). USA: Bloomsbury Publishing.

Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Evelina, Lidia. (2007). Event Organizer Pameran. Jakarta: PT Indeks.

H.B. Sutopo. (2002). Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Muyasaroh, S. (2013). Kampanye Perubahan Sosial (Kesadaran Masyarakat, Aspek Perubahan Kognitif dan Prilaku). Jurnal , Volume. 2 No. 1 Universitas Yudharta Pasuruan.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Rosdakarya Mulyana.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Prosiding ICCIC: Komunikasi Insdustri & Komunitas, cetakan ke 1, Jakarta, Fikom Untar 2016 ix-385 hlm, ISBN 978-602-74139-1-7. Penerbit Fikom Untar.

Pudjiastuti, Wahyuni. (2010). Special Event. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Vardiansyah, Dani. (2005). Filsafat Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa. Edisi 8. Jakarta: Kencana