Pengaruh Terpaan Media Line Webtoon Wonderwall terhadap Opini Pembaca Mengenai Isu Kesehatan Mental

Main Article Content

Putri Oktavia Haliem
Farid Rusdi
Budi Utami

Abstract

Naver Webtoon adalah sebuah media komik online yang didirikan oleh Kim Jun Koo pada tanggal 23 Juni 2004 di Korea. Diluncurkan secara global sebagai Line Webtoon pada tahun 2014, dan memiliki 17 Juta pengguna per bulannya. Line Webtoon juga menyediakan Webtoon dalam berbagai Bahasa, salah satunya adalah Indonesia. Beberapa judul Webtoon yang tersedia dalam Bahasa Indonesia yang cukup terkenal adalah Line Webtoon ‘Wonderwall’ yang menjadi objek dari penelitian ini. Line Webtoon ‘Wonderwall’ sendiri bergenre romantis dan menceritakan tentang kisah seorang gadis bernama Jessy, dan kehidupan sekolahnya, kisah asmara dengan anak laki–laki yang ditakuti oleh anak sekolah yang mengandung konten yang mengarah ke isu kesehatan mental seperti trauma, suka menyayat tangan, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh pengaruh terpaan media Line Webtoon “Wonderwall” terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan dasar teori terpaan media, dan opini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Hal ini akan diuji dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, dan uji t. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh terpaan media Line Webtoon “Wonderwall” terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental. 

Article Details

How to Cite
Haliem, P. O., Rusdi, F., & Utami, B. (2019). Pengaruh Terpaan Media Line Webtoon Wonderwall terhadap Opini Pembaca Mengenai Isu Kesehatan Mental. Prologia, 2(2), 458–465. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3730
Section
Articles
Author Biographies

Putri Oktavia Haliem, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Budi Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdurrahman, Oemi. (1993). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Alumni.

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Putri, Destya Maya. (2018) Pengaruh Media Sosial Line Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiwa Universitas Riau. Pekanbaru: JOM FISIP Vol. 5 No. 1

Rivers, William L., Clevemathews. (1994). Etika Media Massa dan Kecenderungan untuk melanggarnya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizki, Maharani Amelis. Pangestuti, Edriana. (2017) Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagaram Citra Destinasi dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Malang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 49 No.2

Sunarjo, Djoenaesih S. (1997). Opini Publik. Yogyakarta: Liberty Offse

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Siregar, Syofian. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Sugianto, Karra. (2017). Opini Pemirsa Surabaya Terhadap Blur dalam Program Acara di Televisi. Surabaya: Jurnal E-Komunikasi, Universitas Kristen Petra Vol. 5 No.1

West, Richard. Turner, Lynn H. (2008) Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 2) (Edisi 3), Jakarta: Salemba Humanika