Pemanfaatan Instagram dalam Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pejalan Kaki (Studi pada Komunitas Koalisi Pejalan Kaki)

Main Article Content

Lilis Ramadhanti
Yugih Setyanto

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan Instagram oleh komunitas Koalisi Pejalan Kaki dalam mensosialisasikan gerakan Selamatkan Pejalan Kaki. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa postingan Instagram akun @koalisipejalankaki dan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa informan. Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku dan sumber lain. Teori yang digunakan terdiri dari komunikasi, komunikasi kelompok, media baru, dan komunitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Koalisi Pejalan Kaki memanfaatkan Instagram sebagai media dalam mensosialisasikan gerakan Selamatkan Pejalan Kaki sehingga menciptakan kepedulian masyarakat kepada pejalan kaki.

Article Details

How to Cite
Ramadhanti, L., & Setyanto, Y. (2019). Pemanfaatan Instagram dalam Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pejalan Kaki (Studi pada Komunitas Koalisi Pejalan Kaki). Prologia, 2(2), 400–407. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3719
Section
Articles
Author Biographies

Lilis Ramadhanti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aditya, Rangga, (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi PekanBaru. Jurnal Jom FISIP Volume 2 No. 2, Oktober 2015.

Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5880

Ayuningtyas, F., & Abdullah, A. (2018). Kognisi Sosial Melalui Situs Jejaring Youtube Pada Komunitas Online (Studi Kasus pada Komunitas Online LinkPictureID). Jurnal Komunikasi, 9(2), 137-150. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1076

Azeharie, S., & Sari, W. (2015). Penyingkapan Diri Ibas Yudhoyono Dalam Instagram Dan Reaksi Ani Yudhoyono Terhadap Postingan Instagram Ibas. Jurnal Komunikasi, 7(1), 108-117. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/11

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

McQuail, Dennis. (2012). Teori Komunikasi Massa: Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Motion, Judy, Heath Robert L and Leitch Shirley. (2016). Social Media and Public Relations. New York: Routledge.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakara: PT. Elex Komputindo.

Soemanagara. (2012). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wenger, Etienne et al. (2002). Cultivating Communities of Practice. Harvard Business School Press.